Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2010 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pola Belajar Kolaborasi (Model PBMPK)
The development of problem based learning model with the collaboration learning (Model PBMPK) in social problems subjec. Development PBMPK model based on 3 things, that is (1) conceptual base covers instructional technology theory and theory constructive learning,(2) model base development instructional, is model R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development), and (3) procedure base instructional, is problem problem based learning procedure and collaborative learning. Based on the test results on the PBMPK tools and models to the experts of learning, experts of study subject, student and teachers shows appropriate results. This mater can be understand from the completion averages of 75% from USAge fairness indicators of PBMPK tools and models. Try out result in the reality about PBMPK tools and model shows positive result. It can seen from subjective test include good category reach 82.3%, from result include in good category reach 82.3%, achievement result include in very good category reach 57.65%, portfolio result include in good category reach 95.29%, project result include good category reach 58.82%, attitude result from instrument include in positive category reach 77.65% and collaboration achievement result include in good category reach 84.71%. Meanwhile, learning result with enough category, less enough, very positive, hesitating, negative, and very negative maximal reach only 22.65%. This numbers shows that PBMPK tools and model are developed is competent used. Try out results on on the PBMPK tools and model to instructional process reach 21.18% stats that instructional situation by using …
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang 17 (2), 187-200, 2010
2010 Media Bimbingan dan Konseling
Unesa University Press, 2010
2010 pengembangan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran bahasa daerah pokok bahasan aksara jawa kelas VII di SMP Negeri 2 Sidoarjo
Media Komputer Pembelajaran adalah media yang menggunakan teknologi berbasis komputer merupakan cara menyampaikan materi dengan sumber-sumber yang berbasis microprosesor. Penggunaan media ini dalam proses pembelajaran dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pada mata pelajaran Bahasa Daerah dengan pokok bahasan Aksara Jawa, Siswa dituntut untuk mampu menguasai materi yakni dengan kompetensi dasar berupa membaca serta menulis akasara Jawa dengan baik dan benar. Dengan banyaknya konsep yang harus diserap serta proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat klasikal sehingga menyebabkan siswa bosan dengan pembelajaran dikelas serta guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari Arif S. Sadiman. Penelitian yang dilakukan …
Jurnal Teknologi Pendidikan 10 (1), 100-111, 2010
2010 Pengembangan pengelolaan pada rintisan sekolah bertaraf internasional di Surabaya: laporan penelitian strategis nasional: tema, sosial budaya
Kementerian Pendidikan Nasional, Republik Indonesia, Universitas Negeri …, 2010
2010 Pengembangan paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa sekolah menengah atas (SMA)
ABSTRAK Purwoko Budi. 2009. Pengembangan Buku Paket Bimbingan Kecakapan Menyelesaikan Konflik Interpersonal Secara Konstruktif Bagi Siswa SMA. Tesis Program Bimbingan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M. A. Pembimbing (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M. A. Kata Kunci pengembangan paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif experential learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu menyusun dan menguji akseptabilitas serta efektifitas paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa SMA. Produk penelitian pengem-bangan ini adalah buku pedoman bimbingan bagi konselor buku pedoman bagi siswa dan buku paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa SMA. Uji akseptabilitas dimaksudkan untuk mengetahui keberterimaan paket yang didasarkan pada tiga indikator yaitu kegunaan (utility) kelayakan (feasibility) dan ketepatan (accuracy). Uji efektifitas dilakukan setelah standart akseptabilitas produk terpenuhi. Efektifitas paket didasarkan pada analisa hasil penerapan paket yaitu ubahan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal mencakup pemahaman konsep konflik sikap positif menyelesaikan konflik dan keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Pengembangan paket ini merangkum tiga model rujukan yaitu model problem solving and decision making (PSDM) in conflict situations model Coleman-Raider s mediation dan model conflict resolution strategies for …
Universitas Negeri Malang, 2010
2009 Modul–Modul Pembelajaran Aktif Inovatif dan menyenangkan bagi Anak Usia Dini
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2009
2009 Peningkatan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir melalui pelatihan perencanaan karir
Pada manajemen karir individual, individu dihadapkan pada pilihanpilihan karir hingga membuat keputusan-keputusan karir. Efikasi diri memiliki peranan yang penting dalam pengambilan keputusan karir. Efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir adalah keyakinan individu bahwa ia dapat sukses menilai kemampuan dirinya dengan tepat, mengumpulkan informasi-informasi mengenai karir, menyeleksi tujuan karir, membuat rencana-rencana karir untuk masa depan, dan memecahkan permasalahan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan perencanaan karir dalam meningkatkan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir. Penelitian ini melibatkan 40 orang yang dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok eksperimen yang terdiri dari 20 orang mendapatkan pelatihan perencanaan karir dan kelompok lain yang juga terdiri dari 20 orang sebagai kelompok kontrol. Skala efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir diberikan kepada setiap subjek penelitian untuk mengukur efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir. Tes awal diberikan seminggu sebelum pelaksanaan pelatihan perencanaan karir. Tes akhir diberikan sebulan setelah pelaksanaan pelatihan perencanaan karir. Hipotesis diuji menggunakan anava repeated measures. Hasil analisis data menunjukkan bahwa efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir meningkat secara signifikan setelah dilberikan pelatihan perencanaan karir (F= 6, 45, p< 0, 05). Ada perbedaan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir yang signifikan pada kelompok eksperimen antara tes awal dan tes akhir (t=-10,709, p< 0, 05) dan …
Universitas Gadjah Mada, 2009
2009 Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan strategi Pengelolaan Diri untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Pre test post test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disiplin belajar. Subjek penelitian ini 5 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kamal Bangkalan yang memiliki disiplin belajar rendah. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji tanda dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor antara sebelum dan sesudah penggunaan strategi pengelolaan diri. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa strategi pengelolaan diri efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kamal Bangkalan.
Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 12 (1), 1-9, 2009
2009 Penerapan Strategi Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Menjelang Ujian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi relaksasi untuk mengurangi kecemasan menjelang ujian pada siswa. Penelitian ini menggunakan pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data tentang kecemasan menjelang ujian. Dari hasil angket, terdapat 7 orang siswa yang mengalami kecemasan menjelang ujian kategori tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik non parametrik. Hasil analisis menunjukkan perbedaan antara pre-test dan post-test, dimana terjadi penurunan kecemasan setelah diberikan strategi relaksasi. Hal ini menunjukan bahwa strategi relaksasi dapat mengurangi kecemasan siswa menjelang ujian.
Surabaya: Universitas Negeri, 2009
2009 Hubungan Antara Self Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya)
Jurnal Ilmiah Pendidikan 9 (1), 2009