Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk membantu meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa
Manusia adalah makhluk sosial. Hal tersebut mengandung arti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu menjalin hubungan dengan orang lain, baik dia orang tua, dewasa, anak-anak maupun remaja. Keperluan menjalin hubungan dengan orang lain dan setiap lingkungan yang dihadapi akan membawa siswa ke arah perkembangan diri yang lebih baik. Sebab seseorang berinteraksi hanya sekadar menyampaikan isi pesan tetapi dia juga menentukan kadar hubungan interpersonal. Sehingga makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya, makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya, sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.
Jurnal BK Unesa 3 (1), 239-244, 2013
2013 Studi tentang perilaku membolos pada siswa SMA swasta di Surabaya
Perilaku membolos adalah perilaku yang harus segera ditangani karena dapat berpengaruh terhadap akademik, perilaku yang menyimpang dari aturan sekolah serta moral siswa. Fakta ini terjadi di SMA Kawung 2 Surabaya, SMA Muhammadiyah 7 Surabaya, dan SMA Mahardhika Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang melatarbelakangi siswa membolos serta untuk mengetahui pola perilaku membolos berdasarkan faktorfaktor yang ditemui.. Sebagaimana dipahami dampak perilaku membolos adalah mengalami kegagalan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (ABC 1 dan ABC 2) dan XI (ABC 3) IPS di SMA Kawung 2 Surabaya, siswa kelas XI IPA (ABC 4 DAN ABC 5) dan XI IPS (ABC 6) di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya, dan siswa kelas X (ABC 7) dan XI (ABC 8 dan ABC 9) IPS di SMA Mahardhika Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang mendorong siswa untuk membolos, observasi untuk memperoleh informasi lain yang mendukung data yang telah diperoleh dan dokumentasi untuk memperoleh data identitas subyek dan hasil tes MPCL. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah teknik trianggulasi menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab perilaku membolos yaitu permasalahan yang berasal dari diri sendiri, faktor keluarga, dan faktor sekolah dengan pola perilaku membolos yaitu …
Jurnal BK Unesa 3 (1), 454-461, 2013
2013 Model dan Metode Pembelajaran Bahasa
Online, 2013
2013 Psychological Characteristics of Indonesian Elite Swimmer
Surabaya: Unesa, 2013
2013 Manajemen kelas multikultural (studi kasus di Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang)
Kata kunci manajemen kelas multikultural bahasa Indonesia untuk penutur asing. Manajemen kelas merupakan salah satu fungsi manajemen pendidikan yang memiliki pengaruh besar bagi berhasilnya proses pendidikan di sekolah. Guru sebagai manajer kelas wajib memiliki keahlian dalam mengelola kelas mengkondisikan kelas yang kondusif dan ideal untuk proses belajar mengajar. Guru menerapkan strategi mengajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik dengan latar belakang yang sangat jauh berbeda menyumbangkan kesulitan tersendiri bagi guru. Hal tersebut terjadi di kelas Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Kelas BIPA terdiri dari peserta didik dengan latar belakang pendidikan agama budaya dan negara yang beragam. Guru dituntut untuk mengelola sebuah kelas multikultural dengan baik di tengah keberagaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pendekatan yang digunakan oleh guru dalam manajemen kelas multikultural penanaman kedisiplinan peserta didik di dalam kelas penanaman nilai-nilai budaya lokal kepada peserta didik masalah-masalah yang timbul di dalam manajemen kelas multikultural dan langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Peneliti memilih pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus digunakan karena peneliti meneliti objek yang dipandang sebagai sistem yang dibatasi dan terikat oleh tempat dan waktu tertentu. Penelitian dilakukan di Program BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang …
Universitas Negeri Malang, 2013
2013 Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi di Minu 24 Darussalam Kumalasa Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik
Penelitian ini berangkat dari pertanyaan “Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi Pendidik Profesional”. Ada lima fokus penelitian yaitu:(1) pandangan guru terhadap program sertifikasi guru dalam jabatan,(2) Kompetensi pedagogik guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan,(3) Kompetensi profesional guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan,(4) Kompetensi kepribadian guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan, dan (5) Kompetensi sosial guru pasca melaksanakan sertifikasi guru dalam jabatan. Dari analisis data dapat disimpulkan:(1) kemampuan pendagogik guru ditunjukkan dengan penguasaan silabus, pemahaman terhadap peserta didik, penggunaan media pembelajaran, evaluasi dan bimbingan terhadap peserta didik,(2) setelah mendapatkan sertifikat profesional guru-guru di minu 24 darussalam lebih bersemangat dalam menjalakankan profesi.(3) kompetensi …
