Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 The Principal's Skills In Implementing The Improvement Of Learning Excellence (Multi-Case Study At Three Excellent Senior High Schools In Semarang)
The objective of this research was to find out and to explain:(a) learning excellence;(b) the principal's skills in implementing the improvement of learning excellence. This research used a qualitative approach with the design of multi-case study. The data were collected by using deep interview, observation on participation, and documentation study. The examining of data credibility was done by triangulation technique, checking out the member, and peer discussion. Meanwhile, the examining of research data audibility was done by consultants and asking someone as independent auditor to audit. The data collected from the three techniques were organised, interpreted, and analyzed repeatedly, both inside-case analysis and across-case analysis in order to draft concepts and the abstract of research findings. The findings of this research showed that. First, the school existence in excellent school was decided by a number of learning excellence that was owned by the school and theexistence of the principal involvement in improving and keeping the process by carrying out innovations and changes, so that the schoolremained stable and lasted until nowadays. Second, the principal's skills in implementing the excellent enhancement was proved by the results of principal's performance through the acquisition of academic and non-academic achievement which were accomplished by the students and determined by the prominent principal's skillsin terms of: technical skills in the scope of learning, implementing the theory of recent learning, creating the program of staff development, computer skills and adequate foreign language skills.
Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 2017
2017 MANAJEMEN KURIKULUM FULL DAY SCHOOL DI SMP AL HIKMAH SURABAYA
Full day school merupakan salah satu inovasi sistem pembelajaran yang mencakup belajar, makan, beribadah, dan bermain menjadi satu sistem pendidikan. Tujuannya yakni untuk memperbaiki akhlak dan meningkatkan prestasi anak. Agar tujuannya ini tercapai hendaknya pula terdapat pengelolaan kurikulum yang tepat. Karena inti dalam bidang pendidikan yakni terdapat pada pengelolaan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan danb menganalisis tentang 1) model kurikulum full day school; 2) manajemen kurikulum full day school yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 3) dampak kurikulum full day school bagi siswa di SMP Al Hikmah Surabaya.
Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 2017
2017 Pencitraan Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)
Kondisi persaingan antar sekolah saat ini semakin atraktif, untuk itu sekolah selalu mengupayakan untuk meningkatkan citra sekolah sehingga dapat meningkatkan citranya. Pencitraan sekolah merupakan upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan reputasi positif melalui peningkatan partisipasi aktif masyarakat sekitar di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Pencitraan sekolah dilakukan melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pencitraan sekolah melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol. 1 No 2, 2017
2017 Strategi pemasaran jasa pendidikan di PAUD Plus Darussalam Bojonegoro
Inspirasi Manajemen Pendidikan 1 (1), 2017
2017 Enforcement of Student Discipline Character, What School Principal Acts?
This study was conducted to know the effort or strategy of principal in improving the character of student discipline. The research method used a qualitative approach. The technique of data collected was by interview, observation, and documentation study. Informants in this study consisted of principals, vice principals, counseling teachers, classroom teachers, school security officers, and students. In improving the character education of student discipline, the results of the research indicate that the principal's effort or strategy by implementing the doctrine program enforced in habituation. Activity habituation through activities: cheerful morning, a congregation of praying Dhuha, tadarus Al-Quran, literation, and memorization of
9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017
2017 Manajemen pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Kedamean
Pada era globalisasi ini nilai-nilai disiplin semakin berkurang. Tata tertib yang dibuat oleh sekolah seolah-olah hanya sebagai simbol tertulis untuk mengatur kehidupan yang ada di sekolah. Kedisiplinan yang tumbuh di kalangan siswa hanya sebuah keterpaksaan karena takut akan hukuman bukan karena kesadaran. Salah satu program pendamping yang dapat dikembangkan adalah dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Melalui ekstrakurikuler pramuka, siswa sejak dini dilatih untuk menumbuhkan kedisiplinan yang baik. Rangkaian kegiatan kepramukaan misalnya seperti upacara dan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dengan penanaman kedisiplinan merupakan kegiatan yang dijalani siswa untuk senantiasa mentaati peraturan dan tata tertib yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan kegitan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMPN 1 Kedamean.(2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMPN 1 Kedamean.(3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMPN 1 Kedamean.
Inspirasi manajemen Pendidikan, 2017
2017 Green School Program Management in Fostering Students' Character
Green school programs contribute to creating a comfortable, clean, and healthy school environment. For students, green school programs can also foster environmental cares. This study aims to analyze green school program management in developing environmental caring character in elementary school. Management activities include planning, implementation, and monitoring the implementation of green school programs. Research approach used is qualitative descriptive with case study design. Data were collected using interview, observation and documentation techniques for seven informants principals, program head, program secretaries, field coordinators, teachers, education personnel, and students. The results showed that green school program planning with an identification of workgroup formation is in accordance with school conditions and needs. The implementation of green school program focused on the working group task to ensure the environmental care value which can be absorbed by students. Monitoring activities to determine the implementation program successfully, by evaluating changes in student behavior. The implementation of this program is implemented by internal and external parties.
Social Sciences, Humanities and Economics Conference (SoSHEC 2017), 45-48, 2017
2017 Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisional Jenjang SD, SMP, dan SMA di Provinsi Jawa Timur
Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melestarikan seni tradisional dari kepunahan dengan memperkenalkan seni tradisional untuk siswa melalui studio seni tari di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Pendirian program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST) untuk menyediakan media belajar dan penghargaan bagi siswa dalam seni tari tradisional. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam PPST jenjang Sekolah Dasar, SMP, dan SMA di Jawa Timur serta konsep kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara dalam memenuhi program pengembangan dan peningkatan seni tradisional di Jawa Timur. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan dengan memberikan materi pelatihan tentang pengembangan dan peningkatan seni tari tradisional. Hasil dari kegiatan ini, terdapat peran strategis kepala sekolah dalam mengembangkan dan melestarikan seni tari tradisional dilihat dari bentuk kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2), 34-39, 2017
2017 Pengaruh Full Day School Dan Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smpit At-Taqwa Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh full day school terhadap prestasi belajar, pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar, serta pengaruh full day school dan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu full day school (X 1), pendidikan karakter (X 2) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya sebanyak 225 siswa dengan sampel sebanyak 130 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta analisis Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan berdasarkan uji T bahwa nilai signifikansi full day school (X 1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0,007< 0, 05 dan nilai signifikansi pendidikan karakter (X 2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0,000< 0, 05. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui untuk mengetahui hubungan antara full day school (X 1) dan pendidikan karakter (X 2) terhadap prestasi belajar (Y) dilihat dari nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 dan nilai alpha 0, 05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: 1) full day school secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa …
Inspirasi Manajemen Pendidikan 5 (1), 1-9, 2017
2017 Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa SMAN 1 Gedangan
Jurnal Psikologi Pendidikan 4 (3), 2017