Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Research on Students in COVID-19 Pandemic Outbreaks: A Bibliometric Network Analysis.
Over a billion students worldwide have suffered from school closure since the beginning of COVID-19 due to confinement. Educational Researchers have been illustrating various issues in the form of thousands of publications which signifies a significant academic interest. This review aimed to portray the vast scientific landscape of COVID-19 and students' experience in the current research directions. As many as 2,055 Scopus-indexed articles released between 2020 and 2021 (online publications) were retrieved by PRIMA guideline to be reviewed. We performed Bibliometric network analysis using VOSviewer software to generate the articles authors' keywords mapping, temporal authors' keywords mapping, and country collaboration mapping. Researchers from the U.S., China and the U.K. led the overall published articles. Furthermore, the researchers found nine publications related to student mental health and medical education, which indicate a new trend. On the other hand, Latin American and
International Journal of Instruction 15 (1), 457-472, 2022
2022 The Identity Threat and Coping among the Followers of the Indigenous Javanese Religion
The present study was aimed at exploring how the adherents of an indigenous Javanese religion, known as Javanism or Kejawen, maintain their identity in the hegemonic Muslim identity. This study employed a qualitative case study. The participants were the leader and key members of a Javanese religious group in Mojokerto District, East Java, Indonesia. Data were collected using semi-structured interviews and analyzed using thematic analysis. The study found that most participants experience threats to their identity. They are perceived as being targeted and stigmatized since they are practicing mythic rituals and believing in superstition. They reported that they are labeled as obsolete, outdated, and even idolatrous. To cope with the identity threats, participants employ both intrapsychic and interpersonal strategies. The results indicate that the followers of the indigenous Javanese religion can efficaciously maintain their positive identity in response to the negative stigma imposed by the surrounding Muslim people.
Journal of Health and Behavioral Science 4 (2), 308-331, 2022
2022 Fanatisme Agama Dan Intoleransi Pada Pengguna Media Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengguna media sosial memaknai sikap fanatik kelompoknya dan intoleran terhadap kelompok lain dari sudut pandang mereka. Memahami sikap fanatik dan intoleransi dengan mengacu pada sudut pandang pelaku penting dilakukan agar dapat diungkap motivasi dan tujuan pelaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Enam pemilik akun media sosial instagram yang aktif dalam penyebaran isu bermuatan fanatisme agama dan intoleransi terlibat dalam penelitian ini. Mereka dipilih berdasarkan konsistesi dan keaslian postingan. Data diperoleh melalui wawancara semiterstruktur. Analisis data menggunakan teknik Interpretative Phenomenological Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi partisipan dalam penyebaran konten bermuatan fanatisme agama dan intoleransi adalah agar sikap keagamaannya diikuti orang lain. Mereka juga mamandang bahwa pemikiran keagamaan yang berbeda adalah sesuatu yang salah dan berusaha untuk membenarkan kesalahan tersebut. Partisipan memahami fanatisme adalah hal positif dalam menjalani sebuah praktik agama. Para partisipan juga memandang fanatisme sebagai bentuk rasa cinta dan ketaatan pada agamanya. Selain itu, para partisipan juga memaknai bahwa toleransi memiliki batasan, dan tidak bisa masuk dalam ranah agama. Toleransi hanya berlaku dalam ranah menjani kehidupan sebagai warga negara.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (3), 36-49, 2022
2022 Strategi Mengatasi Dampak Psikologis pada Perempuan yang Menikah Dini
Indonesia menempati peringkat kedua negara di kawasan Asia Tenggara setelah Kamboja dalam angka pernikahan dini yang tinggi. Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh lelaki dan perempuan yang belum memenuhi syarat minimal usia oleh pemerintah. Pernikahan dini dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi alasan menikah dini, dampak psikologis pernikahan dini, dan strategi mengatasi dampak psikologis tersebut pada remaja perempuan yang menikah pada usia dini dan saat ini sudah menginjak usia dewasa. Subjek penelitian adalah dua orang perempuan yang menikah dini pada usia 18 tahun dan saat ini telah memasuki usia dewasa awal. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semistruktur. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak psikologis yang dialami subjek seperti tertekan, gelisah, dan kecemasan. Strategi yang digunakan kedua subjek untuk mengurangi dampak psikologis yang dialami adalah komunikasikan dengan pasangan, pertimbangkan kapan meluapkan emosi dan kapan dipendam, serta beri waktu untuk diri sendiri dan pasangan.
