Publikasi S2 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal secara utuh sebagai alternatif pendekatan konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Langkah-langkah penelitian kepustakaan yang dilakukan meliputi: 1) memiliki ide umum mengenai topik penelitian, 2) mencari informasi yang mendukung topik, 3) pertegas fokus penelitian, 4) mencari dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasi bahan bacaan, 5) membaca dan membuat catatan penelitian, 6) mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan, dan 7) mengklasifikasi lagi bahan bacaan dan mulai menulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Untuk menjaga kekekalan proses pengkajian dan mencegah serta mengatasi misinformasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya landasan teori dan praktek konseling resolusi konflik secara utuh yang meliputi: 1) pengertian konseling resolusi konflik interpersonal, 2) landasan historis, 3) landasan sosial budaya, 4) landasan filosofis, 5) landasan psikologis, 6) tujuan konseling, 7) peran dan fungsi konselor, 8) kompetensi dan keterampilan yang perlu dimiliki konselor, dan 9) proses konseling resolusi konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal.
Jurnal BK Unesa 3 (01), 222-235, 2013
2012 Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya)
This research is conducted to study by empiric related between self-efficacy with academic adjustment and achievement of academic student in campus.
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 9 (1), 29-47, 2012
2012 Pengembangan Model Bimbingan Karier Untuk Pemahaman Diri Dan Pemahaman Pekerjaan Siswa Tunarungu SMALB-B
Universitas Negeri Malang, 2012
2012 Penerapan teknik permainan kerja sama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan teknik permainan kerja sama dalam bimbingan kelompok untukt meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre test post test one group dasign dengan memberikan tretmen (teknik permainan kerja sama dalam bimbingan kelompok). Subjek penelitian dilakukan pada 8 orang siswa dari 35 siswa yang ada pada kelas X-3 SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk tahun ajaran 2009/2010. Analisis data yang digunakan adalah analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis uji jenjang bertanda wilcoxon menunjukkan bahwa nomor urut yang bertanda positif sejumlah 36 sedangkan yang bertanda negatif sejumlah 0, sehingga terdapat perbedaan skor antara pre-test dan post-test. Berdasarkan tabel nilai kritis untuk uji jenjang wilcoxon dengan taraf signifikan 5% dan N= 8 diperoleh T. tabel= 4, oleh karena T. hitung lebih kecil dari T. tabel (0< 1) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang diajukan “Bimbingan kelompok teknik permainan kerja sama dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Sukomoro” diterima.
Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan 11 (2), 2012
2011 Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
Surabaya: Unesa University Press, 2011
2011 Pendidikan Konselor Religius
The presentation of religious and spiritual issues is a common occurance in counselling. Are counselors competent to address this issue? This paper will address this issue. An exploration of the ways religion coming up in counseling will be discussed along with suggestions for its practices. The discussion will pay attention on the issue of educational counselor and the preparation for counselors to meet the spiritual and religious needs of their clients. In this paper this writer brings out discussion on counseling and its relation to religion through an attempt of rereading literatures in order to provide understanding as to how religion could be understood in the light of counseling. This paper also brings into focus the personality of counselor, and anything concerned to the relation of counseling and the religiousity of client. Issues of ethic for counseling in treating a religious client will be discussed as well. Thus, the discussion of religion and educational counselor will answer the question as to where it would lead to? In the lattest discussion of this paper, this writer’s suggestion on developing a subject of counseling and guidance in any universities offering Islamic Studies and on treatment of religious clients with religious approachment will be dealt with. From this point, this writer brings about a suggestion to the university.
Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 11 (2), 371-390, 2011
2010 Perencanaan dan Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling
Makalah. disampaikan pada Workshop tentang Sistem perencanaan Model-model …, 2010
2010 Penerapan konseling realita untuk meningkatkan harga diri siswa
Jurnal Universitas Negeri Surabaya Volume 11 No. 1 Hal. 61 75, 2010
2010 Gambaran gaya hidup dan nilai internal dalam pengambilan keputusan membeli pada remaja dengan status sosial menengah atas
Artikel ini menyajikan suatu deskripsi tentang gaya hidup dan faktor-faktor yang mendasari nilai-nilai internal dalam membuat keputusan membeli pada remaja dengan tingkat ekonomi memengah atas. Data diperoleh menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi. subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah umum (SMU) yang berusia antara 15-18 tahun dari latar belakang keluarga dengan status ekonomi menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai, keyakinan, perspepsi, motif, dan kepribadian merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai internal. di samping itu juga ditemukan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi remaja dalam keputusan membeli yaitu: teman, idola, keluarga, dan lingkungan.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 1 (1), 39-45, 2010
2010 Penerapan Teknik Permainan Kerjasama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Siswa
Jurnal 11, 2010