Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Ekonomi Pekerja Kuli Angkut (Manol) di UPT TPI Mayangan Kota Probolinggo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh etos kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut (manol) di UPT TPI Mayangan, untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut, untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut. Data etos kerja dan disiplin kerja didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 kuli angkut, sedangkan data peningkatan ekonomi di peroleh melalui wawancara kepada 30 kuli angkut. Data di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa etos kerja tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan ekonomi. Hasil pengujian lain menunjukkan tidak ada pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi. Begitu juga secara simultan etos kerja dan disiplin kerja tidak memiliki pengaruh pada peningkatan ekonomi kuli angkut di UPT TPI Mayangan.
Economic: Journal of Economic and Islamic Law 8 (4), 1-12, 2018
2018 Implementasi Total Quality Management pada Pendidikan Jarak Jauh
METODEPenelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan kajian literatur. Kajian utama literatur yang diambil merupakan kajian yang dibahas oleh Gazi, dkk dengan judul
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2), 167-176, 2018
2018 Wiranti Aprilinda Diyah Permata
Pengenalan kata merupakan bagian dari penguasaan bahasa, dalam aspek perkembangan bahasa tentang standar tingkat pencapaian perkembangan mengenal kata termasuk sebagai tingkat pencapaian mengungkapkan bahasa yang sangat penting dikembangkan karena penguasaan kata dapat memperluas wawasannya tentang berbagai macam hal baru. Kenyataannya, kondisi yang ada menunjukkan bahwa dari jumlah 47 anak di TK Pertiwi Jampes Pace Nganjuk pengenalan kata masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan bowling terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B di TK Pertiwi Jampes Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dan desain penelitian One-Group Pretest–Posttest. Sasaran dalam penelitian ini adalah 47 anak yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penggunaan modifikasi permainan bowling yang digunakan dalam pengenalan kata dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Materi yang digunakan pada saat pretest dan posttest serta perlakuan adalah menyusun huruf-huruf menjadi kata, menghubungkan kata yang memiliki arti, menyebutkan kata yang memiliki arti. Analisis data menggunakan statistik SPSS yang melalui beberapa tahap yaitu deskriptif, validitas reliabilitas memperolah hasil pretest r hitung> r tabel (0,287) dan hasil perolehan posttest r hitung> r tabel (0,287), uji normalitas memperoleh data Ha menolak Ho sehingga dinyatakan …
Jurnal Teratai Volume 7 (2), 2018
2018 Using multisensory on the ability to recognize letter sounds and forms of children
This study is aimed to know (1) The effect of multisensory on the ability to recognize the letter sounds of children aged 4-5 years?,(2) The effect of multisensory on the ability to recognize letter forms of children aged 4-5 years?,(3) The relationship of ability to recognize letter sounds and forms of children aged 4-5 years?,(4) simultaneous interaction between the use of multisensory on the ability to recognize letter sounds and forms of children aged 4-5 years? This study uses Quasi Experimental Design, with Nonequivalent Control Group Design. This design is similar to the pretest-posttest control group design where, the experimental group or the control group is not randomly selected. The error sampling was 5% with 78 children. The results can be concluded as follows; the students' ability to recognize letter sounds in the control group and experimental group is significantly different, where the obtained T test after treatment is-3.204 with sig value (probability) of 0.003 referring to average score of control group of 35.18 and group experiment of 41.58. The children's ability to recognize letter forms in the control group and experimental group show that the obtained T test after treatment was of-0.042 with sig value (probability) of 0,000 referring to the average score of the control group of 45.891 and experimental group of 50.63. The correlation between the ability to recognize letter sounds and forms in the control group is 0.905 and 0.826 in the experimental group, meaning that it has the strong correlation, where if children's ability to recognize letter sounds is good so ability to recognize letter forms is good as well. Therefore, it can be concluded that …
Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 7 (2), 111-116, 2018
2018 Pengembangan Permainan Domino Angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan prototype produk permainan domino angka yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun (kelompok A). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada 9 tahap yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi;(2) perencanaan;(3) pengembangan produk awal;(4) uji coba lapangan awal;(5) revisi produk utama;(6) uji coba lapangan utama;(7) revisi produk operasional;(8) uji coba lapangan operasional;(9) revisi produk akhir. Desain uji coba yang digunakan adalah Single
