Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 Trial Design of Sexual Education Module on Children
Safety behavior is an important development aspect to anticipate violence against children. This study aim to develop the sex education module for kids. The participants came from all the children in Surabaya. Through the R&D, this study has developed the module to protect children from the sexual abuse. Learning in the module includes knowing parts of the body that may be touched or parts of the body that cannot be touched by others, covering up the genitals and knowing who can hug and kiss the cheek of a child, know the behavior of abuse, abuse situations, and how to reject and report it, The material can develop aspects of child development, namely cognitive, motor, language, social emotional, and art. Used the experimental trial design for the dissemination revealed that significance difference between per and post test. The implications of this study are build the awareness for the parent and help children recognize their sensitive part of body. Therefore they can be assertive whether they face on the abuse problem.
1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting …, 2020
2020 Instrumen Kesiapan Belajar: Asesmen Non-Tes untuk Mengukur Kesiapan Belajar Anak Usia Dini dalam Perspektif Neurosains
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Kesiapan Sekolah (SRI) menggunakan perspektif ilmu saraf untuk mengukur kesiapan anak ke sekolah dasar yang dirancang untuk memudahkan guru dan orang tua untuk menilai perkembangan anak melalui pengamatan kinerja harian mereka. Metode yang digunakan adalah mengikuti desain model ADDIE dengan subjek 50 anak usia 5-6 tahun. Analisis awal menunjukkan perlunya tiga domain: pengembangan motorik, kognitif dan bahasa, dan pengaturan diri untuk kesiapan belajar. Hasil validitas mengungkapkan perubahan pada lima domain SRI yang lebih terperinci: pengembangan motorik, kognitif dan bahasa, perkembangan sosial, kematangan emosi, dan keterlibatan belajar. Uji coba dilakukan dalam dua kelompok dengan hasil pembangunan tinggi dan rendah. Reliabilitas interrater menunjukkan konsistensi antara guru dan orang tua. Dari hasil ini menunjukkan bahwa SRI merupakan indikator yang tepat untuk digunakan sebagai ukuran kesiapan sekolah anak usia dini.
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini …, 2020
2020 Media Number Sense Untuk Mengenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini Dengan Multisensori
Rendahnya pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini disebabkan pengajaran number sense bersifat abstrak dan banyak menggunakan lembar kerja, sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dilengkapi panduan bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Number Sense yang telah dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Metode pengembangan yang dipakai mengikuti model pengembangan Borg and Gall yang mengadaptasi 10 langkah pengembangan model Dick and Carey. Teknik analisis data dengan desain Quasi Eksperimen menggunakan One Group Pretest Posttes Design dengan seluruh sampel yang berjumlah 36 anak. Berdasarkan hasil validasi tiga orang ahli terhadap produk yang dikembangkan, dinyatakan bahwa produk media pembelajaran number sense sudah sesuai dan baik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan anak sesudah diberi pembelajaran menggunakan media number sense. Peningkatan ini disebabkan anak tertarik untuk bermain dan senang menggunakan media berupa kartu dan kepingan hitung karena media tersebut bersifat multisensori, yaitu melibatkan modalitas belajar anak baik visual, auditory, kinesthetic, maupun tactile sehingga anak bisa dengan mudah mengenal konsep bilangan dan operasinya secara konkret sambil bermain. Penelitian ini memberi ide efisien tentang cara mengenalkan number sense di taman kanak-kanak secara multisensori dan diperlukan penelitian lanjutan …
JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik 5 (2), 55-64, 2020
2020 Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini
Tujuan penelitian ini adalah melakukan preliminary research dengan cara menguji validitas dan reliabilitas instrument motorik kasar dan perangkat permainan karpet engkle agar layak digunakan dalam mengukur keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan subjek uji coba terdiri dari satu orang anak usia 4-5 tahun yang diamati kinerja motoriknya oleh dua orang rater, serta dua orang ahli meliputi ahli materi dan ahli desain. Analisis data pendahuluan diperoleh dari hasil uji validitas menggunakan teknik peer review oleh ahli dan uji reliabilitas menggunakan inter-rater reliability dengan rumus cohen kappa. Hasil uji validitas terhadap instrumen kemampuan keseimbangan diperoleh nilai 91, 45%, lembar RPPH dengan nilai 86%, alat permainan karpet engkle sebesar 91, 42%, dan buku panduan permainan 85, 45%. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0, 75 menunjukkan kesepakatan kuat. Berdasarkan hasil analisis data uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa permainan karpet engkle layak digunakan untuk anak usia 4-5 tahun dan reliabel untuk mengukur kemampuan keseimbangan statis dan dinamis sehingga dapat diterapkan dalam penelitian lanjutan berupa penelitian eksperimen.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (no. 2), 1187-1198, 2020
