Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2019 Profil Manajemen Penyelenggaraan Liga Futsal Asosiasi Futsal Kota Surabaya
Banyaknya ajang dan klub futsal yang semakin berkembang di Indonesia. Secara tidak langsung memacu serta mendorong masyarakat Indonesia untuk berfikir dan focus terhadap perkembangan Futsal. Keseriusan ini harus didasarkan dengan kematangan manajemen yang kuat dan terorganisir. Hal inilah yang mendorong Asosiasi Futsal Kota Surabaya untuk membentuk organisasi terstruktur dan terprogram sehingga dapat memiliki kesetaraan di bidang Futsal.
Jurnal Prestasi Olahraga 2 (1), 2019
2019 Manajemen Kualitas Latihan pada FIFA Badminton Club Sidoarjo
Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia, dan olahraga ini dapat dikategorikan sebagai olahraga prestasi. Untuk mencapai prestasi yang tinggi selain faktor manajemen ada faktor lain yang ikut menentukan keberhasilan atlet dalam mencapai prestasi yaitu faktor kualitas latihan yang meliputi fasilitas dan peralatan, kompetisi/pertandingan, pelatih, dan penerapan ilmu olahraga.
Jurnal Prestasi Olahraga 2 (1), 2019
2019 The Effect of Individual and Group Jump Rope Games on Physical Fittnes and Motivation
This study aims to examine the effect of indifdual jump rope games and grouop jump rope on physical fitness and student motivation on futsal extracurricular students in MTs NU Berbek Waru Sidoarjo. This Study uses a quantitative approach to quasy expereriment research and the design ued is matching only design. The subjects of this study were 33 students who will be pretested to determine the division of groups. 11 students as the experimental group I were given the treatment of jump rope games individually and thefollowing 11 students as the experimental group II were reated as a group of jump rope games and the remeaning 11 studentswere made as a control group. Data collection methods in this study used two research instruments, namely the TKJI test to measure physical fitness scores and the motivation levels. Data werw analyzed with descriptive statistics using the SPSS 22.0 program. Based on …
Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education …, 2019
2019 Analisis manajerial di Kelompok Bermain Cahaya Ananda Sedati Sidoarjo
Play Group is one of the non-formal education programs that provide services on education aimed at early childhood (0-6 years). The purpose of this study is to analyze the play group managerials through a management function which includes; planning, organizing, implementing, and monitoring. This study used a qualitative descriptive study. Subject of research is the founder and director of PAUD, principals and educators. Data collection using interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is the display of data, data reduction, and conclusion.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 3 (2), 1-11, 2019
2019 Pelatihan bertani sistem organik untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui pelatihan bertani organik untuk meningkatkan keterampilan (2) Mengetahui faktor pendukung pelatihan bertani organic (3) Mengetahui faktor penghambat pelatihan bertani organik. Masalahnya dampak pupuk kimia dan minimnya pengetahuan organic bagi masyarakat sehingga pengelola memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan pertanian organic. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi.
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 3 (1), 45-55, 2019
2019 PENINGKATAN ASERTIVITAS PADA REMAJA MELALUI PELATIHAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan asertivitas dalam meningkatkan kemampuan bersikap asertif pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 25 orang pada kelompok eksperimen dan 25 orang lainnya pada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan pre-test. Selanjutnya pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan berupa pelatihan asertivitas. Posttest diberikan pada kelompok eksprimen dan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen mendapatkan pelatihan. Kemampuan asertif diukur dengan menggunakan skala asertivitas. Analisis uji statistik menggunakan anava amatan ulangan. Hasil analisis statistik dengan anava amatan ulangan menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kemampuan bersikap asertif pada remaja, diterima. Kemampuan asertif remaja meningkat setelah diberikan pelatihan asertivitas.
Prosiding Seminar Nasional LP3M 1, 104-107, 2019
2019 Kearifan Lokal di Kabupaten Bangkalan: Sebuah Studi Literatur
Kondisi geografis dan berbagai perbedaan latar belakang etnis, bahasa, agama, dan ideologis Negara Indonesia sebagai Negara yang multikultural menyebabkan resiko terjadinya konflik di Indonesia cukup besar, bahkan fenomena akhir-akhir ini adanya radikalisme yang mulai masuk di semua lini masyarakat, hal ini diperkuat dengan adanya beberapa tradisi masyarakat setempat sebenarnya adalah akar kekerasan. Karena konflik yang terjadi kebanyakan lahir dari nilai budaya yang berbeda, maka pemecahan konflik yang dicari harus diambil dari nilai lokal yang ada. Kearifan lokal benar-benar dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perdamaian, apalagi, perdamaian dan pencegahan konflik akan lebih terasa ketika kearifan lokal didukung, difasilitasi, dan dibantu oleh peran negara dan pemerintah. Namun pada faktanya kearifan lokal masih belum terakomodasi sepenuhnya di dalam kurikulum pendidikan. Pada tahap awal penelitian ini dipelajari tentang Kearifan Lokal di Madura khususnya kabupaten Bangkalan dari segala aspekdalam studi lieratur.
Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) 1, 2019
2019 Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Pada Guru
Setiap individu yang merasa memiliki kepuasan dengan pekerjaannya akan memberikan kinerja yang optimal. Kondisi tesebut juga terjadi di dunia pendidikan sehingga kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh guru. Guru yang memiliki kepuasan dalam pekerjaannya akan berusaha memberikan kinerja terbaiknya. Dalam menumbuhkan rasa puas terhadap pekerjaan pada para guru maka dibutuhkan kondisi tempat kerja atau sekolah yang dapat mendukung optimalisasi kinerjanya. Kondisi tempat kerja yang kondusif tercermin dalam budaya yang ada
Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya 3 (2), 2019
2019 The Relationship Between Quality of Teacher Work Life and Turnover Intention
This study aims to determine the relationship between quality of work life and turnover intention of teachers. The subjects of this study were teachers who worked at one of the private vocational high schools. This research method uses quantitative methods. The research instrument used was the scale of quality of work life and turnover intention scale. Data analysis in this study uses product moment correlation. The results of this study indicate there is a relationship between quality of work life and turnover intention. The relationship between variables is negative, meaning the higher the quality of work life, the lower the turnover intention of the teachers.
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 347-349, 2019
2019 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Melalui Model Student Facilitator And Explaining Pada Kelas IV-A SDN Ngaglik 01
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan IPS pada materi Keragaman Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV-A SDN Ngaglik 01, Kota Batu menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu kelas IV-A SDN Ngaglik 01 Batu yang berjumlah 29 siswa. Data yang didapatkan berupa hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Keragaman Sumber Daya Alam di Tema 6. Penelitian ini menunjukkan Student Facilitator and Explaining meningkatkan hasil belajar siswa dari tahap pratindakan dengan rata-rata hasil belajar sebesar 61.24, pada siklus 1 sebesar 70.17 dan siklus 2 menjadi 81.72 …
Jurnal Basicedu 3 (1), 208-213, 2019