Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2019 | PENGARUH PENGGUNAAN “UTALOMA” DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKAANAK KELOMPOK B DI RA MAMBA’UL HISAN WIYUNG SURABAYA | Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi berperanserta dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya yang berjumlah 36 anak. Sebagai kelompok eksperimen yaitu 18 anak, dan kelompok control 18 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan Mann Whitney U-test. Hasil analisis data menggunakan perhitungan Mann Whitney U-test. Dengan taraf signifikansi 0, 05 dari banyaknya sampel n1= 18 dan n2= 18 diperoleh harga Utabel= 88. Hasil Uhitung= 31,500 lebih besar dari Utabel= 88 (31,500< 88), dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan “Utaloma” terhadap kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B di RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya. |
Jurnal PAUD, 1-6, 2019 | |
2019 | Pengaruh Media Bontasi (Boneka Tiga Dimensi) Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya | Keterampilan berbicara anak yang perlu dikembangkan adalah menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengar, menceritakan kembali cerita yang telah didengar dan mengutarakan pendapat tentang pesan yang dapat diambil dari cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media bontasi (boneka tiga dimensi) terhadap keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan berjumlah 13 anak. Data dianalisis dengan menggunakan tabel penolong Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil hasil pretest nilai rata-rata diperoleh sebesar 7 dan hasil posttest dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 10. Dibuktikan hasil analisis data menunjukkan bahwa T_hitung= 0 sedangkan T_tabel dengan jumlah anak 13 anak dengan taraf signifikan 5% maka T_tabel= 17 dari angka tersebut maka diperoleh angka 17 dari tabel penolong uji T Wilcoxon, yang berarti T_hitung< T_tabel yakni 0< 17. Maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media bontasi (boneka tiga dimensi) terhadap keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya dalam menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, menceritakan kembali cerita dan mengutarakan pendapat sesuai dengan isi cerita. |
Jurnal Paud Teratai Unesa 1 (1), 1-7, 2019 | |
2019 | Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet Pada Anak Kelompok B | __________________________________________________________ Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak TK kelompok B melalui bercerita berbantu media finger puppet di TK Negeri Pembina Merauke. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Model penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Merauke, sejumlah 26 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara (lisan), observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kemampuan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 26 jumlah anak telah mencapai indikator kemampuan berbicara pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Kegiatan bercerita berbantu media finger puppet dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Merauke. Hal ini ditunjukkan dari presentase kemampuan berbicara pada siklus I meningkat sebesar 35% dari kondisi awal 38% meningkat menjadi 73%. Kemampuan berbicara pada siklus II meningkat sebesar 12% dari siklus I 73% meningkat menjadi 85%. |
Musamus Journal of Primary Education (October 17, 2019), 32-37, 2019 | |
2019 | Study of Domino Number Game Development for Early Children’s Ability to Recognize Numbers | This study aims to develop and produce feasible and effective numerical domino game prototype used as learning to recognize symbols of number 1-10 for children aged 4-5 years. The design of study is research and development research adapted from Borg & Gall research and development using Single one shot case study and One Pretest-Posttest Design Group. But the writers used only 9 steps. The subject in this study are Group A children aged 4-5 years in 6 kindergartens in Duduk sampeyan Subdistrict, Gresik District. Data were analyzed using descriptive quantitative. The results of this developmental research are numerical domino game prototype to develop 4-5 years old childrens ability to recognize number 1-10. The operational field testing stage shows The average score is 0.84, categorized as high. Therefore, it can be concluded that the numeric domino game is feasible and effective game used as … |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 578-584, 2019 | |
2019 | Pengaruh Teknik Modifikasi Fading Terhadap Kemampuan Keaksaraan Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo | Kemampuan keaksaraan termasuk dalam aspek perkembangan bahasa. Kemampuan keaksaraan harus dimiliki anak agar kemampuan membaca dan menulis dapat dikuasai anak di kemudian hari. Pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kedungpandan dan TK Dharma Wanita Persatuan Semambung ditemukan bahwa kemampuan keaksaraan anak masih kurang dalam hal menulis huruf. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hal ini adalah teknik modifikasi fading. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik modifikasi fading terhadap kemampuan keaksaraan pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design.Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 30 anak anak kelompok A yang terdiri dari 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Kedungpandan dan 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Semambung Jabon Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan uji Mann Whitney yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 maka didapatkan hasil Asymp. Sig.(2-tailed) menunjukkan nilai 0,011 kurang dari 0, 05 atau 0,011< 0, 05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan keaksaraan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki selisih nilai pre-test dan post-test lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik … |
Jurnal UNESA, 2019 | |