2020 The Effect of Dysmenorrhea and Anxiety on Agility With Moodstate as Intervening Variable
Dysmenorrhea is a disorder during menstruation. Dysmenorrhea can reduce student participation in class, concentration in class, sports participation, socialization and test taking skills. For PE teachers, the incidence of menstruation in students is enough to bring solutions to learning. Those who are menstruating alone look positive atmosphere in physical events in learning. In addition, those who are menstruating and discussing dysmenorrhea add to the problem of participating in learning. Students who experience menstruation and open dysmenorrhea allow erratic feelings. Measurements are made by those who are not optimal. This study attempts to prove that there is a relationship between dysmenorrhea, anxiety, moodstate, and agility in female Vocational High School students when stimulating. The type of research used is correlational. A total of 106 female students were selected by purposive sampling. Data analysis using regression techniques with a confidence level of 95%. The results showed that the variable dysmenorrhea and anxiety together can directly affect agility by 6.1%. However, moodstate fails to be an intervening variable in the effect of dysmenorrhea and anxiety on agility.
International Conference on Research and Academic Community Services …, 2020
2020 Differences in Effectiveness of Clogs and Captive Path Games to Improve Gross Motor Skills in Children 4-5 Years
This study aims to determine (1) Effective Clogs game to improve gross motor skills of children aged 4-5 years.(2) Captive Path game is effective in increasing the gross motor skills of children aged 4-5 years (3) There is a difference in the effectiveness of the game of Clogs and Captive Path increases the gross motor abilities of children aged 4-5 years. This research uses a quantitative research design. The analysis of the results of the study was carried out using the parametric statistical approach, which required a normality test, a homogeneity test, and to determine differences in the hypothesis, a T-test was performed on the N-gain score. The results showed that:(1) based on the normality test, the values for pre-test and post-test were greater than 0.05, so the clogs had normal distribution data. Homogeneity test results in pre-test and post-test values greater than 0.05, so clogs have homogeneous data.(2) based on the normality test, the values for the pre-test and post-test are greater than 0.05, then the captive path game has normally distributed data.(3) Based on the T-test on the N-gain Score, the sig value< 0.05 for clogs games concluded that clogs games effectively improve the gross motor skills of children aged 4-5 years while for captive path game produces sig values> 0.05 concluded that the game of captivity ineffective in increasing gross motor skills of children aged 4-5 years.
International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (1), 1-4, 2020
2020 Overview of elementary students knowledge creation using dynamic geometry environment
Education now requires knowledge creation to find out how meaningful the learning is applied by the teacher so that it helps build understanding in students. This study aims to analyze how the development of knowledge creation of elementary school students when using ICT learning media, namely dynamic geometry environment. In this study using descriptive correlational research with quantitative and qualitative approaches. The results of the descriptive correlation analysis revealed that the use of DGE by elementary school students increases knowledge creation by positively influencing the processes of socialization, externalization, combination, and internalization. The results of this study show positive results on aspects of combination and internalization. The results of this study also indicate the importance of adopting an appropriate ICT orientation if knowledge creation. This is consistent with the idea that individuals using DGE can search for data and turn it into information but may not be involved in learning unless the data is structured appropriately.
Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices 1 (1), 29-36, 2020
2020 The Validity and Reliability of Cognitive Tests for Decision Making on Soccer Players
the ability to make decisions becomes an important cognitive skill possessed by soccer players. Practicing tactical awareness is an effective alternative in improving the ability to make decisions. And it has become a habit of a lot of soccer practice, these skills are trained through practice in the field. However, the cognitive evaluation process is still not considered when it is out of the field. To complement the coaches evaluation tool, an evaluation tool is needed to monitor the cognitive processes of the player. The purpose of this article is to explain the results of the development of an evaluation tool for the ability to make decisions for soccer players in terms of the cognitive domain. Development is carried out through define, design, development. A total of 18 football school students in the U16 age group who were familiar with full ground tactics 11 vs 11 were the subjects of the study. Aiken’s V is used to analyze the validation of the results of evaluations by academics, sports psychology, national league coaches, and former national players. Furthermore, reliability was analyzed using split-half. The results of the study showed that the value of the validity and reliability of the instrument had met the eligibility requirements of the measuring instrument. It was concluded that the developed instrument could be used to measure the cognitive abilities of athletes in making decisions. Furthermore, in this article we will discuss the functions and urgency of using measuring instruments to make decisions in soccer practice, especially for beginner players.
International Conference on research and academic community services …, 2020
2020 PERAN SELF CONTROL SEBAGAI PEMBENTUK STRENGTH ATLET KARATE JUARA DUNIA
Seorang atlet harus memiliki beberapa kemampuan agar mampu memunculkan strength sehingga dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran self control pembentuk strength atlet karate juara dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus intrinsik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur. Wawancara dilakukan dengan satu partisipan yang memiliki keunikan secara khusus dari pada atlet karate lain yang ada di Indonesia, yaitu pemegang rekor profesi atlet terlama di Indonesia, serta memiliki beberapa jajaran prestasi hingga tingkat dunia seperti juara bertahan kejuaraan nasional dan Asian Games, dua kali juara pertama European Master Cup, hingga perolehan penghargaan Australia Champions Cup. Data yang telah terkumpul akan dianalisa dengan teknik analisa tematik. Data yang telah didapat akan diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data, dengan menggunakan significant others yakni yang pertama senior dari kepelatihan nasional memiliki pengalaman beberapa kali bertanding bersama pada kejuaraan nasional dan dunia, dan yang kedua adalah junior satu perguruan dari sejak awal mengenal karate hingga pernah bertanding bersama pada kejuaraan nasional. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pola pikir yang positif akan membantu seseorang dalam memahami, seperti apa, dan apa keinginan yang ada pada dirinya. Pemikiran positif ini akan membantu melihat keadaan secara holistik, sehingga seseorang dapat memaknai semua pengalaman …
Seminar Nasional Psikologi UM 1 (1), 2020
2020 HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA ATLET TAEKWONDO DI MOJOKERTO
Kondisi psikologis pada masing–masing atlet yang berbeda harus dapat dikelola dengan baik. Regulasi emosi dan kepercayaan diri, masing–masing dapat mempengaruhi atlet dan merupakan faktor psikologis Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara regulasi emosi terhadap kepercayaan diri atlet taekwondo di Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek berjumlah 80 atlet sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi emosi dan skala kepercayaan diri dengan menggunakan angket. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment untuk mencari hubungan antara dua variable. Hasil analisis antara regulasi emosi dengan kepercayaan diri menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,911 (r= 0,911) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p= 0,000) artinya ada hubungan antara regulasi emosi terhadap kepercayaan diri. Semakin tinggi regulasi emosi dirinya maka semakin meningkat pula tingkat kepercayaan dirinya.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi 7 (4), 1-6, 2020