Publikasi S1 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengaruh Kegiatan Origami Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan origami terhadap keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Muslimat NU 128 Assa’adah Bejan. Sampel penelitian berjumlah 24 anak kelompok B TK Muslimat NU 128 Assa’adah Bejan Siwalan Panceng Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung 0 dan Ttabel 81 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan origami terhadap keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Muslimat NU 128 Assa’adah Bejan Siwalan Panceng Gresik.
Jurnal PAUD Teratai 5 (2), 1-4, 2016
2015 Penerapan layanan Konseling Islami untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Siswa SMK
Perubahan adalah hal niscaya dalam kehidupan. Hanya saja tidak semua individu mampu menghadapi perubahan. Apalagi jika perubahan tersebut membutuhkan penguasaan kompetensi-kompetensi tertentu. Hal inilah yang memungkinkan memicu kegalauan pada individu tak terkecuali pada siswa SMK. Alah satu bentuk kegalauan yang dihadapi siswa SMK adalah kecemasan menghadapi masa depan. Siswa SMK sering berasumsi bahwa setelah lulus sekolah mereka mencukupkan diri sebagai pekerja. Sehingga keinginan untuk menaikkan taraf kehidupan yang lebih baik dengan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak sangat rendah.Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah pemberian layanan konseling yang berbasis aqidah islam (konseling islami). Konseling islam dianggap sebagaai solusi alternatif untuk membantu siswa mengatasi kecemasan akan masa depannya. Islam memandang manusia sebagai makhluk yang sempurna dan mampu menjadi khalifah di muka bumi. Islam juga memotivasi manusia agar senantiasa berusaha sehingga ada perubahan dalam hidupnya. Penguasaan gambaran dan konsep-konsep melalui konseling inilah yang diharapkan mampu mengubah siswa SMK.
PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA), 49, 2015
2015 Kesalahan ejaan pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan penggunaan huruf kapital;(2) kesalahan penggunaan tanda baca titik;(3) kesalahan penggunaan tanda baca koma;(4) kesalahan preposisi pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalaha teknik agih. Adapun dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) kesalahan huruf kapital sebanyak 131 kesalahan dari 2604 huruf kapital atau 5, 07% yang berarti kemampuan menggunakan huruf kapital termasuk dalam kategori baik sekali;(2) kesalahan tanda baca titik sebanyak 25 kesalahan dari 488 tanda baca titik atau 5, 13% yang berarti tingkat kemampuan menggunakan tanda baca titik dalam kategori baik sekali;(3) kesalahan tanda baca koma sebanyak 38 kesalahan dari 443 tanda baca koma atau 8, 57% yang berarti kemampuan menggunakan tanda baca koma dalam kategori baik sekali,(4) kesalahan preposisi sebanyak 65 kesalahan dari 463 preposisi atau 14, 04% yang berarti kemampuan menggunakan preposisi dalam kategori baik sekali.
