Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Social Media on Narcissism and Self-Esteem
This study to discover how narcissism can affect posting behavior on SNS among young adults and how self-esteem can affect posting behavior on SNS among young adults in Banda Aceh. The instrument used for the pilot study was found to be multi-dimensional. Therefore, ANOVA method was selected as an appropriate statistical procedure for the assessment of the internal reliability of the pilot study instrument. It was thus determined that if the final instrument adopted proved to be multidimensional, the Hoyt-Stunkard ANOVA would also be applied to their sponges to the instrument. The Hoyt-Stunkard method was developed for use in determining internal consistency for unrestricted scoring items. Thus, it is appropriate to use this method for non-summated Likert scale scores. The current study revealed self-esteem could be effect to posting behavior but not significantly. Self-esteem and social influence could …
Proceeding the International Conference on Education Innovation 2 (1), 20-24, 2018
2018 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis diproyeksikan untuk meningkatkan pemikiran kritis dan kreativitas siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas B pada semester III di PG PAUD Unesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemikiran kritis dan kreatif oleh siswa dalam kelompok B pada semester III di PG PAUD Unesa..
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1), 66-72, 2018
2018 Pengaruh Permainan Congklak Berkartu Bilangan terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Konsep Banyak dan Sedikit pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Pembelajaran kognitif di Taman Kanak-kanak dapat dilaksanakan dengan permainan yang menyenangkan. Salah satu permainan yang dapat merangsang perkembangan berfikir anak adalah permainan congklak berkartu bilangan. Rumusan masalah penelitian ini:(1) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia Taman Kanakkanak?,(2) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit pada anak usia Taman Kanakkanak?,(3) Apakah permainan congklak berkartu bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit pada anak usia Taman Kanak-kanak? Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh permainan congklak berkartu bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit pada anak usia taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang akan menguji hipotesis. Pada kelompok eksperimen diberikan pengaruh atau treatment yaitu permainan congklak berkartu bilangan. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, satu variabel bebas (permainan congklak berkartu bilangan) dan dua variabel terikat (konsep bilangan dan konsep banyak dan sedikit). Penelitian ini dilaksanakan pada empat TK, yaitu dua TK untuk kelompok eksperimen dan dua TK untuk kelompok kontrol. Sebelum peneliti memberikan perlakuan permainan congklak berkartu bilangan, peneliti membuat instrumen yang diberikan kepada dua kelompok tersebut agar dapat diketahui tingkat validitas dan …
Early Childhood Education Journal of Indonesia 1 (1), 1-9, 2018
2018 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELOMPAT MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI BALON PADA ANAK KELOMPOK A TK PANCAMURNI I KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatan kemampuan melompat anak melalui permainan modifikasi balon pada anak kelompok A TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 68, 75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87, 50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 65, 63% meningkat menjadi 87, 50% pada siklus II. Nilai rata-rata Kemampuan melompat siklus I sebesar 60, 00% dan pada siklus II meningkat menjadi 80, 00%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan melompat melalui permainan modifikasi balonpada anak kelompok A TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk. Kata kunci: Permainan Modifikasi Balon, motorik kasar
OJS Unesa 7 (Pendidikan), 2018
2018 Pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto
Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Tribuana Sooko Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan menggunakan tabel penolong wilcoxson match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel= 52, yang berarti Thitung< Ttabel (0< 52). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto.
Jurnal Teratai 7 (2), 2018
2018 Pengaruh Permainan Boy-boyan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun
Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dengan permainan boy-boyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental one group pretest posttest design dan data dikumpulkan dengan menggunakan observasi non-participant. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Karomah Surabaya dengan jumlah 40 anak. Dari 40 anak tersebut menggunakan sampel penelitian dengan taraf signifikansi kesalahan melalui tabel Krecjie menjadi 36 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan SOP langkah-langkah penelitian, lembar observasi atau pengamatan yang berbentuk check list, lembar validasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensia dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian ini berupa permainan boy-boyan yang mempengaruhi kemampuan fisik mototik anak usia 5-6 tahun. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi yang memberikan saran pada lembar validasi, lembar observasi, dan permainan boy-boyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai setelah perlakuan (posttest) yang lebih baik jika dibandingkan dengan nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada setiap data pretest dan posttest menunjukkan untuk nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) 2,102 sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3,065. Nilai median sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3. Nilai modus sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3. Nilai …
Jurnal PAUD Teratai 7 (2), 1-8, 2018
2018 Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya
Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro dengan adanya implementasi media boneka jari. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Kosgoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/simpulan. Hasil penelitian implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro menunjukkan bahwa anak lebih aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama kegiatan berbicara dengan media boneka jari. Guru lebih mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media boneka jari sebagai penunjang dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua anak sudah berkembang kemampuan berbicaranya dan hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan guru dalam berbicara ketika bercerita.
Jurnal PAUD Teratai 7 (01), 1-5, 2018
2018 Using multisensory on the ability to recognize letter sounds and forms of children
This study is aimed to know (1) The effect of multisensory on the ability to recognize the letter sounds of children aged 4-5 years?,(2) The effect of multisensory on the ability to recognize letter forms of children aged 4-5 years?,(3) The relationship of ability to recognize letter sounds and forms of children aged 4-5 years?,(4) simultaneous interaction between the use of multisensory on the ability to recognize letter sounds and forms of children aged 4-5 years? This study uses Quasi Experimental Design, with Nonequivalent Control Group Design. This design is similar to the pretest-posttest control group design where, the experimental group or the control group is not randomly selected. The error sampling was 5% with 78 children. The results can be concluded as follows; the students' ability to recognize letter sounds in the control group and experimental group is significantly different, where the obtained T test after treatment is-3.204 with sig value (probability) of 0.003 referring to average score of control group of 35.18 and group experiment of 41.58. The children's ability to recognize letter forms in the control group and experimental group show that the obtained T test after treatment was of-0.042 with sig value (probability) of 0,000 referring to the average score of the control group of 45.891 and experimental group of 50.63. The correlation between the ability to recognize letter sounds and forms in the control group is 0.905 and 0.826 in the experimental group, meaning that it has the strong correlation, where if children's ability to recognize letter sounds is good so ability to recognize letter forms is good as well. Therefore, it can be concluded that …
Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 7 (2), 111-116, 2018
2018 The influence of storytelling method on children language development
This study aimed to analyze the influence of storytelling through picture card on expressive language development of children aged 5 to 6 years. This study used a quantitative approach method. The independent variable was telling story method through picture card while the dependent variable was expressive language development. The sample was group B students of some kindergartens. Data were collected using observation and analyzed using one-way ANOVA. The results showed that storytelling method through image card influenced the children's expressive language in East Java. It is suggested that early childhood teachers can utilize visualization media that can attract the students' attention using storytelling through picture card which is interesting, funny and can make children laugh.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 283-286, 2018
2018 The school readiness instrument (SRI): assessment of early childhood in the neuroscience perspective
This study aims to develop the School Readiness Instrument (SRI) using a neuroscience perspective to measure the readiness of the child to the primary school designed to make it easier for teachers and parents to assess child development through their daily performance observations. The method used is following the ADDIE model design with the subject of 50 children aged 5-6 years. Preliminary analysis demonstrates the need for three domains: motor development, cognitive and language, and self-regulation for learning readiness. The results of validity reveal changes to five more detailed SRI domains: motor development, cognitive and language, social development, emotional maturity, and learning involvement. Trials were conducted in two groups with high and low development outcomes. Interrater reliability shows consistency between two observers. From these results indicate that SRI is an appropriate instrument to be used as a measure of early childhood school readiness.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 512-516, 2018