PAUD Teratai 7 (2), 1-8, 2018
2018 Modifikasi Permainan Engklek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Salah satu aspek perkembangan untuk anak usia dini yang sangat penting dikembangkan yaitu kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif terbagi menjadi tiga yaitu belajar dan memecahkan masalah, berfikir simbolik dan berfikir logis. Mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun dapat dilakukan dengan cara menunjukkan bentuk geometri, menyebutkan bentuk geometri dan mengklasifikasikan benda-benda berdasarkan bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi anak masih kurang dalam mengenal macam-macam bentuk geometri. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk menunjukkan bentuk persegi, namun anak menunjukkan bentuk persegi panjang. Semakin berkembangnya zaman permainan tradisional semakin ditinggal oleh generasi penerusnya karena di Indonesia semakin banyak penduduk sehingga lahan kosong semakin sempit. Dari hasil badan pusat statistika kabupaten sidoarjo pada tahun 2014-2016 bahwa jumlah pekarangan 2.057. 40 dibanding luas wilayah dengan jumlah 5.765. 40. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan engklek terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini menggunakan seluruh anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di TK Dharma Wanita Sugihwaras dengan jumlah 59 anak yang terdiri dari 34 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Indikator penilaian yang digunakan …
PAUD Teratai 7 (2), 1-9, 2018
2018 MENINGKATKAN DAYA BERFIKIR KREATIF PADA ANAK DI DESA MENTARAS KEC. DUKUN KAB. GRESIK
Laporan ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan program kerja kuliah kerja nyata yang kami lakukan di desa mentaras, kecamatan dukun, kabupaten gresik. laporan ini bertuuan untuk memudahkan pembaca memahami salah satu kegiatan yang kami adakan di desa mentaras, kecamata dukun. Kami mengadakan kegiatan meningkatkan daya berfikir kreatif pada anak berdasarkan beberapa permasalahan yang terdapat pada siswa-siswa sd/mi desa mentaras. Permasalahan yang muncul yaitu kurangnya jenis pembelajaran yang ada pada instansi pendidikan desa mentaras yang lebih dikenal dengan istilah monoton. Mereka juga belum menyadari perlunya memiliki pengetahuan dan keterampilan serta kepribadian yang sesuai dengan tuntutan keinginan mereka. Anak-anak sangat menyenangi belajar, seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya anak-anak dapat dan ingin belajar, dan lebih dari itu …
Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa 1 (1), 2018
2018 ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR REAL ESTATE TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) KABUPATEN BOJONEGORO
Kalau analisis pembangunan nasional di bandingkan dengan analisis pembangunan daerah, maka akan tampak bahwa analisis pembangunan ekonomi daerah sangat ketinggalan, baik di tinjau dari cakupan analisis maupun kedalamannya. Di samping itu, analisis regional yang ada bertitik tolak dari analisis permasalahan dan kebijaksanaan pembangunan daerah di negara maju, padahal struktur perekonomian negara-negara maju sangat berbeda dengan struktur perekonomian daerahnya. Perbedaan strukur ini mengakibatkan perlunya analisis dan cara pendekatan yang berbeda pula (Aziz, 1994: 55).Pembangunan daerah adalah suatu proses. Yaitu proses yang mencakup pembentukan intuisiintuisi baru, pembangunan industri-industri alternatif, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk masyarakat daerah. Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah harus secara bersama …
Universitas Bojonegoro, 2018
2018 Kajian Kitab Turath berbasis musyawarah dalam membentuk tipologi berpikir
Judul: Kajian Kitab Tura> th Berbasis Musyawarah Dalam Membentuk Tipologi Berpikir di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban Jawa Timur
UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018
2018 Dewan Redaksi
Kearifan lokal yang berkembang di masyarakat pedesaan bukan hanya sekedar kebudayaan yang dianggap primitif oleh masyarakat luas. Kearifan lokal juga memiliki kekuatan untuk menjaga keseimbangan alam dan mengelola sumberdaya alam dan lingkungan secara bijaksana. Dengan mengetahui bagaimana kearifan lokal, kita dapat mengetahui bagaimana mengelola dan melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan. Pemahaman ini menjadi landasan penting untuk mengelola sumberdaya alam dan lingkungan secara arif dan bijaksana. Seminar nasional ini mencoba untuk sedikit mengupas mengenai pentingnya kearifan lokal tersebut dalam pengelolaan sumberdaya lokal (SDM dan SDA) serta Peluang dan Tantangan Sumber Daya Lokal Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
SEMNASDAL (SEMINAR NASIONAL SUMBER DAYA LOKAL) 1 (1), 2018