Publikasi S1 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2017 The application of an assertive practice technique with role playing to decrease conformity behavior
The results of observation and interview with a guidance and counseling teacher of the X Junior High School (X-JHS) showed that conformity behavior of students on this X-JHS was high. This behavior has been shown by some negative behavior such as fighting, cheating, smoking, and truancy. They did the negative actions since they follow what their friends had done. A research related to the impact of the application of an assertive practice technique with role playing to the behavior of those students need to be conducted. This research aims to investigate the application of the assertive practice technique with role playing to decrease conformity behavior to those JHS students. The type of research is a pre-experiment design with pre-test and post-test one group design. The subjects of the research are 6 students of those JHS students who have the highest conformity behavior scores. All subjects were doing …
Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 813-821, 2017
2017 Penerapan konseling kelompok behavior dengan teknik operant learning untuk mengurangi perilaku kebiasaan merokok pada siswa di sekolah SMP Ma’ arif gempol
Merokok dapat disebut sebagai suatu “kebiasaan”. Merokok adalah ketergantungan mengkonsumsi tanaman tembakau. Ketergantungan terhadap tembakau dapat diartikan sebagai suatu ketergatungan kebiasaan dalam mengkonsumsi tembakau secara terus menerus dalam keseharian individu tersebut, sebagai salah satu kebutuhannya. kebiasaan merokok dapat menyebabkan beberapa gangguan. Dalam jangka pendek, merokok dapat menyebabkan warna kekuningan pada gigi, kuku dan jari tangan, mulut dan keringat pun berbau tidak sedap, sehingga secara psikologis mengurangi rasa percaya diri, mengurangi hubungan dengan orang lain dan menjadi tidak tenang. Akibat jangka panjang adalah timbulnya berbagai macam masalah penyakit kronis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok behavior untuk mengurangi perilaku kebiasaan merokok pada siswa di sekolah SMP Maarif Gempol. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah self report, observasi, dan wawancara untuk mengetahui tingkat perilaku kebiasaan merokok siswa SMP Maarif Gempol. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa SMP Maarif Gempol, yang teridentifikasi memiliki skor perilaku kebiasaan merokok yang tinggi.
Fakultas ilmu pendidikan, Universitas negeri surabaya, 2017
2017 Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Puisi (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasipendidikan karakter nilai jujur, kerja keras, dan rasa ingin tahu pada pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 16 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dan sumber data berasal dari analisis RPP, observasi pembelajaran, dan pengamatan hasil wawancara. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling yang melakukan analisis data dengan pertimbangan tertentu. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini yaitu:(1) nilai karakter sudah tercantum dalam RPP yang dibuat;(2) Nilai Karakter Sudah diterapkan dalam Pembelajaran Menulis Puisi;(3) Nilai Karakter Jujur, Kerja keras, dan Rasa Ingin Tahu sudah diimplementasikan dengan baik pada proses pembelajaran.
BASASTRA 5 (2), 199-206, 2017
2017 Husna Setyani
This research was conducted in order to determine the implementation of Information Services in Junior high Schools throughout the district Padangan Bojonegoro. This study uses descriptive qualitative research method, to determine the source of the data was done by purposive sampling. The main subject of this research is counseling teachers which provide information services. Researchers carry out in the district of Padangan Bojonegoro to take three schools namely SMP A, SMP B, SMP C. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. In the test of the credibility of the data, researchers used triangulation techniques and triangulation of sources. Data analysis techniques used in this study is a theoretical model of substantive data reduction (reduction of data), the data display (presentation of data) and conclusion drawing/verification. The results of this study include: Planning which includes the identification of the needs of the subject, setting information material, define the subject of services, establish a resource, setting up procedures. Which includes organizing activities on the implementation of the service, to enable participants to service and optimize the use of methods and media. The evaluation includes evaluation materials define and establish evaluation procedures. Analysis of the results of the evaluation that includes analyzing and interpreting the results of the analysis. Follow-up which includes specifies the type and direction of follow-up and implement the action plan.
Jurnal BK Unesa Volume 7 (03), 2017
2017 Efectivity of Expressive Writing Technique to Increase The Emotional Anger Management to 10th Grade Electrical Engineering Student In State Vocational High School 1 Driyorejo …
The purpose of this study is to examine the efectivity of expressive writing techniques with journal therapy to increase the anger management of 10th grade Electrical Engineering Student In State Vocational High School 1 Driyorejo, Gresik, East Java. This type of research is a pre-experiment research with pre-test design post-test one group design. The measuring tool used in this study is a questionnaire of anger management consisting of 41 items. Based on the pre-test results obtained 5 students identified to have a low management of emotional anger score. Data analysis technique used is non parametric statistic by using Wilcoxon Test. Based on calculations that have been done can be known N= 5 and x= 0 (z), then obtained= 0.042 with the of 5%. Based on the calculation, the average pre-test average is 99.4 post-test average 124.4, and the difference between the average pre-test and the post-test average is 25. Thus Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that expressive writing techniques is efectiv to improve the anger management of 10th grade Electrical Engineering Student In State Vocational High School 1 Driyorejo, Gresik, East Java.
