Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 Menumbuhkan upaya diversifikasi usaha melalui penguatan ketrampilan pada komunitas koperasi wanita nelayan di Gresik
Masyarakat nelayan di Gresik masih menunjukkan ketergantugan penghasilan dari tangkapan ikan. Pendapatan nelayan sangat tergantung pada musim tangkap ikan. Pada musim tertentu pendapatan nelayan sangat tinggi, tetapi pada musim-musim berikutnya pendapatan nelayan sangat kecil bahkan tidak ada. Masyarakat nelayan umumnya mempunyai pola hidup konsumtif dan tingkat pinjamannya sangat tinggi. Tidak heran apabila masyarakat nelayan di Gresik masih berkategori miskin. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan upaya diversifikasi usaha melalui penguatan ketrampilan pada komunitas koperasi wanita nelayan di Gresik. Program ini adalah kerjasama antara mahasiswa program Ilmu Sosial FISIP Universitas Airlangga, dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik. Berdasarkan hasil program pengabdian masyarakat sebelumnya tentang pengembangan ternak bebek yang memanfaatkan melimpahnya hasil panen dari tambak air laut maupun tambak air tawar. Sisa-sisa hasil tangkapan yang tidak dimanfaatkan memberikan potensi ketersediaan pakan ternak sebagai usaha sampingan. Selanjutnya dorongan untuk mengembangkan peternakan bebek juga berdampak pada tingginya produksi telor bebek. Untuk itulah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan pembuatan telor asin dan pembuatan prakarya dari bahan limbah rumah tangga agar memiliki nilai jual. Tujuan akhirnya adalah agar masyarakat nelayan memiliki sumber pendapatan selain dari penangkapan, budidaya ikan, pengelolaan ikan, perdagangan ikan dan …
JABN 1 (2), 1-14, 2020
2020 Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta
Literasi dini adalah kemampuan anak usia dini untuk membaca, menulis dan berhitung. Literasi anak usia dini berkembang dan diperoleh di rumah maupun lingkungan sosialnya. Pentingnya literasi di era digital bagi anak usia dini menuntut perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola pengembangan literasi bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data bersifat deskriptif berupa kata-kata tertulis dari informan yaitu fasilitator, orangtua siswa, kepala sekolah serta perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi dini dengan memproduksi buku cerita berdampak mendorong percepatan perkembangan bahasa bagi anak usia dini. Modal sosial sebagai elemen pokok dalam pengembangan literasi dini berhubungan dengan kerjasama dalam menjalin komunikasi, memberi dukungan serta keteladanan dari orang tua dan …
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (2), 892-899, 2020
2020 STUDI KASUS PERUNDUNGAN VERBAL SISWA PADA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENIS GENDER
Perundungan verba merupakan perilaku berupa ancaman menggunakan perkataan kasar yang mempunyai makna negatif dan bisa menimbulkan penghinaan. Perilaku tersebut bisa dilakukan oleh gender laki-laki maupun perempuan dengan bertindak sebagai pelaku atau korban. Pelaku mengerti tentang perilaku perundungan verbal namun pada kenyataannya masih melakukannya kepada korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perundungan verbal berdasarkan jenis gender, faktor penyebab perundungan verbal berdasarkan jenis gender, dampak dari perundungan verbal berdasarkan jenis gender, dan upaya penanganan yang dilakukan sekolah mengenai perundungan verbal berdasarkan jenis gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Benowo 1 Surabaya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjeknya siswa kelas V pelaku, korban, dan guru wali kelas. Hasil penelitian ini adalah bentuk perundungan verbal gender laki-laki yaitu memanggil sesuai dengan fisik, menghina tugas teman, dan membentak teman saat berkelompok. gender perempuan yaitu menjuluki nama hewan, memanggil dengan nama orangtua, dan membentak teman karena kesal tidak menurutinya. Faktor penyebab perundungan verbal berdasarkan gender laki-laki dan perempuan berasal dari faktor teman sebaya dan faktor internal (individu) yang mempengaruhi kondisi pelaku melakukan kepada korban. Dampak yang ditimbulkan dari perundungan verbal berdasarkan gender laki-laki dan perempuan yaitu dampak …
Jurnal BK UNESA 11 (3), 2020
2020 Penerapan Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya
Penelitian ini berawal dari fenomena remaja yang kurang memiliki percaya diri. Kurangnya percaya diri dikalangan remaja pada umumnya ditunjukkan di kelas VII SMPN 32 Surabaya dengan sikap tidak berani berbicara didepan umum, tidak berani mengungkapkan pendapat, dan tidak yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Upaya yang dilakukan Guru BK di sekolah untuk menangani permasalahan siswa tersebut adalah dengan melakukan konseling individual, bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Upaya Guru BK dalam menangani permasalahan siswa sudah baik, namun masih sering ditemui siswa yang kurang memiliki percaya diri. Hal tersebut membuat pentingnya suatu teknik yang dapat diterapkan untuk menangani permasalahan siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan teknik bibliokonseling dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya.
