Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian | Materi landasan pedagogik ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan maupun organisasi karena dikaji secara komprehensif dan lebih lengkap dari kajian filosofis, kajian empirik, perkembangan, evaluasi, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang pedagogik. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas sebelas pokok kajian bahasan, yaitu mencakup: Ragam perspektif pedagogik tentang makna pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Kajian antropologis filsafat terhadap hakikat manusia dan pendidikan. Kajian historis terhadap tokoh-tokoh pendidik. Kajian psikologis terhadap realitas perkembangan peserta didik. Kajian terhadap perkembangan religi peserta didik. Kajian empirik tentang pranata pendidikan dalam latar budaya dan organisasi. Perspektif pedagogik tentang landasan manajemen pendidikan. Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia. Buku ini sangat berguna dan mendukung bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, organisasi, perusahaan dan pemerhati dalam bidang pendidikan dalam menambah wawasan tentang pedagogik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Dasar-Dasar Kependidikan | Buku “Dasar-Dasar Kependidikan” ini merupakan landasan umum dan praksis dalam rangka menjalankan tugas panggilan sebagai pendidik di sekolah maupun perguruan tinggi. Namun demikian Buku ini tidak hanya membahas ketentuan teknik operasional berkenaan dengan tugas sebagai dosen, pendidik dan pengajar di sekolah, melainkan memuat prinsip-prinsip umum yang mendasar mengenai tugas kependidikan dan keguruan. Buku ini membahas: Bab 1 Pengertian dan Tujuan Kependidikan. Bab 2 Landasan dan Asas Pendidikan. Bab 3 Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Bab 4 Pendidik dan Peseerta didik. Bab 5 Perangkat Pembelajaran. Bab 6 Metode Pembelajaran Bab 7 Kebutuhan Manusia Terhadap Pendidikan. Bab 8 Aliran Pokok Dalam Pendidikan. Bab 9 Lingkungan Pendidikan. Bab 10 Berbagai Permasalahan Pokok Pendidikan Bab 11 Homeschooling dan Masalah-Masalah Pendidikan Bab 12 Konsep Pendidikan Seumur Hidup. Bab 13 Pendidikan Masa Depan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Administrasi Supervisi Pendidikan | Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami, menambah wawasan, dan pengetahuan tentang Administrasi dan Supervisi Pendidikan serta keterkaitannya sehingga pengkajiannya lebih lengkap dan komprehensif guna meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Buku ini sangat berguna bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pemerhati dalam bidang pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas Sembilan pokok bahasan, yaitu mencakup: Konsep dan Teori Administrasi Pendidikan; Ruang lingkup, Tujuan, Prinsip dan Fungsi Administrasi Pendidikan; Administrasi Tatalaksana Sekolah; Administrasi Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar; Administrasi Kesiswaan; Konsep Supervisi Pendidikan; Kepemimpinan Pendidikan; Kepala Sekolah sebagai Administrator; Monitoring dan Evaluasi Pendidikan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan | Kehadiran buku ini dengan maksud dan tujuan untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Buku ini membahas mengenai konsep kepemimpinan dan pengambilan keputusan yang dibagi atas 14 bab yaitu: Bab 1. Filosofi dan Konsep Dasar Kepemimpinan Bab 2. Pemimpin dan Kepemimpinan Bab 3. Beberapa pendekatan kepemimpinan Bab 4. Gaya Kepemimpinan Bab 5. Peranan Kepemimpinan Bab 6. Delegasi Kekuasaan Bab 7. Kepemimpinan dan Konflik Bab 8. Kepemimpinan Situasional Bab 9. Kepemimpinan di Indonesia Bab 10. Pengertian dan Hakekat Pengambilan Keputusan Bab 11. Proses dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Bab 12. Jenis dan Tipe Keputusan Bab 13. Diagram Pohon Keputusan Bab 14. Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Pengantar Metodologi Penelitian | Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Analisis Kebijakan Pendidikan | Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang kebijakan pendidikan bagi pimpinan, pengambil kebijakan, dosen, kepala sekolah, pengawas, pemerhati dalam bidang manajemen, ekonomi, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas tiga belas jenis tuliasan, sehingga pembahasannya lebih komprehensip, yaitu: Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Inovasi dan perubahan dalam pendidikan. Pendidikan dan Perubahan Sosial Budaya. Pendidikan dan Gender. Pendidikan dan Ekonomi. Pendidikan dan Mobilitas Sosial. Pendidikan Multikultural. Pendidikan Inklusi. Pendidikan dan Teknologi