Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 Peran Hubungan Masyarakat Era Marketing 4.0 dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 8 (03), 199-212, 2020
2020 Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, dan Solusi dari hambatan yang terjadi dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data yang meliputi triangulasi dan membercheck. Selanjutnya dilakukan Uji transferabilitas dan Uji dependabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar, maka diperlukan sebuah adanya strategi. SMPN 1 Turi Lamongan memiliki beberapa strategi untuk pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu Membangun Kerjasama dengan Siswa dalam Pembelajaran, Menciptakan Iklim Pembelajaran yang Kondusif, Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Dalam strategi pengelolaan kelas ada faktor yang mendukung antara lain: faktor kurikulum, sarana, guru, siswa, keluarga. Dalam strategi pengelolaan kelas akan ditemui berbagai faktor penghambat. Hambatan tersebut bisa datang dari guru sendiri, dari peserta didik, lingkungan keluarga ataupun karena faktor …
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (1), 46-57, 2020
2020 Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Perkuliahan Hybrid Saat Pandemi Covid-19
Menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, membuah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuat kebijakan baru tentang pendidikan di Indonesia yaitu adanya hybrid learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan hybrid saat pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan psikologi yang menjalanakan perkuliahan hybrid sejumlah 365 mahasiswa, dimana 61 mahasiswa digunakan untuk tryout dan 304 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spearman rho dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Penelitian ini menunjukkan hasil korelasi sebesar-0.313. Hasil ini menunjukkan korelasi negatif yang berarti bahwa semakin rendah self efficacy maka semakin tinggi stres akademik mahasiswa. Hasil korelasi tersebut juga menunjukkan bahwa variabel self efficacy dan variabel stres akademik memiliki korelasi yang rendah.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9 (6), 199-208, 2020
2020 Penerimaan Diri Pada Perempuan Korban Pelecehan Seksual Yang Dilakukan Oleh Keluarga
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerimaan diri pada perempuan korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh keluarga dan faktor yang mempengaruhi penerimaan diri pada perempuan korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh keluarga. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah subjek tiga orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur. Hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik agar memudahkan peneliti dalam mengasosiasikan seberapa sering suatu tema muncul dengan keseluruhan data dan lebih sistematis. Penelitian ini mendapatkan tiga tema besar yaitu tahap penerimaan diri, ciri penerimaan diri dan faktor yang mempengaruhi penerimaan diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum ketiga subjek melalui kelima tahapan penerimaan diri, namun ciri dalam penerimaan diri pada tiap subjek berbeda karena faktor yang mempengaruhi penerimaan tiap subjek juga berbeda. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk semua pihak terutama bagi subjek penelitian agar lebih memahami penerimaan diri, sehingga subjek dapat menerima dirinya, menerima segala pengalaman negatif dan dapat menemukan hikmah dari pengalaman negatif yang dialaminya.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 7 (4), 62-78, 2020
2020 Online Learning of Information Technology and Guidance Media Course Based on Learning Styles
This study aims to develop online learning for information technology courses and media based on student learning styles that meet the acceptability criteria, namely the aspects of usability, accuracy, and feasibility. There are four learning styles that are accommodated, namely: visual, auditory, reading, and kinesthetic. The development model used is the ADDIE model, including: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The development stages that have been carried out include: analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of the material and media expert test showed that online learning in the course of information technology and guidance media was classified as “very good” criteria and obtained alternative decisions “very feasible”. In conclusion, online learning for information technology courses and guidance media meet the acceptability criteria, namely aspects of usability, accuracy, and feasibility.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 501-507, 2020
2020 HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SELF-EFFICACY AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 33 SURABAYA