Tersedia di http://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id [Online]. Diunduh 26, 2020
2020 Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik SD Negeri Pelang Lor 1 tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal
Kesadaran tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari seorang individu. Sebagian besar hari individu dipenuhi dengan kesadaran saat melakukan aktivitas. Kesadaran adalah suatu keadaan mengerti yang dimiliki setiap individu terhadap hal yang terjadi di keseharian mereka masing-masing. Di sekolah dasar, peserta didik mengerti tentang adanya tindak perundungan verbal namun pada kenyataannya masih melakukan perundungan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran peserta didik mengenai adanya tindak perundungan verbal yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan subjek merupakan pelaku perundungan verbal. Penelitian bersumber dari data primer dan sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian dengan mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peserta didik menyadari adanya tindak perundungan verbal, faktor yang mempengaruhi kesadaran peserta didik menyadari tentang tindakan perundungan verbal lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, dalam hal ini adalah teman serta guru. Dampak yang disadari dari tindak perundungan verbal adalah terganggunya suasana belajar mengajar di dalam kelas serta upaya yang sering dilihat yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah adalah dengan menasehati.
Jurnal BK UNESA 11 (3), 260-273, 2020
2020 Burnout akademik selama pandemi covid 19
Burnout Akademik mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi, dan perasaan prestasi pribadi yang rendah. Corona Virus Disease atau biasa disingkat dengan COVID-19 ber dampak juga pada mahasiswa serta perguruan tinggi. Dampak yang terjadi akibat pandemi ini selain dituntut untuk tetap dirumah saja berdasarkan anjuran pemerintah, perkuliahan yang biasa terjadi secara tatap muka pun berubah menjadi kuliah jarak jauh atau Daring. Tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang faktor-faktor burnout akademik selama pandemi covid 19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab burnout akademik selama pandemi covid 19.
Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 8-15, 2020
2020 Deaf Digital Technology Uses: A Demography Survey in East Java Indonesia
The presence of the internet that invites as a medium that makes it easy to communicate, makes the deaf support in a container. Where in the container they exchanged information related to the development of assistive technology as well as health information. Utilization of the internet by people with hearing impairment in Indonesia has not been fully maximized, given the spread of the internet by them in Indonesia is also not evenly distributed, this is related to the use of the internet media itself. This study aims to map the patterns of the use of internet media by deaf people in East Java to find out patterns of protection of persons with disabilities in this case deaf in terms of information technology. Using the online survey method provided google form, the result seems people with hearing impairment in East Java prefer to browse information by utilizing digital technology, the Internet in many ways.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 402-404, 2020
2020 Pengaruh metode bercerita dengan media poster terhadap kemampuan berbicara anak kelompok b tk mekarsari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan bercakap-cakap. Banyak anak yang belum mampu mampu berbicara gambar yang ditunjuk oleh guru. Dari 20 anak terdapat 10 anak yang memiliki kemampuan berbicara yang masih kurang. Kemampuan anak dalam menyebutkan gambar apa yang mereka lihat dalam media poster masih belum optimal, hal tersebut dikarenakan kegiatan bercerita di TK Mekarsari belum pernah menggunakan media poster. Oleh karena itu peneliti menggunakan media poster untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh metode bercerita dengn media poster terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Designs. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan rumus uji jenjang Wilcoxon match pairs test dengan rumus Thitung> Ttabel, jika Thitung lebih besar dari Ttabel maka dalam penelitian ini disignifikansi ada pengaruh antara dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan berbicara anak kelompok B pada saat pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata anak dalam kemampuan anak dalam berbicara pada saat pretest 6, 75 dan nilai rata-rata anak dalam kemampuan berbicara pada saat posttest 10, 55. Selanjutnya dari hasil perhitungan rumus t-test untuk sampel kecil yang saling berhubungan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa Thitung< Ttabel (0< 52 …
JUrnal Nasional Paud 1 (4), 1-5, 2020
2020 Mind Map as a Writing Exercise Method for Deaf Learners
This research is motivated by the problems of deaf learners in writing. Incorrect use of spelling and punctuation, lack of vocabulary mastery, and irregular sentence structures based on language rules lead to the meaning of sentences, and the purpose of writing by deaf is less understandable. The purpose of this research is to prove a significant influence on the application of Mind Map towards deaf learners writing skills. This research uses a quantitative approach, the type of pre-experimental one group pre-test, and post-test. Data collection techniques with tests that are pre-test, and post-test. Further results of data obtained through the test are calculated with statistical analysis. Based on the analysis result of nonparametric statistical data, can be concluded that there is a significant influence on the application of Mind Mapping against the skills of writing deaf learners. Deaf learner’s writing skills are improving, on aspects of spelling accuracy (letters and punctuation), the accuracy of the words used, and the accuracy of sentence structures.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 393-396, 2020
2020 VIDEO MODELLING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA TUNAGRAHITA
Individuals with intellectual disabilities experience deficits in various social skills. This research attempts to describe the influence of video modeling to improve assertive behavior for students with mild intellectual disabilities. This research uses Single Subject Research (SSR) with AB design. The subject in this study was a 16-year-old mild intellectual disability student who was in high school. Data collection techniques using observation. Data analysis techniques used are visual analysis of conditions and visual analysis between conditions. The results of this study indicate that video modeling can improve the assertive behavior of students with intellectual disabilities. Increased assertive behavior in subjects after being given an intervention can be seen through the acquisition of student scores that increase after being given an intervention. From the change in direction trends from the baseline phase to the intervention phase shows a horizontal direction towards ascending means that there is an influence of video modellingto improve the assertive behavior of students with mild intellectual disabilities.
JURNAL ORTHOPEDAGOGIK 1 (3), 103-118, 2020