Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2014 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN AMBIL-SUSUN DI PLAY GROUP
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui permainan ambil-susun dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Subjek penelitian adalah anak di Play Group Arriyadl Blimbingsari, Sooko, Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi kegiatan serta wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan anak yaitu pada siklus 1 sebanyak 39.28% dan siklus 2 sebanyak 79% sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan ambil-susun dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
PAUD Teratai, 2014
2014 Kurikulum Sojasoku Di Strawberry Preschool and Daycare Jalan Semeru Utama No. 6B Sumbersari Jember
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang memberikan inovasi pendidikan berupa kurikulum. Salah satunya Strawberry preschool and daycare yang memiliki kurikulum yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya yaitu kurikulum sojasoku. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang kurikulum sojasoku yang ada di Strawberry preschool and daycare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu kurikulum sojasoku dengan responden kepala sekolah, pendidik, dan anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, kurikulum sojasoku memiliki tujuan untuk membentuk anak yang memiliki wawasan global, berbudaya lokal, berkarakter, dan berakhlak mulia. Materi diberikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan metode sojasoku sebagai metode pembelajaran andalan. Demikian juga lingkungan belajar dibuat fleksibel mengikuti materi dan menarik bagi anak dengan memanfaat lingkungan belajar outdoor sebagai tempat belajar. Evaluasi dan penilaian dilakukan secara berkala setiap hari.
PAUD Teratai 6, 1-7, 2014
2014 Panduan Dasar Melipat Kertas
Yogyakarta: Gava Media, 2014
2014 Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Sedati-gede Sidoarjo Tahun 2013/2014
Penelitian pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sedati-Gede Sidoarjo dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak mengenal konsep bilangan dalam hal membilang dengan menunjuk benda sampai 10, menunjuk dua kumpulan benda yang berjumlah lebih banyak dan lebih sedikit, dan menghubungkan benda 1-10 dengan bilangan yang melambangkannya. Hal ini dikarenakan pemilihan kegiatan dan media lebih banyak menggunakan LKA daripada benda konkrit. Perlunya kegiatan yang menarik dalam mengenalkan konsep bilangan salah satunya adalah dengan bermain puzzle. Bermain puzzle dapat membantu anak mengenal konsep matematika (konsep bilangan). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bermain puzzle terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental dan desain penelitian pre test-post test control group. Subyek penelitian berjumlah 30 anak pada tiap kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik uji beda t-test related yang diolah menggunakan SPSS 20 for Windows 7, di mana jika thitung< ttabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan pada saat observasi awal (pre-test) dan observasi setelah perlakuan (post-test) dengan bermain puzzle diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 9, 6 dan rata-rata hasil post-test 10, 3. Hasil perhitungan dengan uji t …
Jurnal Pendidikan 1 (1), 1-20, 2014
2014 Senam si buyung dengan metode demonstrasi dalam pengembangan motorik kasar anak
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru tentang senam Si Buyung, alasan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi digunakan dalam pengembangan motorik kasar anak kelompok B, kendala yang terjadi saat pelaksanaan senam Si Buyung, proses dan hasil dari kegiatan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi. Subjek yang diambil sebanyak 16 anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Gembleb, Pogalan, Trenggalek. Hasil yang didapat anak setelah melaksanakan kegiatan senam Si Buyung dengan metode demonstrasi yaitu secara signifikan dapat mengembangkan motorik kasar anak kelompok B.
Obsesi 1 (2), 1-6, 2014
2014 Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di TK Al Ikhlas Surabaya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berbicara anak usia dini di TK AL-IKHLAS kelompok B. Hal ini disebabkan karena pendidik hanya menerapkan metode bercakap-cakap dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Salah satu cara yang dapat diberikan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara yaitu melalui kegitan bercerita dengan boneka tangan. Tujuan pnelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis One–Group Pre-test post–test. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK AL-IKHLAS dengan jumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Matched Pairs Test yang menggunakan rumus Thitung< Ttabel penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabelDari hasil penelitian, dengan mengunakan media boneka tangan diperoleh Thitung< Ttabel (0< 73) dengan demikian dapat dilihat peningkatan kemampuan berbicara yang dialami oleh anak adalah signifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak. Hal ini menujukkan bahwa media boneka tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Islam AL-IKHLAS Surabaya.
Jurnal Edukasi.(online). Diakses pada tanggal 15, 2014
2014 Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A
Penelitian eksperimen jenis pre experimental design ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bermain bola warna modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Pertiwi Srono Banyuwangi. Sampel penelitian adalah anak kelompok TK A Pertiwi Srono Banyuwangi yang berjumlah 18. Sampel pada anak diambil dengan tehnik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain bola warna modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak.
Jurnal Pendidikan Anak. Tersedia di http://ejournal. unesa. ac. id/articl …, 2014
2014 Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Stategi Simak-Kerjakan
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah stategi simak kerjakan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Subjek penelitian adalah anak di Kelompok Bermain Hidayatus Shibyan Kecamatan, Dlanggu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi simak-kerjakan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak.
PAUD Teratai 4 (1), 2014
2014 Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok A Di TK Muslimat Sidoarjo
Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun yang merupakan masa peka bagi anak untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama (Depdiknas, 2005: 2). Tidak semua anak mampu untuk maju ke depan kelas dan menceritakan kembali cerita yang telah disampaikan oleh guru. Anak terlihat masih kesulitan untuk memahami tikoh-tokoh yang ada dalam cerita, isi cerita, apalagi pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita sehingga anak menjadi takut dan kurang percaya diri ketika disuruh untuk menceritakan kembali cerita di depan kelas, oleh karena itu cerita bergambar menjadi salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak pada kelompok A di TK Muslimat Sidoarjo melalui media cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode cerita bergambar mampu meningkatkan rasa percaya diri anak di TK Muslimat Desa Kramat Jegu Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian PTK, yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Muslimat Desa Kramat Jegu Sidoarjo yang berjumlah 25 anak. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi, dan analisis datanya adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I rasa percaya diri anak …
PAUD Teratai 3 (3), 2014
2014 Pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini kelompok B di PAUD Melati
Penelitian pada anak kelompok B di PAUD Melati Sawahan Panggul Trenggalek dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kreativitas anak terutama dalam hal permainan finger painting. disebabkan kurang adanya inovasi dalam pembelajaran yang di berikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini.
Jurnal, Universitas Negeri Semarang 6, 2014