SURYA BAHTERA 3 (25), 2015
2015 KARAKTERISTIK DAN FAKTOR RISIKO KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DI INSTALASI RAWAT INAP OBSTETRI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2014
Tujuan Preeklampsia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kehamilan dan merupakan penyebab kematian maternal. Angka kejadian preeklampsia di RSUP. DR. M. Djamil Padang Tahun 2014 adalah 20,14%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil di RSUP DR. M. Djamil Padang tahun 2014. Metode Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan kasus kontrol. Jumlah sampel adalah 34 kasus dan 34 kontrol dengan perbandingan 1:1. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat, bivariat dengan melakukan uji Chi-Square dan multivariat dengan analisis Regresi Logistik Ganda. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan umur OR=4,8 (p= 0,006), dan obesitas OR=4,0 (p=0,031) dengan kejadian preeklampsia berisiko secara bermakna, sedangkan status gravida, riwayat diabetes mellitus dan tingkat pendidikan tidak terdapat hubungan yang bermakna dan bukan merupakan faktor risiko kejadian preeklampsia pada ibu hamil di RSUP DR. M. Djamil Padang tahun 2014. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor paling dominan yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia adalah umur OR=8,3 (p=0,001). Kesimpulan Umur dan obesitas merupakan faktor risiko terhadap kejadian preeklampsia, dan umur merupakan faktor risiko yang paling dominan terhadap kejadian preeklampsia, untuk itu diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif …
UPT. Perpustakaan, 2015
2015 Keefektifan Solution-Focused Brief Group Counseling untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
The quality of SMK graduates is influenced by the graduates’ competence attainment that is manifested in academic achievement. Some studies show that academic achievement is influenced by achievement motivation. Increasing motivation is expected to occur through the application of solution-focused brief group counseling. Solution-focused brief group counseling is based on postmodern and social constructivist philosophy. It also has brief characteristics, focused on solution, goal oriented, focused on the present and future time. The design of this study was applying pretest & posttest control group design. The subject in this study were X grade students of SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan who have low achievement motivation. The data were analyzed through TwoIndependent-Sample Test-Mann-Withney U. The results of this study shows that the counting value of z> z table, that is-2.619. Asymp value. Sig.(2-tailed) is 0.009< 0.05. hence, Ho was rejected. It means that solution-focused brief group counseling is effective to enhance achievement motivation of vocational school students.
JKI (Jurnal Konseling Indonesia) 1 (1), 29-37, 2015
2014 Mengurangi perilaku off task siswa madrasah ibtidaiyah melalui Direct Behavioral Consultation (DBC)
Winingsih Evi. 2014. Mengurangi Perilaku Off Task Siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui Direct Behavioral Consultation. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Dr. Andi Mappiare-AT. M.Pd. Kata kunci perilaku off task Direct Behavioral Consultation metafora Perilaku manusia merupakan respon terhadap stimulus yang ada dari lingkungan. Pemberian stimulus dan konsekuensi oleh guru terhadap siswa off task yang salah akan menyebabkan perilaku tersebut semakin meningkat. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengurangi perilaku off task di dalam kelas. Tujuan penelitian adalah (1) mengurangi frekuensi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui strategi DBC dengan selipan teknik metafora (2) mengurangi durasi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah strategi DBC dengan selipan teknik metafora (3) mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi perilaku off task siswa Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian menggunakan single subjek design dengan model ABAB. Subjek penelitiannya tiga orang siswa yang memiliki perilaku off task tertinggi di kelas 4 MI Miftahul Ulum Kecamatan Cerme. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan catatan anekdot dan perekaman durasi frekuensi dan latensi. Observasi dilakukan oleh tiga observer yakni peneliti mahasiswa dan media perekam. Pengambilan data dilakukan selama 20 menit pada saat PBM (Proses Belajar Mengajar) berlangsung. Sesi perekaman terbagi dalam dua sesi masing-maisng sesi dilakukan selama sepuluh menit. Sesi pertama dilakukan …
Universitas Negeri Malang, 2014
2014 PERHITUNGAN KEBUTUHAN DAYA LISTRIK PADA PROSES PEMBUATAN MINYAK DARI KELAPA SAWIT DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VI (PERSERO) UNIT USAHA RIMBO DUA JAMBI
