Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Manajemen e-library dalam menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5), 1172-1184, 2022
2022 Efektivitas literasi digital dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5), 1147-1158, 2022
2022 Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dalam menghadapi era disrupsi dan era society 5.0
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (05), 1185-1196, 2022
2022 The Relationship between Academic Procrastination and Self-Regulated Learning and Learning Motivation in High School Students
The phenomenon of academic procrastination in students has increased along with the Covid-19 pandemic. The increase in academic procrastination is caused by the implementation of online and hybrid learning systems. Academic procrastination arises due to various intrinsic and extrinsic factors. In general, the aim of the research is to find out the relationship between academic procrastination and self-regulated learning and learning motivation in high school students. More specifically, there are three specific objectives in this research. First, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and self-regulated learning in high school students. Second, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and learning motivation in high school students. Third, to determine whether or not there is a relationship between academic procrastination and self-regulated learning and learning motivation in high school students. The research was carried out through a quantitative approach with a correlational design. The population of this study were students of class XI at SMA N Bojonegoro. The research sample used was class XI students at SMA N 1 Kedungadem, SMA N 1 Kepohbaru and SMA N 1 Sugihwaras as many as 257 students taken through simple random sampling technique. Research data were collected through self-report techniques with academic procrastination scale, self-regulated learning scale and learning motivation scale. The three scales have been tested for validity and respectively have reliability coefficients of 0.917, 0.865, and 0.951. Data analysis was …
Bisma The Journal of Counseling 6 (2), 2022
2022 Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan efikasi diri dan kontrol diri peserta didik SMA di Kabupaten Tulungagung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prokrastinasi akademik berhubungan secara signifikan dengan efikasi diri dan kontrol diri pada peserta didik di sekolah menengah atas di Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian terdiri atas sampel sekolah dan sampel peserta didik. Kedua jenis sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel peserta didik berjumlah 286 orang yang dipilih dari ketiga sampel sekolah. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self report dengan instrumen skala (skala prokrastinasi akademik, skala efikasi diri, skala kontrol diri). Teknik analisis data dilalukan melalui metode statistik dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah efikasi diri dan kontrol diri …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 248-260, 2022
2022 Hubungan antara stres akademik di masa pandemi covid-19 dengan self-efficacy dan motivasi belajar pada peserta didik Sekolah Menengah Atas
Fenomena stres meningkat akibat adanya Covid-19 yang disebabkan karena tuntutan yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk apakah stres akademik berhubungan secara signifikan dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Magetan. Sampel peserta didik sebanyak 267. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self-report dengan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistik dengan rumus korelasi. Hasil analisis membuktikan bahwa tidak ada hubungan stres akademik dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 261-272, 2022
2022 Hubungan antara status identitas dan kontrol diri dengan perilaku imitasi budaya k-pop pada remaja pelajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status identitas dan kontrol diri dengan perilaku imitasi budaya K-Pop pada remaja pelajar. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI di Kabupaten Nganjuk dengan total 7.563 siswa. Sampel penelitian terdiri atas sampel sekolah dan sampel peserta didik. Sampel sekolah adalah SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Rejoso, dan SMKN 1 Gondang yang dipilih dengan cara acak. Sampel sekolah adalah 260 peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak dari ke tiga sampel sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik laporan diri (self-report) dengan instrument inventori yang terdiri dari skala EIPQ untuk mengukur status identitas, skala SCS untuk mengukur kontrol diri, dan skala Perilaku Imitasi Budaya K-Pop. Data status identitas dan kontrol diri diukur dalam …
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6 (2), 281-296, 2022
2022 Penggunaan Strategi Konseling Pengambilan Keputusan Model Rangkaian Gelatt Untuk Pengambilan Keputusan Karir Secara Matang
Membuat pengambilan keputusan karier sangatlah penting bagi setiap individu, dalam pengambilan keputusan karier diperlukan suatu bimbingan atau arahan, Pada peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Jombang terdapat fenomena yang sering muncul sampai saat ini, yaitu pengambilan keputusan karier yang rendah, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi konseling pengambilan keputusan model rangkaian gelatt untuk pengambilan keputusan karier secara matang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan metode pre-test post-test one group design. Metode yang digunakan adalah angket yang digunakan untuk mengetauhi peserta didik yang memiliki tingkat pengambilan keputusan kerier yang rendah, subjek dalam penelitian ini yaitu 5 peserta didik. Teknik analisis penelitian ini menggunakan statistik non parametrik dengan metode uji tanda. Hasil analisis pre-test mean 6, 42 dan post-test mean 2, 6 hasil analisis setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa N= 5 dan X= 0 diperoleh harga= 0,004<= 0, 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat diketauhi bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu “Terdapat peningkatan kematangan pengambilan keputusan karier pada peserta didik kelas XI IPS sesudah dilakukan konseling individu dengan menggunakan strategi pengambilan keputusan dengan model rangkaian gelatt”
ejournal Unesa 12 (3), 2022
2022 Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa
This study aims to determine the effect of assertive training to improve interpersonal communication skills in class XI-TTL students of SMK Negeri 2 Surabaya. The subjects in this study were students of class X. TTL SMK Negeri 2 Surabaya who had low interpersonal communication. The data collection method used is a questionnaire to measure the level of interpersonal communication skills and observation. Analysis of the data used is the Wilcoxon test, based on the results of data analysis, the score of interpersonal communication skills between before and after being given assertive training is significant. Thus it can be concluded that the exercise of assertiveness can improve interpersonal communication skills.Abstrak:Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan asertif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI-TTL SMK Negeri 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X. TTL SMK Negeri 2 Surabaya yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat keterampilan komunikasi interpersonal dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon, berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor keterampilan komunikasi interpersonal antara sebelum dan sesudah diberikan latihan asertif yaitu signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan asertif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia 7 (2), 256-263, 2022
2022 ANALISIS DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak: 1) Gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. 2) Motivasi kerja terhadap Kinerja karyawan. 3) Gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap Kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. ETM Indonesia yang berjumlah 55 karyawan. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 55 karyawan dengan menggunakan teknik sampling sensus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Gaya kepemimpinan berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. 2) Motivasi kerja berdampak positif dan signifikan terhadap kienrja karyawan. 3) Gaya kepemimpinan dan motivasi berdampak signifikan terhadap kinerja karyawan.
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) 2 (2), 211-219, 2022