Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan terhadap Keterampilan Menulis Dialog Komik Siswa Kelas V Sdn Margorejo 1 Surabaya
Penelitian ini menggunakan model pembelajarean kooperatif tipe bertukar pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besaran pengaruh model pembelajaran tipe bertukar pasangan terhadap keterampilan menulis dialog komik siswa kelas V SDN Margorejo 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap keterampila menulis dialog komik siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis t hitung 2,310 lebih besar dari t tabel 1,658.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (3), 254457, 2017
2017 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sdn Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dijumpai di SDN Petung Asri 3 pandaan pada kelas IV yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Faktor penyebab utama kesulitan siswa dalam menulis deskripsi yaitu pada pelaksanaan pembelajaran yang masih konvensional. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini mnggunakan dua kelas sebagai sampel yang pertama sebagai kelas kontrol yaitu kelas IVa dan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas IVb. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji validasi menggunakan teknik korelasi product moment, teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dengan t hitung< t tabel apabila bersifat negatif dan diperolehlah hasil (-3,575< 2,004) dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Petungasri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya 5, 2017
2017 The Effect of 360° Performance Appraisal in Decreasing Social Loafing in a Team
This research is aimed to determine the effect of 360 performance appraisal in decreasing social loafing in a team. 360 performance appraisal which is applied in this research is the appraisal to measure the individual job performance based on peer evaluation, leader evaluation or follower evaluation, and the individual being evaluated will also evaluate him/her self based on the same behavior indicator. This research is an experimental research, by operating pre-test and post-test design. Subject of the research are 40 individuals which are consist of 20 individuals in experiment group and the remain 20 individuals in control groups. Subject educational background is college student and has team work experiences in college student organization. In the experiment group, treatment of 360 performance appraisal will be applied after the task completed, and in the control group (non treated group). Social loafing scale is developed based on the aspect in social loafing operational design. Job performance appraisal can decrease social loafing in a team, this is shown by the differences that occur between before 360 performance appraisal and after 360 performance appraisal. The experiment group indicates the decrease in social loafing when the 360 job performance appraisal is given as a treatment.
9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017
2017 Perbedaan Efikasi Politik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introversi dan Ekstraversi Pada Dewan Perwakilan Mahasiswa
some previous research show that there is a significant correlation between extraversion personality with political efficacy. The purpose of this study was to determine whether there are differences in political efficacy in individuals with different personality types other than extraversion, named introversion. Samples in this study were 42 college students of Universitas Negeri Surabaya who are members of Student Representative Council (Dewan Perwakilan Mahasiswa). A quantitative research methods with data collection technique using questionnaires is the method used for this study. The result of the independent sample t-test on the political efficacy variables reveals sig.(2-tailed) of 0,094, which means there is no significant difference in political efficacy variables in terms of introversion and extraversion personality type on Dewan Perwakilan Mahasiswa at Universitas Negeri Surabaya.Abstrak: Berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kepribadian ekstraversi dengan efikasi politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efikasi politik pada individu dengan tipe kepribadian berbeda selain ekstraversi, yaitu introversi. Subjek dalam penelitian ini adalah 42 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang tergabung dalam organisasi Dewan Perwakilan Mahasiswa. Merupakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil dari uji-t independen sampel menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,094 yang artinya tidak ada perbedaan signifikan variabel efikasi politik berdasarkan tipe kepribadian introversi dan …
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7 (2), 76-81, 2017
2017 Persepsi terhadap kohesivitas kelompok kerja dengan intensi turnover pada pramuniaga
The purpose of this study was to determine the relationship between perception of work group cohesiveness with turnover intention. The subjects were 154 sales associate of PT X who were chosen based on the following characteristics: the employees have worked for more than four months, and their status are contract employees. Data collected using group cohesiveness and turnover intention scales. The reliability of 32 items turnover intention scale was 0.94, whaile the 48 items group cohesiveness scale got the reliability coefficient of 0.93. the result of data analysis using Pearsons Product Moment shows the correlation coefficient of-0.263 with significance value (p)= 0.002< 0.05. it can be concluded from the result that there is a negative relationship between perception of work group cohesiveness and the turnover intention among sales associate PT X.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebesar apa hubungan antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan intensi turnover. Subjek penelitian adalah Pramuniaga PT X. Sampel yang diambil berjumlah 154 karyawan dengan ciri-ciri Pramuniaga telah bekerja selama lebih dari empat bulan dan berstatus karyawan kontrak dengan menggunakan teknik incidental sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala. Pada skala intensi turnover dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0, 94 dan dari 42 item didapatkan 38 item yang valid. Pada skala kohesivitas kelompok dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0, 93 dan dari 48 item didapatkan 39 item yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif …
Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 8 (1), 24-32, 2017