Penelitian ini membahas motivasi berprestasi, self-efficacy akademik dan hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering mengalami hambatan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sehingga keberhasilan belajar yang diperoleh belum tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan self-efficacy akademik dengan hasil belajar di SMP Negeri 33 Surabaya. Jenis penelitian yang digun akan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Metode penelitian ini dilakukan hanya sekali dalam meneliti tiap sampel yaitu dengan menggunakan tipe cross sectional design untuk mengukur variabel satu dengan variabel yang lain secara bersama kemudian menganalisis hasil penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 188 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 33 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji korelasi kendall’s tau-b dan uji korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah hipotesis pertama menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,167, hipotesis kedua menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,225, hipotesis ketiga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,623, hipotesis keempat menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,324 dengan nilai R square sebesar 0 …
Jurnal BK UNESA 11 (4), 2020
2020 Pengembangan buku panduan self regulated learning sebagai media bimbingan klasikal untuk siswa SMPN 3 Taman Sidoarjo
Jurnal BK UNESA 11 (5), 2020
2020 Studi mengenai kecanduan internet dan fear of missing out (FoMO) pada siswa di smk negeri 1 driyorejo
Dewasa ini internet berhasil menjadi alat komunikasi utama yang sangat diminati oleh semua generasi. Tingginya tingkat penggunaan internet pada siswa dapat menimbulkan masalah baru yaitu Fear Of Missing Out (FoMO). Dengan adanya FoMO dapat menimbulkan sebuah kecanduan terhadap penggunaan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kecanduan internet dan FoMO yang dialami oleh siswa, bagaimana dampak yang ditimbulkan serta peranan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk-bentuk kecanduan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan mengontrol penggunaan internet untuk mencari informasi-informasi terbaru. Dampak yang paling banyak ditimbulkan adalah pada aspek akademik, dimana siswa sering mengabaikan tugas serta penuruan nilai pada raport. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa guru bimbingan dan konseling memiliki peran yang cukup penting untuk membantu siswa terhindar dari permasalahan tersebut. Peranan tersebut ialah dengan melakukan konseling individu kepada siswa yang mengalami kecanduan internet dan FoMO agar siswa tersebut dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik. Kata Kunci: Kecanduan Internet, FoMO, Siswa
Jurnal BK UNESA 11 (4), 2020
2020 Studi Tentang Perilaku Konsumtif Siswa yang Kecanduan Drama Korea di SMAN 1 Manyar Gresik
Perilaku konsumtif merupakan sebuah kegiatan yang menggunakan barang dan jasa dengan mementingkan keinginan daripada kebutuhan individu sehingga mengakibatkan pengeluaran tanpa batas atau berlebihan. Perilaku konsumtif disebabkan oleh budaya dari Negara Korea Selatan dan menjadi media yang biasanya sebagai tempat penyaluran yang secara tidak langsung mempengaruhi psikologis masyarakat Indonesia dengan kecanduan akan drama korea. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya hidup dari perilaku konsumtif siswa yang kecanduan drama korea, faktor penyebab yang melatarbelakangi kecanduan menonton drama korea pada siswa hingga menimbulkan perilaku konsumtif, dan dampak yang ditimbulkan dari perilaku konsumtif siswa yang kecanduan drama korea terhadap prestasi belajar siswi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian juga bersumber dari data primer dan sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Gaya hidup konsumtif yang dilakukan semua siswa rata-rata membelikan makanan termasuk makanan korea untuk menemani saat menonton drama korea, atau setelah melihat drama korea, 2) Faktor penyebab para siswa kecanduan drama korea hingga mempunyai sikap konsumtif yaitu karena lingkungan sekitarnya, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah, 3) dampak yang ditimbulkan yaitu seringnya para siswa tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran disekolah, hal itu menimbulkan nilai belajar siswa …
Jurnal BK UNESA 11 (2), 2020
2020 Cinema Therapy untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah rendahnya self-efficacy akademik siswa terutama pada mata pelajaran matematika. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah akan tampak kurang percaya diri, meragukan kemampuan akademik yang dimilkinya, menghindari tugas yang sulit serta hambatan yang ia jumpai, dan tidak mau berusaha mencapai keberhasilan terutama pada mata pelajaran matematika. Sebaliknya, apabila efikasi diri siswa meningkat, akan membuat siswa lebih mudah dan lebih merasa mampu untuk mengerjakan soal-soal matematika sekalipun itu soal yang berkategori sulit.. oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik cinema therapy dapat meningkatka acadmic self-efficacy siswa dengan setting konseling kelompok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pte-test, post-test one group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 4 Bojonegoro yang mengalami academic self-efficacy rendah yang berjumlah 7 siswa. Analisis penelitian data pada penelitian ini menggunakan statistik non parametric yaitu uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada kolom Sig.(2-tailed) menunjukkan hasil 0,000, tHitung-6,796 maka tTabelnya adalah-2,446 (jika hasil tHitung negative, maka otomatis tTabel menjadi negative). Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan dalam uji paired sample t test terhadap hasil F-hitung diperoleh kesimpulan bahwa-6,796>-2,446. Artinya Ho ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik cinema therapy dapat meningkatkan academic self-efficacy siswa …
Jurnal BK UNESA 11 (1), 95-101, 2020