Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Pengantar Penelitian Pendidikan | Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya atau cara kerja yang sistematik untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dengan jalan mengumpulkan data dan merumuskan generalisasi berdasarkan data tersebut dan sebagai proses pemecahan masalah dalam menemukan serta mengembangkan batang tubuh pengetahuan yang terorganisasikan melalui metode ilmiah. Kemudian maka penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah (problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam pengumpulan maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan penafsiran data tersebut. Yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah metode yang menggunakan prinsip-prinsip science, yaitu sistematis, empiris dan objektif. Untuk memecahkan masalah dapat juga dilakukan Pendekatan non-ilmiah, yaitu menggunakan cara-cara (a) dogmatis, berdasarkan kepercayaan atau keyakinan tertentu;(b) intuitif, berdasarkan pengetahuan yang diperoleh secara tidak disadari atau tidak dipikirkan terlebih dahulu;(c) spekulatif, coba-coba, atau trial and error, cara terkaan, untung-untungan, yang temuannya bersifat kebetulan; dan (d) otoritas ilmiah, yaitu berdasarkan pendapat atau pemikiran logis para ahli dalam bidang tertentu. Penelitian pendidikan sungguh penting dan sangat diperlukan pada setiap organisasi pendidikan. Penelitian pendidikan diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan teori baru dan mampu memberikan alternatif solusi pemecahan masalah yang berkaitan dengan isu-isu … |
CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2021 | |
2021 | Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim | Pendidikan agama Islam ialah pondasi utama untuk membentuk karakter manusia supaya menjadi pribadi yang berakhlakul karimah dan bermanfaat bagi sekitar, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwasanya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Pelaksanaan pendidikan agama Islam ini tentunya banyak menemui problem atau masalah. Dalam jurnal ini akan dikaji mengenai problematika pendidikan Agama Islam di daerah minoritas Muslim. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis konten (content analysis). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi problematika pendidikan agama Islam di daerah minoritas Muslim beserta solusinya. Secara umum problematika yang dihadapi dalam proses pendidikan Agama Islam di daerah minoritas Muslim yaitu adanya kebijakan yang diskriminatif oleh pemerintah setempat yang tentunya kurang menguntungkan lembaga-lembaga pendidikan Islam (madrasah), kurangnya guru PAI, kurangnya atau bahkan tidak adanya sarana prasarana penunjang proses pembelajaran pendidikan Agama Islam, lingkungan sekolah yang kurang mendukung serta kurangnya partisipasi masyarakat sekitar yang kurang bisa menerima pendidikan Agama Islam itu sendiri. Adapun solusi yang bisa dilakukan yaitu adanya peran aktif pemerintah untuk menegakkan kebijakan yang bepihak pada keberlangsungan lembaga-lembaga pendidikan Islam di daerah minoritas Muslim, dukungan prima dari sekolah kepada guru PAI dalam melaksanakan proses pendidikan agama Islam, bagi madrasah … |
Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21 (02), 153-160, 2021 | |
2021 | HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN MAQASHID AL-SYARI’AH | Hak paling dasar yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia yang dilekatkan pada dirinya adalah hak asasi. Dalam ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah memusatkan perhatian terhadap hak manusia yang terabaikan. Sebenarnya, dengan hadirnya Islam yang salah satu tujuannya adalah mengangkat harkat martabat umat manusia dan memberikan pengajaran dengan ajaran yang ramah. Dahulu pada saat sebelum Islam datang, manusia diperlakukan dengan tidak wajar dan dipekerjakan secara semena-mena tanpa sama sekali memperhatikan aspek nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha menjelaskan dan menganalisis hakikat Hak Asasi Manusia (HAM) perspektif Islam dengan prinsipnya beserta maqashid al-syari’ah. |
CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7 (1), 101-114, 2021 | |
2021 | Online learning during the Covid-19 pandemic from the perspective of Parsons’ structural functional theory | The Covid-19 pandemic results social changes significantly in the world of education, from offline learning to online learning. In order not to experience cultural lag, this article offers a functional structural theory initiated by Talcott Parsons to examine the implementation of online learning, through the AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency) scheme. This article recommends to all involved and interested parties to immediately adapt to online learning, so that the online learning can meet the educational and learning objectives that have been proclaimed. Therefore, integration between three educational centres is needed, such as school, families and communities; so that education as a cultural pattern inherent in Indonesian society is maintained even during the Covid-19 pandemic. More than that, the implementation of online learning must maintain a new cultural pattern during the Covid-19 pandemic, namely complying with health protocol standards. |
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education 2 (1), 38-48, 2021 | |
2021 | Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori Dan Regulasi Di Indonesia) | The curriculum becomes an important component in education. Therefore, the development of curriculum in Islamic education is an inevitability, because change must happen with the times. Therefore, the purpose of this writing will be to review the policy of developing of islamic education curriculum, especially in Indonesia by taking into history and regulations. This article uses library research method with content analysis approach. The results showed that the Curriculum Development of Islamic Education in the historical review from the independence period to the reform era continues to change according to the conditions and needs. The development of Islamic education curriculum is divided into 3 periods; ie first, the old order period, there were 3 changes, namely the curriculum in 1947, 1952, and the curriculum in 1964; second, the new order period, there were 4 changes, the curriculum 1968, 1975, 1984 … |
