Publikasi S2 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 The Relationship between Academic Procrastination and Self-Regulated Learning and Learning Motivation in High School Students
The phenomenon of academic procrastination in students has increased along with the Covid-19 pandemic. The increase in academic procrastination is caused by the implementation of online and hybrid learning systems. Academic procrastination arises due to various intrinsic and extrinsic factors. In general, the aim of the research is to find out the relationship between academic procrastination and self-regulated learning and learning motivation in high school students. More specifically, there are three specific objectives in this research. First, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and self-regulated learning in high school students. Second, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and learning motivation in high school students. Third, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and self-regulated learning and learning motivation in high school students. The research was carried out through a quantitative approach with a correlational design. The population of this study were students of class XI at SMA N Bojonegoro. The research sample used was class XI students at SMA N 1 Kedungadem, SMA N 1 Kepohbaru and SMA N 1 Sugihwaras as many as 257 students taken through simple random sampling technique. Research data were collected through self-report techniques with academic procrastination scale, self-regulated learning scale and learning motivation scale. The three scales have been tested for validity and respectively have reliability coefficients of 0.917, 0.865, and 0.951. Data analysis was …
Bisma The Journal of Counseling 6 (2), 2022
2022 Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan efikasi diri dan kontrol diri peserta didik SMA di Kabupaten Tulungagung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prokrastinasi akademik berhubungan secara signifikan dengan efikasi diri dan kontrol diri pada peserta didik di sekolah menengah atas di Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian terdiri atas sampel sekolah dan sampel peserta didik. Kedua jenis sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel peserta didik berjumlah 286 orang yang dipilih dari ketiga sampel sekolah. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self report dengan instrumen skala (skala prokrastinasi akademik, skala efikasi diri, skala kontrol diri). Teknik analisis data dilalukan melalui metode statistik dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah efikasi diri dan kontrol diri …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 248-260, 2022
2022 Hubungan antara stres akademik di masa pandemi covid-19 dengan self-efficacy dan motivasi belajar pada peserta didik Sekolah Menengah Atas
Fenomena stres meningkat akibat adanya Covid-19 yang disebabkan karena tuntutan yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk apakah stres akademik berhubungan secara signifikan dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Magetan. Sampel peserta didik sebanyak 267. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self-report dengan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistik dengan rumus korelasi. Hasil analisis membuktikan bahwa tidak ada hubungan stres akademik dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 261-272, 2022
2022 Hubungan antara status identitas dan kontrol diri dengan perilaku imitasi budaya k-pop pada remaja pelajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status identitas dan kontrol diri dengan perilaku imitasi budaya K-Pop pada remaja pelajar. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI di Kabupaten Nganjuk dengan total 7.563 siswa. Sampel penelitian terdiri atas sampel sekolah dan sampel peserta didik. Sampel sekolah adalah SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Rejoso, dan SMKN 1 Gondang yang dipilih dengan cara acak. Sampel sekolah adalah 260 peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak dari ke tiga sampel sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik laporan diri (self-report) dengan instrument inventori yang terdiri dari skala EIPQ untuk mengukur status identitas, skala SCS untuk mengukur kontrol diri, dan skala Perilaku Imitasi Budaya K-Pop. Data status identitas dan kontrol diri diukur dalam …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 281-296, 2022
2022 Penggunaan Strategi Konseling Pengambilan Keputusan Model Rangkaian Gelatt Untuk Pengambilan Keputusan Karir Secara Matang
Membuat pengambilan keputusan karier sangatlah penting bagi setiap individu, dalam pengambilan keputusan karier diperlukan suatu bimbingan atau arahan, Pada peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Jombang terdapat fenomena yang sering muncul sampai saat ini, yaitu pengambilan keputusan karier yang rendah, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi konseling pengambilan keputusan model rangkaian gelatt untuk pengambilan keputusan karier secara matang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan metode pre-test post-test one group design. Metode yang digunakan adalah angket yang digunakan untuk mengetauhi peserta didik yang memiliki tingkat pengambilan keputusan kerier yang rendah, subjek dalam penelitian ini yaitu 5 peserta didik. Teknik analisis penelitian ini menggunakan statistik non parametrik dengan metode uji tanda. Hasil analisis pre-test mean 6, 42 dan post-test mean 2, 6 hasil analisis setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa N= 5 dan X= 0 diperoleh harga= 0,004<= 0, 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat diketauhi bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu “Terdapat peningkatan kematangan pengambilan keputusan karier pada peserta didik kelas XI IPS sesudah dilakukan konseling individu dengan menggunakan strategi pengambilan keputusan dengan model rangkaian gelatt”
ejournal Unesa 12 (3), 2022
2022 Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa
This study aims to determine the effect of assertive training to improve interpersonal communication skills in class XI-TTL students of SMK Negeri 2 Surabaya. The subjects in this study were students of class X. TTL SMK Negeri 2 Surabaya who had low interpersonal communication. The data collection method used is a questionnaire to measure the level of interpersonal communication skills and observation. Analysis of the data used is the Wilcoxon test, based on the results of data analysis, the score of interpersonal communication skills between before and after being given assertive training is significant. Thus it can be concluded that the exercise of assertiveness can improve interpersonal communication skills.Abstrak:Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan asertif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI-TTL SMK Negeri 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X. TTL SMK Negeri 2 Surabaya yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat keterampilan komunikasi interpersonal dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon, berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor keterampilan komunikasi interpersonal antara sebelum dan sesudah diberikan latihan asertif yaitu signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan asertif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia 7 (2), 256-263, 2022
2022 JURNAL BASICEDU
Given that learning during Covid-19 continues to be carried out, it is necessary for parents and teachers to cooperate in the participation of children who have speech problems in daily activities. EA children who have needs with speech problems attend school at Madrasah Ibtidayah Mishabul Falah, Depok, Java. EA has educational needs that are run like any other normal child. It is important for teachers and parents to increase their activities during covid-19. EA as a child with special needs for speech disorders during Covid-19 made learning activities carried out in the home environment. This study provides a description of the experiences of teachers and parents in learning during Covid-19 with children who have speech problems while learning in the home environment. This study describes the actual conditions experienced by teachers and parents of EA in exploring learning activities during covid-19. By using data triangulation techniques obtained from parents, teachers and observations of EA as research subjects. Interview and observation data were analyzed during the covid-19 outbreak in a systematic and structured manner. Data analysis reveals four themes: 1. The way teachers and parents learn during Covid-19 in children with special needs with speech disorders. 2. Barriers for parents and teachers to face covid-19 in children with speech problems. 3. Parents and teachers' perceptions to provide learning activities for children in speaking disorders. 4. What support do children with speech disorders need during covid-19. The results of this study were positively expressed by parents and class assisting teachers in the area of child …
Jurnal Basicedu Vol 6 (4), 2022
2022 APLIKASI STUDI LANJUT ‘NISCITA’BERBASIS WEB DAN ANDROID
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan aplikasi studi lanjut “Niscita” yang berbasis web dan android. Aplikasi tersebut dikembangan dengan tujuan untuk membantu khususnya para guru bimbingan konseling dalam merencanakan dan juga memberikan informasi terkait studi lanjut siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, aplikasi tersebut dapat memberikan informasi terkait perencanaan karir studi lanjut siswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sampai dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi niscita melalui prosedur penelitian dan menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari sibjek penelitian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru bimbingan konseling, dan peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Tuban. Hasil penelitian ini antara lain telah terbukti bahwa aplikasi niscita memperoleh persentase sebesar 93, 5%(sangat baik) dan aplikasi tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak tanpa diperlukan revisi. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan aplikasi ini sangat layak apabila dipergunakan dan bermanfaat khususnya guru bimbingan konseling dan siswa-siswi dalam mempersiapkan studi lanjut ke perguruan tinggi negeri. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat lebih mempelajari secara mendalam mengenai aplikasi niscita sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki dan mengembangkan aplikasi niscita lebih luas.
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN 8 (2), 119-125, 2022
2022 Model Bimbingan untuk Meningkatkan Aspek Sosial dan Motorik Anak Tunaganda di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan untuk meningkatkan aspek sosial dan motorik anak tunaganda di SD umum. Dalam penelitian kualitatif ini metode fenomenologi dipilih sebagai kerangka penelitian dengan memanfaatkan teknik wawancara mendalam, observasi, pengolahan dokumen untuk pengumpulan data. Sedangkan untuk proses analisis data, data dianalisa dengan cara trianggulasi. Adapun subjek penelitian meliputi guru kelas sekaligus konselor, guru pendamping khusus, dan 1 anak tunaganda kelas IV yang bersekolah di SD umum. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) model bimbingan bagi anak tunaganda di SD umum berupa play therapy dengan menggunakan berbagai alat permainan. Model bimbingan terbukti dapat meningkatkan aspek motorik dan sosial bagi anak tunaganda karena adanya peningkatan secara bertahap yang terjadi dari waktu ke waktu dalam proses bimbingan, 2) Sedangkan untuk upaya pengembangan model bimbingan dapat dilakukan beberapa hal seperti mengadakan workshop, sosialisasi terkait anak berkebtuhan khusus bagi guru pengajar, sekolah perlu menyediakan ragam metode pengajaran dan media permainan sederhana, serta guru pendamping khusus perlu menyusun program pengajaran secara individual sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pelatihan dan memantau perkembangan kondisi anak tunaganda secara berkala.
Jurnal Basicedu 6 (4), 7303-7309, 2022
2022 Program Halo BK: Solusi Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dimasa Pandemi Covid-19
The Halo BK program is an online or online-based guidance and counseling service activity that is packaged in the VOS Podcast discussion technique by utilizing Youtube TV, VOS radio, and VOS TV media. The Halo BK program provides various information and assistance on personal, social, learning, and career aspects and helps students identify themselves (self-concept), get to know the environment, and plan for the future. The research method uses qualitative research, with the type of literature study. The objectives of the Halo BK program are:(1) Helping students gain an understanding of the information provided,(2) Helping students use the information to help solve problems,(3) Helping students become more independent,(4) Helping students to think positive and objective in adapting to their environment,(5) Helping students to be able to make decisions,(6) Helping students being able to direct themselves according to their needs (7) Helping students being able to actualize themselves.
Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara …, 2022