Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2016 | Penerapan Model Pembelajaran Skemata Kritis Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi pada Sekolah Dasar (SD) tempat penelitian berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Alasan dilaksanakannya penelitian ini, karena kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah, hal ini dikarenakan beberapa faktor di antaranya, guru kurang memerhatikan prosedur kegiatan membaca. Selain itu, pemilihan model dan media yang kurang bervariasi menjadikan siswa kurang tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model skemata kritis. Model pembelajaran tersebut berpotensi dapat menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, serta reflektif. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari Elliot. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari 12 tindakan … |
Jurnal PGSD Kampus Cibiru 4 (4), 2016 | |
2015 | MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM BUDAYA ANTRI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN FUN GAME DI PPT MENTARI PAGI SURABAYA Purwanti | Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dalam budaya antri anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan fun game. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Mentari Pagi Surabaya yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 46, 87% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81, 25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 43, 75% meningkat menjadi 81, 25% pada siklus II. Nilai rata-rata kedisiplinan anak 3-4 tahun di PPT mentari Pagi Surabaya pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 49, 10% dan siklus II meningkat dengan persentase 81, 20%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan dalam budaya antri anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan fun game. |
Prosiding semnas PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 2015 | |
2015 | PENGARUH MENONTON KARTUN TOM AND JERRY TERHADAP PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN | Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan berjumlah 30 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa U hitung< U table (173, 5< 3,733), sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan, diterima. |
PAUD Teratai 5 (1), 10, 2015 | |
2015 | Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok A | Tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam melompat melalui bermain lompat tali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK BUDI JAYA Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan anak dalam melompat meningkat dari siklus I ke siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dalam melompat. |
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Teratai, 2015 | |
2015 | Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Kolase pada Kelompok A | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal melalui kolase. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Al-Wardah. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal 85, 3%. berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
PAUD Teratai, 2015 | |
2015 | Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Konsep Bilangan Di Tk Kelompok a (Studi Deskriptif) | Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan di TK untuk anak kelompok A se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Peneliti melakukan penelitian pada pendidik di 6 Taman Kanak-Kanak yang didapatkan dengan sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan dari 6 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto masih kurang. Karena hanya guru dari 2 TK yang mampu memahami tahapan anak mengenal konsep bilangan dan menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar. |
PAUD Teratai 4 (3), 2015 | |
2015 | PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUIKEGIATAN MOZAIK PADA ANAK USIA DINI | This study uses a class action research. This study was to determine the increase in the fine motor skills of children through activities mosaic. Subjects were children in group B RA Al Burhan. The results showed an increase in the fine motor skills of 22% based on the evaluation of the results of the first cycle and cycle II. Keywords: fine motoric skills, mosaicactivities, early childrenAbstrak: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halusanak melaluikegiatan mozaik. Subjek penelitian adalah anak kelompok BRA Al Burhan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus 22% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. |
PAUD Teratai, 2015 | |
2015 | Hubungan Antara Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kemampuan Motorik Kasar Bayi 6-14 Bulan | Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar bayi 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah. Penelitian ini menggunakan metode survei analitis dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian uji chi-square memperoleh nilai sebesar 14,740 yang berarti lebih besar daripada nilai sebesar 7,815 (>). Sehingga simpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar anak usia 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah Surabaya. |
Published online, 2015 | |
2015 | Penggunaan sempoa dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak | Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak serta peranan penggunaan media sempoa pada anak. Subjek penelitian adalah anak TK B TK 17 Agustus Veteran Gresik dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display kemudian conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sempoa dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak. |
Paud Teratai 4 (2), 1-6, 2015 | |
2015 | PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL DEMANG SAKTI MOTOR | Laporan akhir ini berjudul “Penerapan Kualitas Pelayanan pada Bengkel Demang Sakti Motor”. Laporan ini akan menjelaskan tentang pelayanan yang diterapkan oleh Demang Sakti Motor berdasarkan dimensi-dimensi dari kualitas pelayanan yakni bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Topik tersebut diambil karena adanya keluhan dari pelanggan tentang pelayanan dari Demang Sakti Motor. Data dalam laporan ini diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui perhitungan persentase jawaban dan interpretasi skor, dan hasil perhitungan tersebut diolah menggunakan program Ms. Excel. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dan telah diolah, 72% kualitas pelayanan yang diterapkan telah dinyatakan baik sedangkan 28% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun, berdasarkan pelayanan yang telah diterapkan, Demang Sakti Motor menerapakan pelayanan yang ada dengan Kualitas Pelayanan. Berdasarkan hal tersebut, Demang Sakti Motor harus tetap menjaga kualitas pelayanan yang telah mereka terapkan ini, serta memenuhi kekurangan dari faktor lain tersebut misalnya dengan cara menambah fasilitas, peralatan, mengkreasikan pelayanan mereka, serta menerapkan sistem 3S (Senyum, Sapa, Salam). Sehingga, selain pelanggan semakin merasa senang atas pelayanannya dan pelanggan juga akan merasa lebih puas lagi. |
Politeknik Negeri Sriwijaya, 2015 |