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2), 293-310, 2021 | |
2021 | Pendampingan Psikososial Dan Modul Pembelajaran Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Learning Loss | Covid-19 has made significant changes in the education world, especially in the process of teaching and learning activities, a result of curriculum changes and the compaction of learning materials, the potential of children, especially those in disadvantaged, frontier, and outermost (3T) areas of Indonesia Might lose their right to learn, this causes learning loss. This program aims to help elementary school students in 3T and non 3T areas to get good education quality rights during the Covid-19 Pandemic. The method used in the mentoring model is PAR (Participatory Action Research). The target of this assistance consists of 5 schools in Musi Rawas Utara, SDN 1 Maur, SDN 3 Maur, SDN Batu Gajah, SDN Bingin Rupit Ulu, SDN Tanjung Beringin. The results of the mentoring of this Program are; 1) Initial assessment related to learning difficulties during Covid-19 and the models and strategies used by teachers in the process of teaching and learning activities, 2) Implementation of psychosocial assistance for teachers, students, and parents through home visits and invitations to schools 2) Assisting learning modules in the form of two components, namely the literacy and numeracy modules, activities in the form of assistance to teachers, parents and students throughout learning activities at school and visits to parents and students. |
Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of …, 2021 | |
2021 | Branchless Banking Process In Rural Area: Price And Non-Price Barriers | Branchless Banking is one of the programs of Indonesia's financial inclusion strategy. The programs' name is |
Journal of Public Administration and Governance 11 (2), 317-330, 2021 | |
2021 | Reconstruction of Andragogical Principles in Porang Farming Community. | This study aims to reconstruct the principles of andragogy from the perspective of the porang farmer community as a new agricultural commodity for farmer groups. Grounded Theory is a type of research with a qualitative approach that is used with a focus on obtaining an abstract analytical scheme from the learning process of porang farmer groups as adult learners. The subjects in this study were a group of porang farmers in Bulu Village, Pilang Kenceng District, Madiun Regency-Indonesia. Data collection techniques used in this study include observation, interviews, documentation and literature study of previous research. The results of this study indicate; adult learners have a learning orientation that is relevant to the problem, have a more mature and diverse concept and readiness for learning, have knowledge and experience as teaching and learning capital, have internal motivation and need external … |
Ilkogretim Online 20 (3), 2021 | |
2021 | Peningkatan Pemahaman Anak Kelompok TK B selama Daring melalui Video Pembelajaran di TK Diponegoro Surabaya | This study aims to describe the understanding of group B children in Diponegoro Kindergarten Surabaya can be improved through themed learning videos. This research is a type of quantitative descriptive research using classroom action research (CAR). According to Hasnunidah (2017: 68) explains that classroom action research is an action research conducted in the classroom. The population in this study were group B children at Diponegoro Kindergarten Surabaya. By using purposive sampling, the sample is determined intentionally by the researcher based on certain criteria or considerations so that it does not go through the selection process as is done in the random technique (Faisal, 2008: 67). The researcher chose 7 children in group B of Diponegoro Kindergarten Surabaya, which consisted of 4 girls and 3 boys. Data collection techniques are an important part of research with the aim of obtaining valid data in a study. In this classroom action research, data collection is done by using observation, interview and documentation techniques. The results of the research described in the previous chapter can be concluded that the provision of learning videos can improve children's understanding of learning in group B Diponegoro Kindergarten, Tambaksari District, Surabaya City. Because it is seen from the results of developmental assessment observations, in the first cycle the success only reached 57.1%. And in the second cycle the average increased to 85.7%. |
MOTORIC 5 (1), 247-253, 2021 | |
2021 | Andragogi petani porang: Rekonstruksi prinsip Andragogi pada rembukan kelompok tani Porang Lingkarmas. | Kajian penelitian ini didasarkan pada pendekatan andragogi berikut dengan prinsip didalamnya yang muncul selama proses belajar petani porang (Amorphophallus oncophyllus) sebagai pembelajar dewasa. Penelitian ini memiliki tujuan mengungkap (1) profil pertanian porang Kelompok Tani Porang Lingkarmas (2) model belajar para anggota Kelompok Tani Porang Lingkarmas (3) prinsip andragogi petani porang lingkarmas sebagai pebelajar dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode serta desain grounded theory dan secara tahapan meliputi (1) research problem and opening research quoetions (2) initial coding data collection (3) initial memos (4) Data collection and rocused coding 5) advanced memos refining conceptual categories (6) theoretical sampling seeks specific new data sorting memos (7) integrating memos diagraming concepts (8) writing the first draft (Charmaz 2006 12). Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Porang Lingkarmas yang berada di Desa Bulu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur studi literatur observasi dan dokumentasi. Analisis data yang ditempuh sebagai sebuah penelitian dengan metode grounded theory meliputi open/initial coding axial/intermediate coding selective/advanced coding dan terakhir penarikan sebagai grounded theory. Hasil penelitian ini menunjukkan Keberadaan Kelompok Tani Porang Lingkarmas sebagai sebuah komunitas belajar merupakan fenomena satuan pendidikan nonformal yang mengadopsi unsur … |
Universitas Negeri Malang, 2021 |