Publikasi S2 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik
Kepemimpinan instruksional sangat strategis digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Gaya kepemimpinan ini berorientasi pada kepemimpinan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kebijakan kepemimpinan instruksional menjadi parameter sekolah dalam meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah: mengetahui dan menganalisis pengaruh model kepemimpinan instruksional, peningkatan Keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dengan menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Hasil penelitian ini adalah:(1) ada pengaruh model kepemimpinan instruksional terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik;(2) ada pengaruh model kepemimpinan instruksional terhadap hasil belajar peserta didik; dan (3) ada pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional efektif meningkatkan kualitas pembelajaran.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (2), 2021
2021 Pengembangan BAM Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Online
Menanggapi perkembangan virus Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, dan Universitas Negeri Surabaya menerbitkan surat yang berkaitan dengan pembelajaran daring di rumah. Agar kegiatan pembelajaran daring berjalan lancar, maka perlu dikembangkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran daring, salah satunya dalam bentuk Buku Ajar Mahasiswa (BAM). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, BAM memiliki peran signifikan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pembelajaran daring. Pengembangan BAM dilaksanakan pada Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan dengan menggunakan metode ADD (Analysis, Design, and Development). Pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan platform Google Classroom. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, pengembangan buku ajar mahasiswa ini dikembangkan berdasarkan 4 aspek, yaitu aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian materi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikaan. Pengembangan buku ajar ini divalidasi oleh 2 ahli, yaitu ahli konten dan ahli kebahasaan. Berdasarkan hasil validasi, buku ajar yang dikembangkan ini memperoleh nilai 86, 5 dengan kriteria penilaian sangat baik, sehingga layak untuk dijadikan bahan ajar bagi mahasiswa pada Matakuliah Analisis Kebijakan Pendidikan.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (2), 96-103, 2021
2021 Competitive Advantage Strategy Development at SDIT At Taqwa Surabaya
This study aims to produce a competitive advantage strategy product at the Integrated Islamic Elementary School of At Taqwa Surabaya by looking at the feasibility, practicality and effectiveness of the strategy. The approach and type of research used is development research with a descriptive quantitative approach. The data obtained in this research and development comes from the results of interviews, observations, documentation, and questionnaires filled out by expert validators and subjects who have been selected into a small group involved in the study. Data analysis was carried out by:(1) validity data analysis,(2) practicality data analysis,(3) effectiveness data analysis. This research and development resulted in a product in the form of compiling a model for developing a competitive advantage strategy at SDIT At Taqwa Surabaya that was valid, practical, and effective. The product consists of several components which include:(1) title page,(2) introduction,(3) introduction,(4) steps for implementing a competitive advantage strategy development model that must be carried out by the Principal, Deputy Principal, Field Coordinator, and Homeroom Teacher. The feasibility of the product in the form of compiling a competitive advantage strategy development model at SDIT At Taqwa Surabaya obtained the following values:(1) validity of 3.3 from a maximum value of 4,(2) practicality of 2.87 from a maximum value of 4, and (3) effectiveness of 2.71 of the maximum value of 4.
International Journal for Educational and Vocational Studies 3 (3), 221-226, 2021
2021 Implementasi Kebijakan Program Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) di MINU Trate Putri Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan program Lesson Study, hal-hal yang menunjang dan yang menjadi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan program Lesson Study, solusi pemecahan atas kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui dampak/hasil dalam mengimplementasikan kebijakan program Lesson Study di MINU Trate Putri Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif, teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan berdasarkan empat komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dalam pengimplementasian kebijakan program Lesson Study yaitu semua kegiatan dilakukan sesuai dengan kriteria dari Kementerian Pendidikan. Dampak dari implementasi program Lesson Study Berbasis Sekolah ini meliputi adanya perubahan paradigma para guru dalam proses pembelajaran yang lebih terbuka, kreatif dan kolaboratif serta semakin bertambahnya prestasi yang telah diraih oleh siswa, guru maupun sekolah secara umum.
