Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 Pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi IPS kelas IV MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016 …
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa pada bidang study IPS kelas IV MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Penelitian ini memiliki dua variabel, terdiri dari : satu variabel bebas Variabel bebas x (indevendent variabel) yaitu variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat). Variable bebas dalam penelitian ini adalah (Feedback) siswa kelas IV di MI Nahdatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Variabel terikat y (dependent variabel) yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas item-item yang dijawab dengan cara memilih satu opsi jawaban yang benar dari empat opsi yang tersedia. Tes ini diambil oleh peneliti dengan mengacu pada indikator pencapaian hasil belajar dalam bentuk essai. Tes ini terdiri dari 15 soal, dimana setiap soal siswa menjawab sedikit termasuk skala 123 kriteria dengan jawaban siswa kurang baik sedangkan skla 4567 termasuk kriteria dengan jawaban sedang dan skala 8910 termasuk kriteria dengan jawaban siswa baik. Berdasarkan …
Universitas Islam Negeri Mataram, 2017
2016 Peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada kelompok A
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada anak Kelompok A di TK Ambar Asri dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian sebanyak 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi sebagai instrumen pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada anak Kelompok A TK Ambar Asri. Hasil observasi Pratindakan menunjukkan bahwa kemampuan seriasi ukuran pada anak mencapai 33.30% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada Siklus I meningkat mencapai 71.40% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan kembali meningkat pada Siklus II menjadi 88.10% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Pendidikan Guru PAUD S-1 5 (2), 219-228, 2016
2016 The Use of Playing Strategy through Movements and Songs in Dealing Hypersensitivity Problems for Early Childhood
This study aim is to solve the problems of hypersensitivity at an early age by using the playing strategy through movements and songs. This study was conducted in order to describe the use of playing strategy through movements and songs to overcome social emotional problem of children with hypersensitivity, which can be formulated as a playing strategy implementation. The data were collected by using observation and documentation. The results of this study showed that playing through movements and songs can give a positive social emotional treatment to child with hypersensitivity. They indicated that through playing in movements and songs, children who experience hypersensitivity can control themselves, adapt, interact positively, work together, and to be able appreciate others.
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Pengaruh Permainan Bentuk Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Nusa Indah II
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk pada anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan. Kurangnya kemampuan mengenal bentuk dikarenakan pembelajaran tentang bentuk geometri jarang dilakukan karena anak lebih sering mengerjakan LKA. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak yaitu dengan melakukan permainan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bentuk geometri terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design yang kemudian menggunakan nonequivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan yang berjumlah 32 anak dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik non
Jurnal: PG-PAUD Universitas Negeri Surabaya, 2016
2016 DEVELOPING PARENTS’PARENTING ANALISYS TOWARD CHILDREN’S SOCIAL EMOTIONAL (A CASE STUDY OF FAMILY WITH YOUNG MOTHER)
This qualitative study aimed to assess the parenting provided by young mother with low parenting knowledge on child’s social emotional. This study used the case study design. The location of this research is conducted in a family with young mother who has low education and a 2 year old child who has the emotion of fear in interacting with others, placed on the Kebonsari Village of Tuban District, Tuban. This study’s technique data collecting used observation, interviews, and documentation. To analyze the results of this study used data triangulation technique with Miles and Huberman models. Based on the research and data analysis which was processed using data triangulation technique, the results are obtained as follows:(1) the behavior of the emotion of fear of interacting with others is demonstrated by the child due to parenting less proper by the young mothers with low education, so it is difficult to eliminate the habit,(2) the behavior of a child who is excessively afraid of interacting with others is the impact of parents’ parenting which were improper,(3) the participation of the core family, relatives, and society needs to be conducted so that the young mother’s parenting is precise as expected.
Jurnal TEKPEN 1 (2), 2016
2016 Pola Pengasuhan Anak Usia Dini
Unesa University Press 1, 1-146, 2016
2016 Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bermain outdoor dan kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini khususnya anak di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain PretestPosttest Control Group Design dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data pengujian hipotesis penelitian menggunakan program SPSS 20.0 for Windows Evaluation Version dengan teknik Anova 2 jalur (Uji F). Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Anova 2 jalur (Uji F), maka diperoleh sebagai berikut:(1) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 2,134 dan sig.= 0,107, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor,(2) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 1,733 dan sig.= 0,171, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan finger painting, dan (3) nilai df= 1 dan taraf signifikansi α= 0, 05 diperoleh nilai koefisien F= 2,778 dan sig.= 0,101, menunjukkan taraf signifikansi di atas α= 0, 05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor dan kegiatan finger painting.AbstractThis study aimed to assess the effect of outdoor play and activities finger painting to the creativity of children in Kindergarten. This study uses a quantitative research approach with a model of experimental research …
JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 1 (1), 73-81, 2016
2016 Upaya Meningkatkan Kemampuan Ekspresi Anak Melalui Kegiatan Menyanyi Anak Usia 3-4 Tahun
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto dengan jumlah 8 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ekspresi anak melalui kegiatan menyanyi sebesar 50% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyanyi dapat meningkatkan ekspresi anak pada anak usia 3-4 tahun di KB Nur Azizah Mojokerto.
PAUD Teratai 5 (3), 3-6, 2016
2016 Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir pada Anak Kelompok A di TK Kyai Hasyim
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kyai Hasyim. Subyek penelitian adalah anak usia dini kelompok A di TK Kyai Hasyim Surabaya yang berjumlah sebanyak 20 anak usia dini, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, dan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan menulis permulaan, yaitu siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mencapai sebesar 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.
PAUD Teratai 5 (1), 1-5, 2016
2016 Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Melalui Media Dadu Gambar pada Anak Kelompok A
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi anak melalui media dadu gambar. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Alif berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sebesar 31% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa media dadu gambar dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Kata kunci: Kemampuan Literasi, media Dadu gambar, Anak usia dini.
PAUD Teratai 5 (2), 1-4, 2016