2017 Persepsi dan sikap guru tentang media jejaring sosial dan pengaruhnya terhadap perilaku inovasi dan difusi guru dalam pembelajaran di SLTA Kota Malang
ABSTRAK Setiawan Aditya Chandra. 2017.Persepsi dan Sikap Guru tentang Media Jejaring Sosial dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Inovasi dan Difusi Guru dalam Pembelajaran di SLTA Kota Malang. Tesis. Program StudiManajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M. Pd (II)Drs. H. Burhanuddin M. Ed. Ph. D. Kata Kunci persepsi sikap inovasi difusi guru media jejaring sosial pembelajaran Internet sebagai salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Saat ini internet mengalami perkembangan yang pesat sehingga diprediksi akan sangat memengaruhi pola perilaku dan cara berpikir peserta didik. Karena dari media tersebut seluruh peserta didik dapat berinteraksi dan memperoleh informasi kapanpun dimanapun dan dengan siapapun. Dalam dunia pendidikan bukan berarti dengan pesatnya perkembangan internet akan selalu memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik tetap dapatmenimbulkan dampak negatif terhadap para penggunanya. Selain itu media jejaring sosial sebagai salah satu bagian dari internet yang saat ini media tersebut dirasa sedang digandrungi oleh mayoritas peserta didik.Jika dikaitkan dengan pembelajaran di sekolah maka guru sebagai fasilitator pembelajaran dan agen perubahan perlu memaksimalkan media jejaring sosial tersebut sebagai salah satu media komunikasi alternatif pembelajaran di kelas dikarenakan peserta didik telah banyak mengetahui atau dapat dikatakan cukup menguasai berbagai media jejaring sosial yang ada saat ini. Tujuan penelitian ini …
SKRIPSI Mahasiswa UM, 2017
2017 Persepsi dan Sikap Guru Tentang Pendayagunaan Media Jejaring Sosial dalam Pembelajaran
One of the phenomenon in the 20th century that is currently being discussed is about emerging and the development of many social networking media. The media is now a trend all over among the people regardless of age, it is because social networking media provides convenience services in communicating, in particular interact and share information between human. If associated in the context of education, then social networking media to be one of the means of communication that can be utilized in the process of education management and learning for teachers.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2 (5), 714-718, 2017
2017 Hubungan antara religiusitas, optimisme, dukungan sosial dan psychological well-being peserta didik di MAN se-kota Malang
ABSTRAK Ilhamuddin M Farid. 2016. Hubungan antara Religiusitas Optimisme Dukungan Sosial dan Psychological well-being Peserta Didik di MAN Se-Kota Malang. Tesis Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Dr. Dany M. Handarini MA. Kata kunci religiusitas optimisme dukungan sosial psychological well-being. Psychological well-being adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesehatan psikologis peserta didik berdasarkan pemenuhan kriteria fungsi psikologi positif. Faktor-faktor yang mempengaruhi psychological well-being harus diperhatikan agar terwujudnya psychological well-being yang baik. Faktor religiusitas optimismedan dukungan sosialdianggap penting untuk diteliti. Bagiandalamsistempendidikan yang jugapentingdalammemperhatikanterpenuhinyapsychological well-being pesertadidikadalahBimbingandanKonseling. Psychological well-being dirasa perlu untuk diterapkan pada usia-usia perkembangan yang sesuai maka dalam hal ini akan berfokus kepada peserta didik di MAN se-Kota Malang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara religiusitas optimisme dukungan sosialdan psychological well-being yang ada pada peserta didik MAN se-Kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi karena bertujuan menjelaskan tingkat hubungan variabel independent terhadap variabel dependen dengan menggunakan analisis regresi berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah religiusitas optimismedandukungan sosial sedangkan variabel dependennya adalah …
Universitas Negeri Malang, 2017
2017 Hubungan Religiusitas, Optimism, Social Support, dan Psychological Well-Being Peserta Didik MAN Se-Kota Malang
This study aims to know the relation between religiousity (X1) and psychological well being (Y), the relation between optimism (X2) and psychological well being (Y), as well as the relation between social support (X3) and psychological well being (Y) of students of MAN in the entire Malang city. This study was a nonexperimental study with causal relationship study plan. The result of this research showed that there was a positive significant between X1 and Y, X2 and Y, X3 and Y; X1, X2, X3 had strong linear relation with Y; the influence of the three independent logical well being (Y), optimism (X2) dan psychological well being (Y), social support (X3) and psychological well being (Y) student of MAN se-Kota Malang.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas (X1) dan psychological well being (Y), optimis (X2) dan psychological well being (Y), social support (X3) dan psychological well being (Y) peserta didik MAN se-kota Malang. Pendekatan yang digunakan adalah non experimental research dengan jenis penelitian causal relationship study. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, X3 dan Y; X1, X2, X3 memiliki hubungan linear yang kuat dengan Y; pengaruh ketiga variabel independen psychological well being (Y), optimism
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2 (3), 350-355, 2017
2017 Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran
Pondok pesantren yang menjadi cerminan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam masalah perbaikan sikap, memiliki beban tugas yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Namun, gasab yang merupakan sikap yang kurang terpuji, masih menjadi trend di beberapa pesantren. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, maka perlu adanya organisasi pembelajaran yang dapat mengubah karakter buruk santri tersebut. Agar organisasi pembelajaran dapat berjalan secara efektif maka dibutuhkan 1) visi bersama (shared vision), 2) berpikir sistem (system thinking), 3) belajar beregu (team learning), 4) penguasaan pribadi (personal matery), dan 5) model mental (mental models). Dalam mengubah karakter tersebut, agar santri menerima perubahan yang dilakukan maka pesantren perlu menerapkan model manajemen perubahan, yang terdiri dari 1) The Choice Process, 2) The Trajectory Process, 3) The Change Process.
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (2), 89-94, 2017