Informasi. Analisis Kebijakan Pendidikan Tinggi. Implementasi Kebijakan. Monitoring dan Evaluasi Kebijakan. Penelitian Kebijakan Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Supervisi Pendidikan | Supervisi (Pengawas) pendidikan harus memiliki kemampuan profesional yang kredibilitas dalam pelaksanaan pengawasan. Kompetensi profesional pengawas diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengembangan guru di sekolah. Pertanyaan tentang peningkatan kualitas pengembangan guru di sekolah terutama tergantung pada peran guru untuk memberikan dukungan dan layanan guru profesional untuk membuat tugas utama mereka lebih baik. Keuntungan didasarkan pada kapasitas pemantauan terkuat dari administrator dan pengawas untuk memenuhi tugas mereka secara bertanggung jawab. Pemantauan tidak hanya memenuhi dukungan dan penerapan teknik pemantauan, tetapi pemantauan diperlukan untuk memastikan keberhasilan proses dan hasil pemantauan. Buku Supervisi Pendidikan ini berisi tentang sebagai berikut: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Prinsip dan teknik supervisi Pendidikan Pengertian dan keterampilan dalam Supervisi Klinis Model, pendekatan dan teknik Supervisi Pendidikan Program Supervisi Pendidikan Pelaku-pelaku dalam Supervisi Pendidikan Supervisi Akademik Konsep, tujuan, komponen dan jenjang Akreditasi Problematika Supervisi Pendidikan Kepemimpinan pendidikan Kepala Sekolah sebagai Supervisor Monitoring dan Evaluasi Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Teori Manajemen Pendidikan | Buku Teori Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Dalam Teori Manajemen Pendidikan dijelaskan bagaimana mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan sehingga manajemen pendidikan sebagai suatu seni harus dapat mengelola kelangsungan pendidikan agar dapat memberikan impact yang diinginkan terhadap pendidikan, karena masih banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaan pendidikannya. Struktur penyajian buku ini terbangun atas sembilan bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Bab 1. Pandangan tentang Manajemen Pendidikan. Bab 2. Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan. Bab 3. Berbagai Pendekatan dalam Manajemen Pendidikan. Bab 4. Perkembangan Teori Ilmu Manajemen. Bab 5. Fungsi-fungsi Dasar Manajemen. Bab 6. Bidang Garapan Manajemen Pendidikan. Bab 7. Inovasi dalam Manajemen Pendidikan. Bab 8. Model-model Manajemen Sekolah, dan Bab 9. Analisis Kebijakan dalam Pengelolaan Pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, dosen, kepala sekolah, pengawas pendidikan, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Manajemen supervisi pendidikan | Kualitas lembaga pendidikan di Indonesia adalah tergantung pada pengelolaan dari lembaga pendidikan itu, peran dan fungsi strategis ada pada kepala sekolah itu sendiri, lembaga pendidikan yang bermutu terbentuk karena peran serta dan upaya dari kreativitas kepala dan pengawas sekolahnya. Supervisi Pendidikan merupakan fungsi manajemen yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi atau unit-unit dalam suatu organisasi guna menetapkan kemajuan sesuai dengan arah yang dikehendak, supervisi akademik dan supervisi manajerial bagian yang terpenting pembinaan dan pengarahan menuju perbaikan kinerja personal guru dan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Dasar Belajar Bab 2 Definisi Dan Dimensi Supervisi Bab 3 Prinsip-Prinsip Supervisi Untuk Pengelolaan Pembelajaran Bab 4 Pengendalian Dan Evaluasi Supervisi Bab 5 Parameter Evaluasi Dan Instrumen Evaluasi Guru Bab 6 Pengarahan, Pembinaan, Dan Bimbingan Guru Bab 7 Pengalian Kinerja Guru Bab 8 Efektivitas Penilaian Kinerja Bab 9 Pelaporan Kinerja Bab 10 Implementasi Supervisi Akademik Bab 11 Masalah Dan Hambatan Supervisi Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Manajemen Sistem Pembelajaran | Penulisan buku MANAJEMEN SISTEM PEMEBELAJARAN bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN ini terdiri dari 12 bab yaitu: BAB 1 Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 2 Pendekatan Sistem Pembelajaran BAB 3 Fungsi-Fungsi Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 4 Model Sistem Manajemen Pembelajaran BAB 5 Perencanaan Sistem pembelajaran BAB 6 Pengorganisasian Sistem pembelajaran BAB 7 Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran BAB 8 Menajemen Sistem Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran BAB 9 Pengembangan Media dan Sumber Belajar BAB 10 Manajemen Sistem Pengembangan Kurikulum BAB 11 Manajemen Sistem Supervisi Pembelajaran BAB 12 Sistem Evaluasi/Penilaian Pembelajaran |
Yayasan Kita Menulis, 2021 |