2019 | Pengaruh Permainan “Lola Kena” Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo | Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh permainan “lola kena” terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo yang dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan motorik kasar anak dalam aspek keseimbangan, kelenturan dan kelincahan. Subyek penelitian berjumlah 47 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametik yaitu Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2 tailed) yaitu sebesar 0,000, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi atau Asymp. Sig (2 tailed) 0,000 lebih kecil dari 0, 05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi antara rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh “lola kena” terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo. |
PAUD Teratai 8 (2), 1-6, 2019 | |
2019 | Effects Concentration, Arm Muscle Strength, And Wrist Flexibility On The Accuracy Of Forehand Drives And Backhand Drives | This study aims to prove the direct and indirect effects of psychological and physical factors, namely concentration, arm muscle strength, and wrist flexibility on the accuracy of the forehand drive and backhand drive in school tennis extracurricular activities. This study uses quantitative research with non-experimental design research, using correlational methods. The subjects of this study were 12-15 year old students totaling twenty eight students. Data were analyzed by descriptive statistics using the SPSS 22.0 program. Testing with hypotheses is done by correlation test, and multiple correlation. The results in this study were concentration, arm muscle strength, and wrist flexibility not to have a significant effect on the accuracy of the forehand drive. And also the concentration, arm muscle strength, and wrist flexibility do not have a significant effect on the accuracy of the backhand drive. Backhand drives are not accustomed to blows to the left because of that many punches are not on target. Therefore table tennis skills include: grip, attitude or playing position, types of punches and foot movements. Each skill has a very important role in the table tennis game. |
International Conference on Science, Technology, Education, Arts, Culture …, 2019 | |
2019 | Pengaruh Latihan Progresive Muscle Relaxation dan Imagery Terhadap Konsentrasi, Tingkat Kecemasan, dan Ketepatan Memanah Jarak 8 Meter Cabang Olahraga Panahan Pada Siswa … | Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan latihan Progresive Muscle Relaxation dan Imagery terhadap konsentrasi, tingkat kecemasan, dan ketepatan memanah pada siswa ekstrakurikuler cabang olahraga panahan SD Luqman Al-Hakim Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan desain yang digunakan yaitu menggunakan matching-only design. Subjek penelitian yang berjumlah 45 siswa yang akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok. 15 siswa sebagai kelompok eksperimen I yang diberi program latihan progresive muscle relaxation, 15 siswa berikutnya kelompok eksperimen II yang diberi program latihan imagery, dan 15 siswa selanjutnya sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen penelitian, yaitu grid concentration exercise test untuk megukur tingkat konsentrasi, angket anxiety dalam hal ini yang digunakan Sport Anxiety Scale (SAS) untuk mengukur tingkat kecemasan, dan tes memanah jarak 8 meter dengan 6 kali rambahan untuk mengetahui ketepatan memanah Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test) dan multivariat analisis of variance (MANOVA). Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Konsentrasi terjadi peningkatan pada kedua kelompok eksperimen I dan II, tingkat kecemasan lebih terlihat pengaruhnya pada kelompok eksperimen I, sedangkan ketepatan … |
Jendela Olahraga 4 (1), 2019 | |
2019 | The Effect of Cooking Class on the Eating Behavior of Children Playing Groups in the Pesantren District of Kediri City | This study aims to examine the effect of cooking class on vegetable eating behavior in children. This research is quantitative approach with a quasi experimental research design with a non equivalent control group design. The total sample of 64 children were divided into two groups, namely the experimental and control groups. Data is collected through two stages, namely pretest and posttest. In the experimental group treatment was given in the form of cooking class while the control group did not. The treatment was carried out four times. Data collected by observation and documentation techniques. Indicators of vegetable eating behavior observed were consuming various vegetables, physical activity of children, drinking water. The types of vegetables used in this study were 6 types of vegetables that are close to children's daily life, namely tomatoes and leeks (group A vegetables), broccoli and carrots (group B vegetables), peas and soy bean sprouts (group C vegetables). Hypothesis testing uses the Anova test with the help of SPSS 25 for Windows Evaluation Version. The results showed that there were significant differences in vegetable eating behavior between the experimental and control groups. |
International Journal for Educational and Vocational Studies 1 (3), 170-176, 2019 | |
2019 | Concentration Profiles Among Shooting Student Athletes | Basically every sport must have high concentration ability. The concentration ability possessed by athletes has an important role for each athlete to maintain performance during a match. The purpose of this study was to determine the profile of concentration on student athletes in shooting sports. Where mental aspects are very important to increase concentration on student athletes. The method in this study used descriptive statistics by using a concentration test instrument namely the Grid Concentration exercise wherein the test kit contained numbers from 00 to 99 where athletes had to sequence numbers from the smallest to the numbers that the biggest. The subjects in this study were student athletes in shooting sports, which amounted to 84 samples consisting of 50 male athletes and 34 female athletes. The results of this study are interesting where the diversity of concentration skills in student athletes shooting villages is influenced by several other mental aspects so that because of the varying levels of concentration of athletes, the trainer must provide appropriate training in increasing the concentration of athlets. shows that in students shooting athletes, athlete concentration. |
3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 308-310, 2019 |