Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Pengembangan modul pemilihan karir untuk siswa kelas IX SMPN 3 Babat Lamongan
Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 3 Babat Lamongan dengan menggunakan angket kebutuhan masalah siswa BK di bidang karier untuk siswa Sekolah Menengah Pertama, di temukan sebanyak 38% mengenai tentang pendidikan lanjutan, 33% mengenai langkah-langkah memasuki pendidikan lanjutan, dan 33% mengenai pemahaman penyaluran bakat dan minat data tersebut diperoleh bersifat segera. Hal ini juga dipekuat data wawancara dengan Guru bimbingan dan konseling terkait tentang pemilihan Karier siswa kelas IX, Guru bimbingan dan konseling menyatakan bahwa siswa masih kebingungan dalam memilih sekolah maupun karier setelah lulus Sekolah Menengah Pertana, Melihat fenomena yang ada maka perlu mengembangkan sebuah media yang bisa memberikan informasi untuk keseluruhan siswa. Media yang dirasa sesuai adalah modul, karena pada modul dapat dipaparkan materi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan siswa, modul memfasilitasi penggunaannya untuk belajar secara mandiri, terdapat evaluasi dan refleksi untuk mengukur pemahaman siswa, praktis digunakan karena tidak membutuhkan listrik dan dapat dibawa kemana-mana.
Jurnal BK Unesa 8 (2), 2018
2018 The Involvement of Informal Sector Society in English habit at Kampung Inggris Pare Kediri
This research was aimed to describe and analyze the workers' participation in the informal sector in the habituation for learning English at the Kampung Inggris, Pare Kediri. The research approach is a qualitative–descriptive approach by collecting the interview data, observation, and documentation. The result of this research is that the participation or the workers' in the informal sector has run smoothly and positive, as we can see from 1). The involvement of the workers in the habituation for learning English in a camp and guided by English tutors who helped them to familiarize the communication in English as a Foreign Language correctly and appropriately. The activities run in the evening until the night before 9 pm 2). The involvement or the participation of ojek drivers and food sellers in the habituation and implementation of communication in English daily could be done maximally, like when they used to communicate in English to the course participants at Mahesa, BEC, and Rhima. 3). The involvement of food seller in the English habituation course program could be done very well and run smoothly as seen when they adapt and practically communicate with the participants in English.
1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 368-372, 2018
2018 Keterlibatan pekerja sektor informal dalam aktivitas learning society (studi multi kasus di Kampung Inggris Pare Kediri)
RINGKASAN Yulianingsih Wiwin. 2018. Keterlibatan Pekerja Sektor Informal Dalam Aktivitas Learning Society (Studi Multi Kasus di Kampung Inggris Pare Kediri). Disertasi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (II) Dr. Ach. Rasyad M.Pd. (III) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata kunci pekerja sektor informal learning society kampung Inggris Kecamatan Pare KabupatenKediri adalah sebuah daerahdi Jawa Timur yang dikenal mempunyai fenomena unik dan menarik. Disanalah keberadaan kampung dengan sebutan Kampung Inggris . Kampung yang melibatkan hampir keseluruhan masyarakatnya menjalankan program pendidikan nonformal. Terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa terutama Bahasa Inggris disamping bahasa asing lainnya.Masyarakat kampung Inggris memiliki tanggungjawab dalam menciptakan ekosistem pembelajaraan. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) menganalisis proses keterlibatanpekerja sektor informal dalam learning societydi Kampung Inggris Pare Kediri (2) menganalisis makna keberlangsungan keterlibatan pekerja sektor informal dalam learning society yang dipandang sebagai kekhasanKampung Inggris Pare Kediri (3) menganalisis faktor-faktor penghambat dan (4) faktorfaktor pendukung keterlibatan pekerja sektor informal dalam learning society di Kampung Inggris Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi multi kasus. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara observasi partisipan dan dokumentasi. Subyek penelitian …
Universitas Negeri Malang, 2018
2018 Identifikasi Gejala Stres Klien di Yayasan Rumah Orbit Surabaya Selama Proses Rehabilitasi
Stress is a response to a person, both physically and psychologically to a change in the environment that is perceived to be disturbing and causing him/her to be threatened. To know someone experiencing stress need to know the symptoms of stress first. The background of this study was conducted to reduce the cases of suicide clients former drug users during the rehabilitation process. So it is necessary to know the symptoms of stress first. This study includes a type of literature study research by finding reference to the theory relevant to cases or problems found. Reference theory obtained by way of research literature study serve as the basic foundation and the main tool for research practice in the field. The study was conducted at the Orbit Healthy Home Foundation. Analysis of the results of research conducted by analyzing, comparing the standard of stress level with symptoms experienced by clients at the time of rehabilitation. The results showed that the client at Orbit Foundation Surabaya experienced stress at the third stage with symptoms of gastric disturbance was felt like an ulcer, muscle tension increasingly felt, feelings of unrest and emotional tension is increasing, disturbance of sleep patterns, body feels tired, easily sick.
Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik) 2 (1), 105-109, 2018
2018 Penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan resiliensi diri (self recilience) Siswa
Setiap siswa seharusnya memiliki kemampuan resiliensi diri yang tinggi dalam kehidupannya. Faktanya bahwa di SMA Negeri 1 Gedangan ditemukan gejala siswa yang memiliki resiliensi diri yang rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan suatu intervensi dengan memanfaatkan kegiatan konseling kelompok realita untuk meningkatkan resiliensi diri siswa.
Jurnal BK UNESA 9 (1), 2018
2018 Pengembangan Blended Learning Mata Kuliah Dinamika Kelompok untuk Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling
Development merupakan proses yang digunakan untuk mengembangkan produk pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan. Model yang pilih adalah model ADDIE (Analisys-Design-
Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan 2 (2), 168-177, 2018
2018 Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya
Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan. Tetapi pada kenyataannya tidak semua sekolah dasar memiliki program bimbingan dan konseling. SDIT At Taqwa adalah salah satu sekolah dasar yang memiliki progrm tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan evaluasi layanan bimbingan dan konseling serta hambatan apa saja dan bagaimana cara engatasi hambatan tersebut. Jenis peneitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, koordinator bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling serta wali kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling di SDIT At Taqwa terdapat perencanaan yang terstruktur dan terprogram. Pola yang diterapkan merupakan pola 17+ yang kemudian dikombinasikan dengan kurikulum yang ada disekolah. Untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling sudah sesuai dengan layanan dan kegiatan pendukung yang terdapat pada BK pola 17+. Evaluasi yang digunakan ialah LAISEG, LAIJAPEN dan LAIJAPAN. Faktor penghambat pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut kurangnya SDM dan kerjasama orang tua yang kurang …
Jurnal BK Unesa 8 (3), 2018
2018 The effectiveness of bibliotherapy to decrease negative thoughts towards children with special need
The aim of this research is to test the effectiveness of bibliothera-py technique to decrease students' negative thoughts toward spe-cial need children. This research was conducted in an inclusion school where interactions between special need children and normal students are managed. One group pre-test and post-test were assigned in advance. The instrument used in this research was questionnaires about negative thoughts towards special need children consisting of 22 items. The subjects of this research were 6 regular students of an inclusion school who were indicated as having high negative thoughts towards special need children. The data were analyzed through signed-rank non-parametric statistic test of Wilcoxon to discover the difference of pre-test and post-test. The results of the data analysis showed that the pre-test average score was 32.83, the post-test average score was 25.83,?(the possibility of value was below H?)= 0.028 and?(error de-gree)= 5% or 0.05, therefore 0.028< 0.05. Thus, H? was denied. Therefore, it could be concluded that bibliotherapy was effective in decreasing the negative thoughts of regular students in inclu-sion schools.
1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 30-33, 2018
2018 The effectiveness of cinema therapy to improve student empathy
this study aims to determine whether cinema therapy improve the empathy of vocational students, especially on class 10th public vocational high school 1 driyorejo. The students have less empathy due to high student’s individualism attitude and lack of cooperation between students. This type of research is a pre experimental design with one group design pre-test and post-test design. The measuring tool is an empathy questionnaire with 35 item statements. Based on the pre-test results can be found in the subject of this study are 9 students class x multimedia indicated to have low empathy category score. The data analysis technique is Wilcoxon non parametric statistic test. The research hypothesis which reads
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 566-569, 2018
2018 Biblioterapi untuk meningkatkan pemahaman labelling negatif pada siswa SMP
Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan biblioterapi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-D mengenai labelling negatif di SMP. Indikator pemahaman labelling negatif meliputi pengertian dan jenis labelling, pemberian cap negatif yang umum di masyarakat, dan labelling negatif yang menghancurkan pertemanan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket labelling untuk memperoleh data tingkat pemahaman labelling negatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa dari kelas VII-D yang memiliki skor rendah dalam pemahaman labelling negatif. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic non-parametrik analisis uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Ï= 0.018 lebih kecil dari α= 0.05, berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi œbiblioterapi dapat meningkatkan pemahaman labelling negatif pada siswa kelas VII-D di SMP dapat diterima, sehingga adapat disimpulkan bahwa biblioterapi efektif untuk meningkatkan pemahaman labelling negatif pada siswa kelas VII-D di SMP.
Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik) 2 (1), 109-114, 2018