Jurnal Paedagogy 8 (3), 296-303, 2021
2021 Manajemen Pembiayaan Bantuan Operasional Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya
In the Indonesian education world system, education financing is a strategic element that will determine the attainment of the stated educational goals for registration. In other words, the quality of education practice in Indonesia is strongly influenced by the share of education financing. Because education cannot be separated from the use of funds or expenditures in the provision of education, educational institutions must prioritize the management of these costs so that they can be allocated according to their registration. This research is a qualitative descriptive study, using observation and interview methods, the data obtained to describe the process of allocating, monitoring, and evaluating education funds provided by the School Operational Assistance for the Ministry of Religion Surabaya Office to be distributed to madrasas in Surabaya. The results of this study indicate that the management of school operational assistance funding in the Ministry of Religion Office environment starting from the distribution of funding for school operational assistance funds at madrasah has been implemented as technical guidelines have been made, which in distribution must go through several stages such as making madrasah activity plans, making letters. a cooperation agreement, each distribution is carried out in two stages. Supervision of the financing of school operational assistance funds is carried out in direct and indirect ways, direct supervision is carried out to observe, inspect, check directly on work and receive reports of realization or supervision. Indirect supervision is carried out by looking at and checking again from the accountability report that has …
Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (3), 2021
2021 The effect of instructional leadership on student’s active and learning outcomes
Instructional leadership is strategically used to improve the quality of learning. This leadership style is leadership oriented to improve the quality of learning. Instructional leadership policy becomes the parameter of the school in improving the quality of learners' learning outcomes. The purpose of the study was: to know and analyze the influence of instructional leadership models on improving learning activity on student learning outcomes. This research uses the quantitative research method. Data collection using research instruments by disseminating questionnaires using google form. The results of this study are:(1) there is an influence of the instructional leadership model on improving the activeness of learners' learning,(2) there is an influence of the instructional leadership model on learners' learning outcomes, and (3) there is an influence of instructional leadership on improving the activeness of learning and learning outcomes of learners. It can be concluded that instructional leadership is effective in improving the quality of learning.
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 9 (1), 42-48, 2021
2021 The Improvement of Teachers’ Professional Competency Through Hots-Based Training
This study aims to analyze the difference in the average learning outcomes between pre-test and post-test, analyze the effect of HOTS training on teacher professional competence. This research method is quasi-experimental using a quantitative approach. The research sample was 35 elementary school teachers. Data collection in this study using the test method. The design used was one group pre-test post-test design which was analyzed using paired t-test. Hypothesis test results show that there is a difference in the average learning outcomes between the pre-test and post-test, there is a significant effect of HOTS training on the professional competence of teachers. There are still many variables that can be explored to further optimize the formation of policy framework models and theoretical frameworks to improve teacher professional competence.
JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10 (1), 145-151, 2021
2021 Kepemimpinan Partisipatif, Budaya Sekolah serta Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kompetensi pedagogik guru, 2) menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, dan 3) menganalisis pengaruh kepemimpinan partisipatif dan budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier dan regresi berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap kompetensi pedagogik guru 2) terdapat pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dan budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif, dan budaya sekolah sama-sama mempengaruhi kompetensi pedagogik. Terdapat banyak variabel yang bisa dieksplorasi agar mendapatkan model kerangka kebijakan dan kerangka teoritis dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (2), 2021
2021 Kurikulum Integrasi: Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak
Kurikulum memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan tujuan dari tiap-tiap komponen pendidikan. Pengembangan kurikulum secara dinamis perlu dilakukan guna menyikapi perubahan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu kurikulum integrasi hadir sebagai bentuk pengembangan kurikulum yang memadukan antara kurikulum nasional dengan kurikulum yang dimiliki oleh sekolah. Pengembangan kurikulum integrasi tersebut sangat baik diterapkan pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) guna menyeimbangkan kompentensi pengetahuan, keterampilan, dan karakter anak.
Lembaran Ilmu Kependidikan 50 (1), 1-10, 2021
2021 Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi
Masalah disiplin dalam mentaati aturan sekolah, prilaku moncontek pada saat melaksanakan tes, budaya belajar dan membaca yang rendah, serta budaya kompetesi antar siswa yang juga dirasakan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk budaya sekolah berprestasi, proses penanaman nilai dan etos berprestasi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai dan etos berprestasi pada peserta didik dilakukan melalui kegiatan orientasi sekolah, proses pembelajaran, evaluasi belajar, ekstrakurikuler, penghargaan prestasi, kecintaan terhadap almamater, keteladanan guru, kerjasama dengan orangtua peserta didik dan seragam patriot sebagai media penanaman budaya berprestasi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi peserta didik dalam meningkatkan nilai dan etos berprestasinya.
Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (2), 312-319, 2021