Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2015 Pengaruh Permainan Bowlling Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan bowlling terhadap kemampuan motorik kasar. Subjek penelitian berjumlah 20 anak adalah anak kelompok B di TK Muslimat Muslimat Mazra’atul Ulum I Paciran Lamongan, Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh permainan bowlling terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B.
Jurnal PAUD Teratai 4, 2015
2015 Pengaruh Permainan Bowlling Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B
Jurnal PAUD 1 (1), 1-5, 2015
2015 Pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan sosio emosional kelompok B
Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah 23 anak dari seluruh kelompok B. Tekhnik analisis yang digunakan adalah statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata kemampuan sosio emosional anak sebelum treatment 36, 40 dan sesudah treatment 42, 60. Hasil uji jenjang bertanda wilcoxon juga menunjukan adalah 0 dan adalah 19. Dimana<(0< 19), sehingga ditolak dan diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh siknifikan pembelajaran kelompok terhadap kemampuan sosio emosional anak kelompok B TK Pertiwi Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
Jurnal 4 (2), 2015
2015 PENGARUH PERMAINAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan maze angka terhadap kemampuan mengenal lambing bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Andayani Surabaya. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak kelompokA di TK Andayani Surabaya yang berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung< T tabel (0< 66), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan maze angka terhadap kemampuan mengenal lambing bilangan 1-10. Kata kunci: permainan maze angka, kemampuan mengenal lambang bilangan, anakAnak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia dini merupakan masa emas perkembangan (golden age) karena usia dini adalah usia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang paling cepat. Menurut Berg (dalamSujiono, 2009: 6) pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Menurut Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bab 1 ayat 14 berbunyi “Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Di dalam teori active learning (Sujiono, 2009: 122 …
OJS 4, 2015
2015 OPTIMISME PADA ATLET PELARI CEPAT PARALYMPIC
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimisme pada seorang atlet lari cepat perorangan paralympic. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrinsik. Informan primernya adalah atlet penyandang disabilitas intelektual. Data penelitian diungkap melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik.
PROSIDING SEMINAR FAKULTAS PSIKOLOGI UMP 1 (1), 2015
2015 Pengaruh self-talk terhadap kecemasan atlet senam ritmik
Prestasi atlet senam ritmik yang belum menunjukkan peningkatan dikarenakan pembinaan yang lebih berfokus pada aspek teknik dan fisik daripada aspek mental. Hal ini menyebabkan atlet tidak dapat mengatasi kecemasan yang sering muncul menjelang pertandingan. Kecemasan atlet dapat diatasi dengan latihan mental, salah satu dari latihan mental adalah self talk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self talk terhadap kecemasan atlet senam ritmik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sebanyak 12 atlet senam ritmik dari Persani Surabaya menjadi partisipan dalam penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan atlet adalah skala kecemasan Sport Anxiety Scale yang diadopsi dari Smith, Smoll, & Schutz (1990). Hasil analisis Uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,027 lebih kecil dari pada tingkat probabilitas sebesar 0, 05 (0,027< 0, 05) yang berarti “Self talk memiliki pengaruh terhadap kecemasan atlet senam ritmik”. Pengaruh dari self talk ini adlah untuk menurunkan kecemasan atlet senam ritmik.
Character 3 (2), 1-5, 2015
2015 Psychological profiles of Indonesian elite swimmers
In Indonesia, sports psychology is one of the branches of psychology that plays a vital role in improving athletic performance and therefore, it is not confined within the boundaries of academic research. Even though a number of studies have been carried out in recent years on the psychological profiles of elite swimmers, there are only a few studies which provide empirical data on the psychological profiles of elite athletes. Owing to the importance of the relationship between the psychological characteristics and sports performance of athletes, the the objective of this study is to determine the psychological profiles of Indonesian elite swimmers. Two sets of factors are identified from a comprehensive literature review, namely motivational and emotional factors. However, based on the literature review, it is observed that the combination of motivational and emotional factors has not been investigated in most studies, particularly the relationship between these factors and the psychological characteristics of Indonesian elite swimmers. In this study, we identified the psychological characteristics of this specific group of athletes using personal interviews and focus group discussions with 14 Indonesian elite swimmers (comprising seven males and seven females) and eight coaches from the East Java Province. Based on the results, we conclude that that there are six psychological characteristics of Indonesian elite swimmers:(1) self-confidence,(2) optimism,(3) resilience,(4) hope,(5) emotional stability, and (6) motivation for achievement.
Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise 4 (2), 31-36, 2015
2014 Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Gunung Gedangan II Kota Mojokerto
Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak yaitu bidang pengembangan kognitif. Pengembangan bidang kognitif dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengenal konsep angka dan bilangan. Kemampuan kognitif dalam mengenal penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto masih belum maksimal, yang ditandai dengan seringnya melakukan kesalahan-kesalahan dalam menghitung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran dalam menghitung kurang menarik perhatian anak. Oleh karena itu perlu dilakukan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media kartu angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu angka pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dirancang dalam bentuk 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalahanak kelompok B di TK Dharma Wanita Gunung Gedangan II kota Mojokerto, dengan jumlah 20 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebesar 45%. Hasil presentase belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu 80%, oleh karena itu penelitian ini …
Jurnal Trara 3 (3), 1-6, 2014
2014 Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran pencampuran warna menggunakan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Tunas Adipura Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B di TK Tunas Adipura Surabaya yang berjumlah 23 anak. Hasil penelitian yang berdasarkan analisis pada Wilcoxon Match Pair Test menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan sains anak antara sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan T hitung= 0 lebih kecil dibandingkan T tabel dengan taraf signifikansi 1% yaitu 55. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Jadi ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Tunas Adipura Surabaya.
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2014
2014 Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Mengena Konsep Bilangan 1-10 Kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Muda
Penelitian pada kelompok A ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan dalam hal membilang dengan menggunakan benda pada anak kelompok A. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan menggunakan model klasikal sehingga anak kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together yang melibatkan anak aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Muda Kediri.
Universitas Negeri Surabaya 3, 2014