Character J Penelit Psikol 9, 2022
2022 Development of Local Wisdom-Based
Childhood is an important period for development and an opportunity to learn and develop motor skills and physical fitness through Movement-based play. This research will develop a play tool,
International Journal of Current Educational Research 1 (2), 145-160, 2022
2022 UPAYA PENINGKATAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING NARAPIDANA NARKOBA MELALUI PELATIHAN MENTAL DI RUTAN KELAS II B
Mayoritas narapidana di Indonesia ialah narapidana narkoba. Penyalahgunaan narkoba yang menyasar pada berbagai kalangan pun sulit untuk dihentikan. Begitu pula pada mantan narapidana narkoba yang acap kali keluar masuk bui dengan kasus yang sama (residivis). Perilaku residivis ini dipicu oleh rendahnya kesejahteraan psikologis narapidana sehingga sebabkan suatu kondisi mental yang kurang sehat. Maka dari itu kami berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis narapidana narkoba dengan memberikan penyuluhan berbentuk Pelatihan Mental (Pelatihan Psychological Well-Being) pada narapidana narkoba di Rutan tersebut. Tujuan dari pelatihan ini selain meningkatkan kesejahteraan psikologis adalah untuk membantu mengurangi kecenderungan residivis di masa mendatang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan kuesioner. Sedangkan metode pelaksanaan yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan penugasan. Pelaksanaan program ini, berhasil memberikan dampak positif bagi kesejahteraan psikologis dan kondisi mental narapidana narkoba Rutan Kelas II B Bangkalan khususnya dalam menghadapi kehidupan setelah terbebas dari penjara.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2), 111-118, 2022
2022 Analisis Proses Pembelajaran Daring Interaktif dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini
Berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh mendikbud terkait kondisi pandemi virus Covid-19 kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring di TK pada umumnya dilakukan menggunakan platform online seperti Google Meet, Zoom Meetings, dan Whatsapp Group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring yang interaktif terhadap motivasi belajar anak usia dini khususnya pada usia 4-5 di TK Karunia Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah TK Karunia Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan kepala sekolah dan guru di TK Karunia Surabaya proses pembelajaran daring di TK Karunia Surabaya dikatakan interaktif karena proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan Zoom Meetings sehingga interaksi antara guru dan anak usia dini di TK Karunia Surabaya berjalan secara aktif meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia 4-5 tahun ketika pembelajaran daring kepala sekolah dan guru TK Karunia Surabaya memberikan dan mempersiapkan materi pembelajaran yang menarik, interaktif dan menerapkan sikap selalu tersenyum dan senang sehingga anak ikut merasa senang. Hal tersebut dapat menstimulasi rasa bersemangat dan menumbuhkan motivasi belajar pada anak usia dini ketika melakukan proses pembelajaran …
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8 (2), 187-198, 2022
2022 Pengembangan Media Bela Smart Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengenalan Siaga Bencana Banjir Pada Anak Usia Dini
Negara Indonesia adalah negara yang berpotensi terjadinya banjir setiap tahun. Salah satu daerah rawan terjadinya banjir ialah Kabupaten Gresik akibat meluapnya sungai lamong. Anak-anak merupakan anggota masyarakat yang rentan menjadi korban karena keterbatasan pengetahuan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media berbasis android yang diberi nama Bela Smart. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development atau RnD dengan model pengembangan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ialah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 20 anak di TK Dharma Wanita Persatuan Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Kelayakan media didapat dari ahli materi dengan persentase 92, 5%, ahli media dengan persentase 85%, respon pengguna guru 95, 8%, dan hasil wawancara anak dengan persentase 100%, maka dari hasil penilaian kelayakan media Bela Smart dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pengenalan siaga bencana banjir. Hasil uji efektivitas menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. sig (2-tailed) bernilai 0,000 lebih< 0, 05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa penggunaan media Bela Smart memiliki pengaruh signifikan dan efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siaga bencana banjir anak usia 5-6 tahun.
Jurnal Pendidikan Anak 8 (2), 126-143, 2022
2022 HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN BALITA STUNTING USIA 2-4 TAHUN
Balita merupakan individu yang sangat rentan mengalami masalah gizi pada proses tumbuh kembangnya, salah satunya stunting. Stunting dikenal sebagai kondisi gagal tumbuh pada anak usia balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan faktor multidimensi seperti praktik pengasuhan gizi yang kurang baik, termasuk kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan balita stunting usia 2-4 tahun di desa Kepuhkiriman kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Besaran populasi dalam penelitan ini adalah 179 orang dan sampel yang digunakan adalah 54 ibu yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas dengan= 0, 05 yakni nilai p (0,176 0, 05), uji linearitas dengan nilai signifikansi 0,000 dari 0, 05, uji korelasi dengan nilai koefisien korelasi 0,632. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa balita yang mengalami stunting berjumlah 4 dengan presentase 7, 4% dan balita yang tidak mengalami stunting berjumlah 50 dengan presentase 92, 6%. 1 diantara 4 balita yang mengalami stunting dari ibu yang berpengetahuan kurang dan 3 diantara 4 balita yang mengalami stunting dari ibu yang berpengetahuan cukup baik.
EARLY CHILDHOOD: JURNAL PENDIDIKAN 6 (2), 12-30, 2022
2022 The development of water tube media nature theme to improve soft skills and early childhood language
The purpose of the research is to analyze the feasibility and effectiveness of the Water Tube Media have developed soft motor skills and early childhood language in group A Bina Prestasi Surabaya Kindergarten. The research uses the Dick & Carey research and development model. The result of the research is water tube media products to develop soft motoric skills and early childhood language. The development of the media includes material is the introduction about water characteristics. The study was conducted in class A1 at TK Bina Prestasi Surabaya. Based on the formative test to experts and children obtained qualitative and quantitative data, qualitative data are suggestions from experts and quantitative data in the form of a percentage of child observation sheets. From the percentage of assessment of formative tests experts and also children, the water tube media is feasible and effective to be used in learning to develop soft skills and early childhood language.
International Journal for Educational and Vocational Studies 4 (1), 30-34, 2022