Publikasi S1 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti
Pengambilan keputusan studi lanjut bagi siswa sekolah menengah atas penting untuk diperhatikan. Pengambilan keputusan studi lanjut sangat menentukan kesiapan individu untuk kesiapan karier setelah lulus kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji layanan informasi karier melalui media permainan monopoli dalam meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti.
Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 1, 183-190, 2013
2013 Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa
Pengambilan keputusan karir merupakan suatu tahapan penting bagi siswa SMA, yaitu suatu pengambilan keputusan karier yang realitasnya diwujudkan melalui pemilihan jurusan. Tentu saja untuk melakukan pemilihan secara optimal, banyak aspek yang ikut terkait atau mempengaruhinya, baik itu faktor internal ataupun eksternal. Dalam pengambilan keputusan karir juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa itu sendiri. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemantapan pengambilan keputusan karir siswa dalam faktor individu yaitu self efficacy dan dari faktor lingkungan di antaranya adalah dukungan sosial keluarga.
Jurnal BK Unesa 3 (1), 231-238, 2013
2013 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Dan Penanganan Konselor Di TK Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban
Jurnal BK Unesa 4, 2013
2013 Pelaksanaan Layanan Konseling Individudi SMPN Se-Kecamatan Bangsal Mojokerto
Jurnal BK Unesa 3 (1), 388-393, 2013
2013 Studi Tentang Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok a Dalam Kegiatan Metode Proyek Di Tk Plus Al-falah Pungging Mojokerto
Kemampuan interaksi sosial merupakan proses sosial, yang menunjukan pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Dimana interaksi sosial adalah kunci semua kehidupan sosial karena tanpa interaksi sosial, tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Pada awal masa kanak-kanak yang sering disebut sebagai masa prakelompok, dasar untuk sosialisasi diletakkan dengan meningkatnya hubungan antara anak dengan teman-teman sebayanya dari tahun ke tahun. Dalam pemilihan metode untuk membantu anak meningkatkan perkembangan interaksi sosial pada anak usia dini secara optimal harus benar-benar disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan anak. Maka guru kelas memberikan salah satu metode, yaitu metode proyek untuk membantu anak-anak dalam berinteraksi dengan lingkungan, kelompok, teman sebaya dan gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interaksi sosial anak kelompok A dalam kegiatan metode proyek di TK Plus Al-Falah Pungging Mojokerto. Jenispenelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat pengumpul data yang dipakai adalah observasi, wawancara yang ditujukan pada guru kelas, konselor sekolah dan kepala sekolah, dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A, kepala sekolah, guru kelas dan konselor sekolah. Uji kredibilitas data menggunakan teknik trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor diatas 50% yang artinya kemampuanin teraksisosialanakkelompok A di TK Plus Al …
Jurnal BK Unesa 4 (1), 2013
2013 Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang Repositori Universitas Negeri Malang Instagram Facebook Website Youtube Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono Wiyono, Bambang Dibyo (2013) Keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Bambang Dibyo Wiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. Full text not available from this repository. Abstract Keefektifan Konseling Kelompok Singkat Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Item Type: Thesis (Masters) Subjects: ?? ?? Divisions: …
Universitas Negeri Malang, 2013
2013 Pengembangan Buku Panduan Studi Lanjut untuk Siswa SMA Kelas XI
Pengambilan keputusan studi lanjut menyangkut investasi kehidupan jangka panjang, konseli diharapkan membuat keputusan bijak. Fenomena yang ditemukan di lapangan banyak siswa yang kesulitan mendapatkan informasi studi lanjut. Buku sebagai sarana pendidikan berfungsi sebagai alat bantu guru dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas, dan implementasi buku panduan studi lanjut untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori model intruksional Fenrich yang terdiri dari enam fase; fase analisis, fase perencanaan, fase perancangan, fase pengembangan, fase implementasi, dan fase evaluasi dan revisi. Materi buku panduan berdasar pada materi informasi studi lanjut Depdikbud. Fase pengembangan dilakukan dengan cara uji validasi buku panduan dengan bantuan validator ahli yang terdiri atas dosen ahli (materi, media, dan bahasa) dan ahli konselor (konselor sekolah yang membimbing siswa kelas XI). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada validator ahli dan konselor sekolah kelas XI, kualitas buku panduan dinilai berdasar buku standards for evaluation educational programs, project and materials. Aspek-aspek yang dikembangkan terdiri atas empat aspek antara lain: kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Fase implementasi dilakukan terhadap 10 siswa kelas XI yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Lamongan dalam teknik bimbingan kelompok, dengan keterwakilan dari masing-masing kelas XI. Dari hasil penelitian menerangkan bahwa buku …
Jurnal BK Unesa 3 (1), 248-255, 2013
2013 Penerapan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika pelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik self instruction pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu. Pada penelitian ini teknik self instructiondiberikan untuk menangani kepercayaan diri ketika retell story yaitu suatu keyakinan terhadap diri sendiri bahwa dia memiliki kemampuan untuk berhasil dalam kegiatan belajar menyajikan sebuah cerita kepada orang lain yang bertujuan menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat mendidik. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik self instruction pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu. Yang memiliki rasa percaya diri rendah Angket digunakan untuk mencari siswa Subyek dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas VIII di SMPN 5 Cepu. Setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan teknik self instruction maka didapatkan sebanyak 7 siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan yang rendah ketika pelajaran retell story. Hasil analisa penelitian menunjukan bahwa didapatkan nilai kritis T untuk uji jenjang Wilcoxon dengan taraf signifikan 5% dan N= 7 diperoleh T tabel= 2 sehingga T hitung lebih kecil T tabel (0< 2) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata pretest sebesar 105, 42, posttest sebesar 138, 42 dan beda selisih pretest dan posttest sebesar 37, hal ini berarti ada peningkatan dalam hal kepercayaan diri pada siswa kelas VIII A dan B ketika pelajaran retell story. Sehingga …
Jurnal BK Unesa 3 (1), 187-195, 2013
2012 Bimbingan dan Konseling Karir
Surabaya: Unesa University Press, 2012
2012 Hand Out Bimbingan dan Konseling Karier
Universitas Negeri Surabaya, 2012