Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2015 | Pengaruh Permainan Mencari Harta Karun Tehadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Kelompok A | Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan mencari harta karun terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Abuliyatama Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang terdiri dari 8 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan mencari harta karun berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak A TK Abuliyatama Banjarmadu. |
PAUD Teratai, 1-6, 2015 | |
2015 | Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menjepit Kertas Karton pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Star Kediri | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menjepit kertas karton pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain STAR Kediri. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain STAR Kediri. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus 50, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
Skripsi tidak diterbitkan. PPs Universitas Negeri Surabaya, 2015 | |
2015 | Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui bermain lompat tali karet pada anak kelompok A | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain lompat tali karet. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Perwanida Sumobito Jombang. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar 34, 5% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
PAUD Teratai, 1-5, 2015 | |
2015 | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN | Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PGPAUD Unesa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun atau anak kelompok A di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. |
PAUD Teratai 4 (2), 2015 | |
2015 | Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak melalui media permainan kartu huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Nogosari Pacet Mojokerto. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat diskripstif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Nogosari Pacet Mojokerto. Hasil penelian ini menunjukan bahwa persentase peningkatan pada siklus I dan siklus II masing–masing sebesar 70% dan 90% |
PAUD Teratai 4 (2), 1-6, 2015 | |
2015 | Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Media Flanel Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media flanel angka. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK An-Nur berjumlah 15 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 sebesar 11, 7%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I, siklus II dan siklus III maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flanel angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. |
Jurnal Pendidikan Usia Dini Unesa 5 (1), 2015 | |
2015 | Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain Play Dough pada Kelompok Usia 3-4 Tahun | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui bermain play dough. Subyek penelitian adalah kelompok usia 3-4 tahun PPT Gading Sehat Surabaya yang berjumlah 18 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan kreativitas anak sebesar 25, 83% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
PAUD Teratai 4 (2), 2015 | |
2015 | Pengaruh permainan kayu malele terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh permainan kayu malele terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design.Sampel penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, serta diukur dengan menggunakan lembar observasi dengan metode rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kayu malele berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di kelompok B. Kata kunci: Permainan kayu malele, Mengenal konsep ukuran, Anak |
PAUD Teratai 4 (2), 1-6, 2015 | |
2014 | Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Penerapan Media Bola Berwarna Pada Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto | Penelitian ini berdasarkan observasi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto, diketahui dari 20 anak terdapat 6 anak yang mampu dalam bidang kemampuan kognitif melaluipengenalan konsep bilangan 1-20 dengan media bola berwarna, selebihnya anak masih kurang mampu dalam bidang pengenalan konsep bilangan 1-20. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kondisinya monoton dan cenderung konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas pembelajaran melalui penerapan media bola berwarna, mengetahui dan mendeskripsikan tingkat efektivitas kemampuan kognitif dalam pembelajaran melalui penerapan media bola berwarna pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan siklus berulang, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan kognitif anak sebesar 55%. Sedangkan target kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini adalah 80%. Berdasarkan siklus I kriteria tindakan belum tercapai sehingga peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktivitas anak 85%. Dari data siklus II maka target pencapaian tindakan sudah tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan … |
PAUD Teratai 3 (3), 2014 | |
2014 | Pengembangan Permainan Tebak Kata Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak | Peningkatan kemampuan bahasa lisan merupakan stimulus yang penting untuk diberikan pada anak usia dini khususnya pada anak usia 5-6 tahun. Pada umumnya proses pembelajaran kelompok B di Taman Kanak-kanak tentang bahasa lisan masih jarang diberikan dan diterapkan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam tentang penggunaan permainan tebak kata modifikasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (penelitian pengembangan) dan desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design. Subyek yang digunakan peneliti menggunakan 3 TK, dengan 1 TK sebagai uji coba produk dan 2 TK sebagai uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung< t tabel dengan eksperimen membandingkan efektifitas dan efisiensi sistem kerja lama dengan baru. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan bahasa lisan dalam memecahkan masalah saat observasi awal (pretest) menggunakan permainan tebak kata modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 9, 74 dan rata-rata hasil posttest 13, 69 pada TK Tunas Harapan Menongo, nilai rata-rata hasil pretest 8, 84 dan rata-rata hasil posttest 13, 74 pada TK Tunas Jaya Surabayan. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung= 0 lebih kecil dari t tabel= 73 untuk TK Tunas Harapan Menongo serta t tabel= 46 untuk TK Tunas Jaya … |
Jurnal PAUD Teratai 3 (3), 1-7, 2014 |