Publikasi S1 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2018 Sistem Pendidikan Indonesia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
In the world of education it is very necessary for continuous quality improvements, TQM components, and challenges in TQM in education, ways and strategies applied by educational institutions. TQM in educational institutions is a necessity in improving the education system, especially in Indonesia. Because of this the authorities are involved in managing the education system by making efforts to improve the quality of education in Indonesia in terms of matching Indonesian education standards with developed countries. In Indonesia today in the transition period, the movement gives greater regional autonomy, although there are also many who are not yet sure whether the change in the centralized management education system towards decentralization management will have an impact on the expected results. This study must continue to be studied for Indonesia and thoroughly and deeply studied so that the …
Edu Research 7 (2), 916-916, 2018
2018 Development of Social Network Website Tracer Study Faculty of Education Universitas Negeri Surabaya
This study aims to create a web design tracer study. Tracer study contains important information about the relationship between higher education and professional work, assessing the relevance of higher education, information to stakeholders. The Tracer Study is the completeness of the requirements for higher education accreditation requiring information on the profile of the first waiting period of the graduates. Urgency web design 1) facilitate the administrative staff of the institution in collecting data alumni of the Faculty of Education students; 2) facilitate the access of alumni data for the fulfillment of various accreditation needs and administrative needs related to other alumni. The research used research development of procedural model. Develop products and Test product effectiveness. The first objective as a development function and the second goal as a function of data validation obtained from the media …
MISEIC 2018, 2018
2018 Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas yang mencerminkan budaya literasi di kalangan mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa, baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik, serta strategi yang dilaksanakan dalam penumbuhkembangan budaya literasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui analisis data model interaktif dan dilakukan pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa masih tergolong rendah dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam kegiatan akademik dan nonakademik, serta belum adanya prestasi yang ditunjukkan mahasiswa dalam event-event literasi. Upaya pembiasaan kegiatan literasi telah dilakukan oleh para dosen melalui penugasan yang diberikan kepada mahasiswa. Selama ini belum terdapat aturan khusus yang mengatur tentang literasi di lingkungan FIP. Namun, para pimpinan FIP akan terus mengupayakan optimalisasi budaya literasi dengan melakukan strategi penumbuhkembangan budaya literasi melalui penekanan terhadap dosen yang dijadikan sebagai role model.
El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (1), 91-104, 2018
2018 Implementasi Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa Yang Berkaraktar di SMA Negeri 7 Kediri
Salah satu masalah yang paling urgen untuk segera ditangani di Indonesia adalah persoalan pendidikan karakter pada siswa. Dengan demikian, sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan membentuk perilaku para generasi muda supaya menjadi generasi yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mendeskripsikan model pelaksanaan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa 2). mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa. 3). mendeskripsikan upaya-upaya mengatasi hambatan dalam melaksanakan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa. 4). mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa di SMAN 7 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Objek yang diteliti adalah SMAN 7 Kediri. Peneliti mengobservasi suatu kebijakan yang telah ada dengan menggunakan pengamatan, wawancara langsung dan studi dokumen. Dalam wawancara peneliti melibatkan WAKA Humas, Tim Tata Tertib (Tatib), guru BK, serta peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangaluasi dan diskusi teman sejawat.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Pelanggaran tata tertib siswa dengan menggunakan poin pelanggaran, 2). Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tata tertib siswa meliputi hambatan lingkungan fisik sekolah dan …
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3 (1), 10-16, 2018
2018 Model of Human Resource Management in Inclusive Education in East Java
The most urgent problem to be resolved is equity of education, especially for children with special needs. Education for All is a principle of education that should be a priority in Indonesia. But this is still far from reality. the limitations of human resources inhibiting inclusion education. So this study aims to develop a model of human resource management in inclusive education in primary schools in East Java. This Research uses qualitative approach with study multi-case. Subject of Research that used by differ its characteristic that is SDN Mriyunan 1 Gresik and SDN Lemah Putro 1 Sidoarjo. Data collecting Technique that used observation, interview, and documentation. Informant in this research amount to 20 people, its: headmaster, teacher, shadow teacher, and student. The results of this study indicate that Model of Human resource management of inclusive education include 3 planning, empowerment, and human resource assessment. Human resource planning begins with conducting needs analysis, recruitment, selection and placement that is satisfied with willingness and ability. Empowerment and development of human resources can be done with two models, namely models that are individual and model of a group. Human resource appraisal is conducted by evaluation and monitoring and evaluation, after which it is not followed by giving compensation or reward in the form of material or non-material.