Dalam perkembangan zaman seperti saat ini minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dengan begitu kita harus menjaga dan menggunakan secara hemat terutama pada industri besar untuk lebih menghemat biaya, atau lebih baik menggunakan pembangkit sendiri contoh nya dengan menggunakan uap sebagai bahan bakunya maka pada pabrik kelapa sawit ini menggunakan boiler sebagai generator. Dengan demikian pemakaian daya yang dibutuhkan tidak banyak menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar, boiler yang digunakan berkapasitas 30Ton/TBS Tandan Buah Segar dapat menghasilkan uap 21, 8Ton Uap/jam sehingga dapat memutar turbin yang berkapasitas 34 Kg/Kw sehingga dapat menghasilkan daya sebesar 600KwH, sedangkan daya yang dibutuhkan pabrik sebesar 750KwH dalam pengolahannya, kekurangan daya tersebut di suplay dari genset yang di parallel dengan turbin. Pada pabrik tersebut menggunakan 2 turbin dan 2 genset, turbin 1 digunakan sebagai mesin pengolahan yang di parallel dengan genset 1 sedangkan turbin 2 sebagai cadangan apabila dala proses pengolahan ada kerusakan pada turbin 1 sedangkan pada genset 2 digunakan untuk domestik yang merupakan pembangkit daya untuk perumahan di saat pabrik berhenti mengolah, pada genset 2 yang digunakan untuk domestik membutuhkan daya sebesar 125Kwh selama operasi stop pemakaian generator tenaga uap ini menghemat biaya operasional dalam pengolahan pembuatan minyak kelapa sawit.In the times like the current petroleum resource is non-renewable so we must maintain and use …
Universitas Gadjah Mada, 2014
2014 Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatakan Pemahaman Diri Siswa Kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode mind mapping yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno, sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman dirinya, dan mencapai perubahan positif untuk menjadi orang yang lebih baik melalui metode yang efektif yaitu mind mapping. Penelitian ini mengunakan rancangan pre experimental design dengan One Group pre-test pos-test Design. Metode pengumpul data yang digunakan berupa angket tertutup. Subyek penelitian diambil 8 siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro yang memiliki pemahaman diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Dari analisis uji tanda diperoleh 8 tanda yang menunjukan tanda positif (+) maka N (banyaknya tanda yang menunjukan adanya perbedaan) adalah 8 dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0, kemudian dikonsultasikan pada tabel tes binominal dengan ketentuan N= 8 dan x= 0, maka di peroleh p= 0,004 jika taraf kesalahan 5% adalah 0, 05. Maka dapat disimpulkan bahwa harga 0, 04< 0, 05 hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan positif antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. perbedaan antara mean pre-test yaitu 142 dan post-test 178,125 menunjukan selisih peningkatan 36,125 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro Yang dibuktikan dengan adanya perbedaan skor positif dan …
Jurnal BK 4 (3), 1-6, 2014
2014 Pengaruh kegiatan menggunting pola terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di TK Islam Qoshrul Ubudiyah
Penelitian pada anak kelompok B di TK Islam Qoshrul Ubudiyah Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak kelompok B dalam hal menggunting. Rata-rata 50% hasil guntingan anak kurang rapi dan keluar garis. Hal ini terlihat dari 17 anak 10 diantaranya kemampuan menggunting masih diluar/didalam garis. Guru tidak mencontohkan tahapan menggunting dengan benar sehingga anak mengalami kesulitan dalam menggunting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan menggunting pola terhadap kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One-Group Pretest–Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Islam Qoshrul Ubudiyah Surabaya dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon dimana jika t hitung< t tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum treatment adalah 14, 82, sedangkan hasil penilaian rata-rata setelah treatment adalah 21, 41. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan t hitung adalah 0 dan t tabel adalah 35 dengan taraf signifikansi 5%. Dimana t hitung< t tabel yaitu 0< 35, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan menggunting pola terhadap kemampuan motorik halus anak.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3 (3), 1-5, 2014
2014 Penggunaan Media Balok Cuisenaire Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Dan Ukuran Pada Anak Kelompok a Di Tk R. a Kartini
Penelitian pada anak kelompok A di TK R. A Kartini Meluke Sidomulyo Deket Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak mengenal warna dan ukuran. Keterbatasan media yang digunakan pada konsep warna dan ukuran belum mampu menciptakan pemahaman anak secara benar tentang konsep warna dan ukuran. Pembelajaran warna dan ukuran hanya menggunakan krayon. Data observasi 8 dari 18 anak memang sudah paham dalam mengenal warna dan ukuran. Sehingga peneliti menggunakan media balok cuisenaire dalam mengenalkan warna dan ukuran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan media balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan ukuran pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian preexperimental design dan jenis penelitian one-group pre test-post test design. Subyek penelitian kelompok
A KARTINI. PAUD Teratai 3 (3), 2014