9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017 …, 2017
2017 Pengembangan Modifikasi Permainan Scrabble dalam Bimbingan Kelompok Untuk Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33Surabaya
Bedasarkan Hasil Studi Pendahuluan Yang Telah Dilakukan Oleh Peneliti Di SMPN 33 Surabaya, Terdapat Siswa Yang Membutuhkan Pemahaman Tentang Interaksi Sosial Dan Belum Adanya Media Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Interaksi Sosial. Guru BK Menyadari Bahwa Pemahaman Tentang Interaksi Sosial Sangat Penting Bagi Siswa, Namun Karena Keterbatasan Sumber Dan Media Dalam Pemberian Layanan Khususnya Layanan Bimbingan Kelompok Menjadikan Tidak Berjalan Dengan Maksimal. PenelitianIniBertujuanUntukMengembangkan Media Modifikasi Permainan Scrabble Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 33Surabaya. Produk Pengembangan Yang Dihasilkan Terdiri Dari Dua Jenis Yaitu Media Modifikasi Permainan Scrabble Dan Buku Panduan Modifikasi Permainan Scrabble Untuk Interaksi Sosial Siswa. Media Tersebut Dikembangkan Dengan Memenuhi Kriteria Akseptabilitas Yang Meliputi Kriteria Kegunaan, Kelayakan Ketepatan, Dan Kepatutan Dengan Menggunakan Model Penelitian Dan Pengembangan Borg &Gall (2003).
Jurnal BK UNESA 7 (3), 2017
2017 Social skills to improve social adjustments by peers
Teens involved in peer relationships are very strongfor finding their identity. Individuals who begin to enter their teens should be given help to address some problems to be faced. Teen issues in the context of the social adjustment also there are some points that need to be faced such as awareness in positioning itself on the social environment, establish good relationships within families, schools and communities, and to understand the values, norms, and rules that exist in social life. Lack of understanding of social adjustment in adolescence may lead to individuals experiencing barriers and problem in the Neighborhood. The purpose of research to describe social adjustment with the help of peers through social training. Teens need their full attention to peers to be able to face various problems. Hence the need for help and support from peers to affect teenagers or students who have a low level of social …
Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 263-269, 2017
2017 Keefektifan patrap triloka Ki Hadjar Dewantara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Pertama
RINGKASAN Hariastuti Retno T. 2017.Keefektifan Patrap Triloka Ki Hadjar Dewantara Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Johana E. Prawitasari Ph.D. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. (III) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci keterampilan berpikir kritis patrap triloka layanan bimbingan dan konseling Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi individu karena menunjang keberhasilan hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan bimbingan berpikir kritis berbasis patrap triloka Ki Hadjar Dewantara dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen two groups time series modification. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP di Surabaya dengan sampel dua kelompok dari dua sekolah. Tiap kelompok beranggotakan 8 orang. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengumpul data keterampilan berpikir kritis. Instrumen perlakuan berupa panduan bimbingan berbasis patrap triloka Ki Hadjar Dewantara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sebelum digunakan instrumen telah diuji oleh ahli materi ahli media dan pengguna (guru BK). Instrumen keterampilan berpikir kritis berupa tes objektif yang mengadopsi model WGCTA (Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal). Hasil uji validitas diperoleh 64 butir yang valid dengan reliabilitas 0 998. Tes keterampilan berpikir kritis yang telah valid dan …
Universitas Negeri Malang, 2017
2017 THE DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING SKILLS BASED OF PATRAP TRILOKA’S KI HADJAR DEWANTARA
International Journal of Development Research (IJDR) 7 (07), 13606-13611, 2017
2017 Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Pencegahan Bullying untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying yang terjadi pada siswa SMA. Masalah bullying yang didasari oleh perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang, perbedaan latar (senioritas), ekonomi, agama, gender, dan ras, serta faktor yang paling banyak mendukung terjadinya bullying ialah senioritas. Bullying terjadi dalam berbagai bentuk yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional, dan bullying elektronik. Meningkatnya jumlah siswa SMA yang melakukan bullying tidak diimbangi dengan pemberian layanan informasi yang sesuai oleh konselor sekolah. Maka dari itu perlu adanya informasi yang tepat serta dikemas dalam bentuk yang menarik sebagai salah satu bentuk informasi bagi siswa. Salah satunya adalah dengan penggunaan buku panduan.Pengembangan buku panduan keterampilan pencegahan bullying untuk siswa SMA merupakan suatu bentuk pengembangan media cetak yang berisi tentang petunjuk atau panduan guna mencegah bullying dengan menerapkan lima keterampilan, yaitu keterampilan mengelola emosi, keterampilan menumbuhkan empati, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berperilaku asertif, dan keterampilan meningkatkan kesadaran diri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tujuan penelitian ini adalah menyusun buku panduan yang memenuhi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Jurnal BK UNESA 7 (3), 2017