2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 541-544, 2018
2018 SUMBER DAYA GURU DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KARAKTER DI SEKOLAH SMPN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi dan segera diselesaikan di Indonesia adalah karakter pelajar. Oleh karena itu pendidikan sekolah memiliki peran yang penting dalam membangun karakter pelajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber daya guru dalam implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMPN 1 Plosoklaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya guru yang ada di Plosoklaten masih memerlukan pembinaan dan pengawasan, karena pelaksanaan kebijakan yang tercantum di Permendikbud No. 23 Tahun 2016 masih sebagai formalitas, sehingga karakter siswa-siswi di SMPN 1 Plosoklaten masih belum maksimal.
Khazanah Pendidikan 11 (2), 2018
2018 Implementasi Kebijakan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Dengan Model Sistem Kredit Semester (SKS) di MTS Negeri 2 Kediri
Salah satu isu dalam sistem pendidikan yang paling fenomenal saat ini yaitu sistem paket, namun sistem ini kurang aspiratif ketika menghadapi kenyataan bahwa peserta didik pada dasarnya majemuk baik kemampuan, bakat maupun minat. Untuk memenuhi pelayanan tersebut maka ditempuh dengan menyelenggarakan program Peserta Didik Cerdas Istimewa dengan model Sistem Kredit Semester. Tujuan penelitian ini sebagai upaya dalam memberikan layanan pendidikan yang efektif, efisien, dan maksimal terhadap kemajemukan peserta didik agar prestasinya dapat terekplorasi dengan baik, maksimal dan cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PDCI dengan model SKS telah dilaksanakan dengan baik. Program tersebut dalam perencanaannya dimulai dari penyusunan kebijakan, membentuk tim, mengadakan seminar, melakukan seleksi terhadap guru-guru dan peserta didik, menyusun program kerja, dan mengurus perizinan dengan mengajukan proposal.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3 (1), 1-9, 2018
2018 Sumber Daya Dalam Mengimplementasi Program Adiwiyara di SMK Negeri 1 Ngasem
Penyebab salah satu kerusakan lingkungan hidup terjadi karena ulah manusia yang kurang sadar akan pentingnya lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah berupaya memberikan penyadaran melalui penerapan pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sumber daya dalam mengimplementasikan program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Ngasem. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ngasem, Kediri. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis yang digunakan yaitu kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulas dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kebijakan Adiwiyata di SMK Negeri 1 Ngasem yaitu œJumat Bersih, dimana setiap bulan pada minggu ke dua yaitu hari jumat, sebelum mulai kegiatan belajar mengajar semua warga sekolah melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekolah selama 45 menit. Selain itu ada juga kebijakan œBebas Polusi yaitu setiap siswa tidak diperkenankan parkir di lingkungan sekolah baik kendaraan bermotor maupun sepeda, terkecuali parkir untuk Kepsek, Guru, karyawan dan juga untuk tamu yang berkunjung di SMK Negeri 1 Ngasem ada tempat parkir tersendiri di lingkungan sekolah. Dan Sumber daya yang mendukung implementasi program Adiwiyata di SMK Negeri 1 Ngasem terdapat 4 jenis sumber daya utama, yaitu meliputi pertama, sumber daya manusia. Dalam meningkatkan sumber daya manusia baik guru …
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 3 (1), 49-55, 2018
2018 Implementasi Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa yang Berkarakter Di SMA Negeri 07 Kediri
Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan membentuk perilaku para generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mendeskripsikan model pelaksanaan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa 2). mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa. 3). mendeskripsikan upaya-upaya mengatasi hambatan dalam melaksanakan kebijakan sekolah tentang poin pelanggaran tata tertib siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangaluasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Pelanggaran tata tertib siswa dengan menggunakan poin pelanggaran, 2). Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tata tertib siswa meliputi hambatan lingkungan fisik sekolah dan kesadaran siswa. 3). Upaya mengatasi hambatan pelaksanaan tata tertib siswa dilakukan dengan cara kepala sekolah mengadakan pembinaan guru, karyawan, dan semua elemen yang ada di sekolah.
Dinamika Manajemen Pendidikan 3, 10-16, 2018
2018 Komunikasi dalam implementasi kebijakan pendidikan wajib belajar 9 tahun di Kecamatan Ngadiluwih
Pemerintah menyadari dengan benar akan kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan sebagai alat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya melalui kebijakan pemerintah mewajibkan pendidikan dasar 9 tahun, agar tercapai sumber daya yang memiliki daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan ini diimplementasikan pada sebuah daerah dalam aspek komunikasi dan sosialisasinya. Metode yang digunakan adalah melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan dengan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan, keabsahan data dilakukan dengan mengecek kredibilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% anak di Ngadiluwih yang lulus SD melanjutkan ke jenjang selanjutnya,
Khazanah Pendidikan 11 (1), 2018