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 2013
2013 Implementasi Metode Internet Sehat pada Jaringan Komputer Wireless di Masjid Al Amin Berbah
The development of computer network technology growing rapidly in line with the needs of the community information service that uses computer networks. The need for the use of the Internet in society based so that all parts of society in Indonesia has knowledge of information technology. The mosque is used as a medium for the spread of the Internet due to the expected future output of the deployment of information technology knowledge will be of good content and useful to society. By using this method as a way to surf the internet sound is good and right that will be implemented into the wireless computer networks in the mosque. Healthy internet methods are implemented on the wireless computer networks using a proxy server that will be implemented some security configuration that is OpenDNS, Squid, IPTables and Dansguardian. From the security configuration is tested one at a time by accessing the …
Jurnal Jarkom 1 (1), 2013
2013 PENGGUNAAN PAIR COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSPECTIVE TAKING SISWA
Tulisan ini menyajikan suatu gagasan konseptual tentang penggunaan pair-counseling untuk meningkatkan kemampuan perspective taking. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa perspective taking dapat mempengaruhi perilaku sosial. Atas dasar fakta ini maka perspective taking dapat dijadikan sasaran intervensi untuk menangani berbagai gangguan perilaku seperti kekerasan pada remaja. Secara teori pair-counseling memiliki karakteristik teraperik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan perspective taking. Sejumlah teknik yang digunakan dalam pair-counseling serta lingkungan bermainnya dipandang dapat mengembangkan kemampuan perspective taking pada anak dan remaja.
Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 6 (1), 805-824, 2013
2013 Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Pribadi Konselor Dan Fasilitas BK Dengan Minat Siswa Untuk Memanfaatkan Layanan Konseling Di Sekolah
Penelitian ini ditujukan untuk menetapkan hubungan antara persepsi siswa terhadap pribadi konselor dan fasilitas BK dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan korelasi. Seluruh data penelitian yakni: data tentang persepsi siswa terhadap pribadi konselor, data tentang persepsi siswa terhadap fasilitas BK, dan data tentang minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah dikumpulkan menggunakan teknik angket yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII siswa SMP Dorowati Surabaya, dengan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsional. Analisis dilakukan dengan teknik statistik dengan rumus korelasi ganda. Penelitian ini memberikan tiga temuan yakni: ada hubungan yang signifikan anatara persepsi siswa terhadap pribadi konselor dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah, ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap fasilitas BK dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah, dan ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pribadi konselor dan fasilitas BK dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah.
Jurnal BK UNESA 3 (01), 341-349, 2013
2013 Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Interaksi Sosial Anggota Pengurus Osis
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan skor keterampilan interaksi sosial anggota pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Lamongan. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang menjadi anggota pengurus OSIS yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa yang terindikasi memiliki skor keterampilan interaksi sosial rendah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Data mengenai keterampilan interaksi sosial siswa dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik non parametrik dengan rumus Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon. Analisis penelitian ini mencoba membandingkan hasil yang diperoleh pada pengumpulan data sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis membuktikan bahwa keterampilan interaksi sosial pada kelompok eksperimen secara signifikan lebih meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “skor keterampilan interaksi sosial antara kelompok siswa yang dibantu dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibantu dengan metode konvensional” dapat diterima.
Jurnal Bk Unesa 2 (1), 2013