Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2019 A technological gap? The perceptions-attitudes of educators and learners about social media in learning
This study describes educators' attitudes about the utilization of social media as an alternative medium of learning; and student perceptions of social media utilization for learning. The method used in this research is quantitative-descriptive. Research respondents are educators and learners at Senior High School Malang. The results stated that the educators and learners' perceptions of social media utilization in the category of'medium'are aware of and receive social media as an alternative medium of learning.
Proceeding the International Conference on Education Innovation 3 (1), 68-74, 2019
2019 Front Matter (Cover, Editorial Board, Table of Content)
Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah diketik di atas kertas HVS A4 spasi tunggal sepanjang lebih kurang 16 halaman, dengan format seperti yang tercantum pada halaman belakang (“Petunjuk bagi calon Penulis JDMP”). Naskah yang masuk dievaluasi dan sunting untuk keseragaman format, istilah, dan tata cara lainya.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3 (2), 2019
2019 Back Matter (Biography, Author Guideline)
Ringkas maksimal 150 kata untuk abstrak Bahasa Inggris, 1 paragraf, berisi latarbelakang, tujuan, metode, hasil, kesimpulan. style _ABSTRACT
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3 (2), 2019
2019 The Role of Higher Education Leaders to Engage Research
This study seeks to explore the role of the leadership of the college in cultivating research using a qualitative approach. The data collection methods used are interviews, observations, and document studies. Data analysis used is data condensation, data display, and data verification, while the validity test of the data used is the triangulation of source and engineering, and the member check. Results of this study showed that the role of the university leader in the study of research can be done by providing fund support, spreading research information, giving motivation, appropriate policy retrieval related With lecturer research activities, establishing cooperation, facilitating the civitas in research, and through a humanistic approach. The role was implemented so that the lecturers especially the lecturer could familiarize themselves with the research culture.
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 130-133, 2019
2019 Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Ekonomi Pekerja Kuli Aangkut (Manol) di UPT TPI Mayangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh etos kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut (manol) di UPT TPI Mayangan 2) untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut 3) untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi kuli angkut. Data etos kerja dan disiplin kerja didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 kuli angkut, sedangkan data peningkatan ekonomi di peroleh melalui wawancara kepada 30 kuli angkut. Data di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa etos kerja tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan ekonomi. Hasil pengujian lain menunjukkan tidak ada pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan ekonomi. Begitu juga secara simultan etos kerja dan disiplin kerja tidak memiliki pengaruh pada peningkatan ekonomi kuli angkut di UPT TPI Mayangan.
BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal 16 (2), 2019
2019 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan prototype produk permainan domino angka yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research & development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 9 tahap. Desain uji coba yang digunakan adalah Single One Shot Case Study dan One Group Pretest PosttestDesign. Subjek uji coba penelitian adalah anak usia 4–5 tahun pada 6 TK di kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa desain prototype permainan domino angka yang dapat mengembangkan lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Hasil uji coba lapangan operasional diperoleh hasil penilaian yaitu mendapatkan kategori gain tinggi yaitu rata-rata 0.84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan domino angka sangat layak dan efektif digunakan untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 578-584, 2019
2019 Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Modifikasi Terhadap Aspek Perkembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun
Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, membagi, memperbanyak dan sebagainya. Kemampuan berhitung dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional, yakni permainan tradisional ular naga. Permainan tradisional ular naga modifikasi yang digunakan yaitu dengan cara anak mengambil 2 kartu dan menjumlahkan angka dan jumlah gambar yang ada dikartu tersebut. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional ular naga modifikasi terhadap perkembangan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental design atau eksperimen kuasidengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 75 anak terdiri dari kelompok B RA Aisiyah Bustanul Atfal Karanggeneng Lamongan dengan jumlah 31 anak, dan kelompok B TK Muslimat Al-Muhajirin Karanggeneng Lamongan dengan jumlah 44. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan analisis data statistik SPSS 23.0. pada uji validitas pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig,< 0, 05, sehingga butir-butir indikator dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach alpha> dari 0, 60 sehingga disimpulkan bahwa butir-butir indikator bersifat reliabel. Pada uji normalitas diperoleh nilai Sig. data post-test kontrol dan post-test eksperimen< 0, 05 sehingga diputuskan untuk menolak Ho. Sehingga disimpulkan bahwa data tidak …
PAUD Teratai 8 (1), 1-7, 2019
2019 Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan prototype media kartu angka bergambar yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun (kelompok A). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada 9 tahap yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi;(2) perencanaan;(3) pengembangan produk awal;(4) uji coba lapangan awal;(5) revisi produk utama;(6) uji coba lapangan utama;(7) revisi produk operasional;(8) uji coba lapangan operasional;(9) revisi produk akhir. Desain uji coba yang digunakan adalah Single One Shot Case Study dan One Group Pretest Posttest Design. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak kelompok A RA Al-Hidayah Sawotratap berjumlah 11 anak, RA Khoirul Huda Pabean berjumlah 15 anak, RA LPII Sawotratap berjumlah 16 anak, PG RA Sinar Ilmu Sawotratap berjumlah 18 anak, TK Darul Ulum Surabaya berjumlah 18 anak, TK Dharma Wanita Persatuan Pabean II berjumlah 17 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan desain prototype produk, lembar observasi, lembar validasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa desain prototype media kartu angka bergambar untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Hasil uji coba lapangan awal dinyatakan bahwa media kartu angka bergambar sudah layak digunakan dan mendapatkan …
Jurnal PAUD Teratai Vol 8 (2), 2019
2019 Study of Domino Number Game Development for Early Children’s Ability to Recognize Numbers
This study aims to develop and produce feasible and effective numerical domino game prototype used as learning to recognize symbols of number 1-10 for children aged 4-5 years. The design of study is research and development research adapted from Borg & Gall research and development using Single one shot case study and One Pretest-Posttest Design Group. But the writers used only 9 steps. The subject in this study are Group A children aged 4-5 years in 6 kindergartens in Duduk sampeyan Subdistrict, Gresik District. Data were analyzed using descriptive quantitative. The results of this developmental research are numerical domino game prototype to develop 4-5 years old childrens ability to recognize number 1-10. The operational field testing stage shows The average score is 0.84, categorized as high. Therefore, it can be concluded that the numeric domino game is feasible and effective game used as …
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 578-584, 2019
2019 ANALISIS EFEKTIVITAS KELOMPOK TANI SUMBER JAYA JINANGKAH DI DESA TEJA TIMUR KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN
Kelompok tani sebagai kelembagaan petani berfungsi sebagai kelas belajar-mengajar, wahana kerjasama, dan unit produksi. Dengan mengetahui pentingnya fungsi kelompok tani maka kelompok tani sumber jaya jinangkah di Desa Teja Timur sebagai salah kelembagaan tani perlu diberdayakan agar kelompok tani sumber jaya jinangkah di Desa Teja Timur menjadi mandiri, tangguh, dan dapat menjalin mitra usaha dengan pihak lain serta adanya keefektifan dalam kelompok tani hamparan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kelompok tani sumber jaya jinangkah di Desa Teja Timur, tingkat efektivitas kelompok tani sumber jaya jinangkah di Desa Teja Timur, dan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kelompok tani dengan efektivitas kelompok tani sumber jaya jinangkah di Desa Teja Timur.
SEMNASDAL (SEMINAR NASIONAL SUMBER DAYA LOKAL) 2 (1), 136-145, 2019