Publikasi S2 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2010 PENGARUH KEMAMPUAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR (COPING SELF-EFFICACY) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
Artikel ini adalah hasil penelitian pada 130 mahasiswa semester tiga, fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya. Coping self-efficacy sebagai variabel bebas, dan indeks prestasi akademik dan kemampuan skolastik sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan coping self-efficacy dengan prestasi akademik mahasiswa di FIP UNESA dengan nilai standardized beta= 0,203 pada taraf signifikansi 0,000 yang berarti bahwa coping self efficacy (X) mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa (Y1). Temuan kedua, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan coping self-efficacy terhadap kemampuan skolastik mahasiswa dengan nilai standardized beta= 0,188 pada taraf signifikansi 0,000 yang berarti coping self-efficacy (X) mempengaruhi kemampuan skolastik mahasiswa (Y2).
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 1 (1), 8-11, 2010
2010 Media Bimbingan dan Konseling
Unesa University Press, 2010
2010 Pengembangan paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa sekolah menengah atas (SMA)
ABSTRAK Purwoko Budi. 2009. Pengembangan Buku Paket Bimbingan Kecakapan Menyelesaikan Konflik Interpersonal Secara Konstruktif Bagi Siswa SMA. Tesis Program Bimbingan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M. A. Pembimbing (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M. A. Kata Kunci pengembangan paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif experential learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu menyusun dan menguji akseptabilitas serta efektifitas paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa SMA. Produk penelitian pengem-bangan ini adalah buku pedoman bimbingan bagi konselor buku pedoman bagi siswa dan buku paket bimbingan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal secara konstruktif bagi siswa SMA. Uji akseptabilitas dimaksudkan untuk mengetahui keberterimaan paket yang didasarkan pada tiga indikator yaitu kegunaan (utility) kelayakan (feasibility) dan ketepatan (accuracy). Uji efektifitas dilakukan setelah standart akseptabilitas produk terpenuhi. Efektifitas paket didasarkan pada analisa hasil penerapan paket yaitu ubahan kecakapan menyelesaikan konflik interpersonal mencakup pemahaman konsep konflik sikap positif menyelesaikan konflik dan keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Pengembangan paket ini merangkum tiga model rujukan yaitu model problem solving and decision making (PSDM) in conflict situations model Coleman-Raider s mediation dan model conflict resolution strategies for …
Universitas Negeri Malang, 2010
2009 Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan strategi Pengelolaan Diri untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Pre test post test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disiplin belajar. Subjek penelitian ini 5 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kamal Bangkalan yang memiliki disiplin belajar rendah. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji tanda dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor antara sebelum dan sesudah penggunaan strategi pengelolaan diri. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa strategi pengelolaan diri efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kamal Bangkalan.
Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 12 (1), 1-9, 2009
2009 Penerapan Strategi Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Menjelang Ujian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi relaksasi untuk mengurangi kecemasan menjelang ujian pada siswa. Penelitian ini menggunakan pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data tentang kecemasan menjelang ujian. Dari hasil angket, terdapat 7 orang siswa yang mengalami kecemasan menjelang ujian kategori tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik non parametrik. Hasil analisis menunjukkan perbedaan antara pre-test dan post-test, dimana terjadi penurunan kecemasan setelah diberikan strategi relaksasi. Hal ini menunjukan bahwa strategi relaksasi dapat mengurangi kecemasan siswa menjelang ujian.
Surabaya: Universitas Negeri, 2009
2009 Hubungan Antara Self Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya)
Jurnal Ilmiah Pendidikan 9 (1), 2009
2009 Hubungan antara rasa keberhasilan bidang akademik (academic self-efficacy) dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA …
ABSTRAK Naqiyah Najlatun. 2009. Hubungan antara Rasa Keberhasilan Bidang Akademik (Academic Self-Efficacy) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Di bimbing oleh Prof. Dr. Raka Joni M. Sc sebagai Promotor Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A sebagai promotor I dan Dr. Marthen Pali M.Psi sebagai promotor II. Kata kunci academic self-efficacy prestasi belajar underachiever achiever highachiever. Latar belakang penelitian adalah rasa keingintahuan penulis tentang hubungan antara rasa keberhasilan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa highachiever achiever dan underachiever di kampus. Rasa keberhasilan di bidang akademik ialah penilaian diri seseorang akan kemampuannya untuk mengorganisir dan menjalankan rangkaian perilaku dalam mencapai tujuan pendidikan. (Bandura 1997). Tujuan penelitian ini membuktikan hubungan antara academic self-efficacy dengan prestasi belajar bagi mahasiswa highachiever achiever dan underachiever. Populasi penelitian adalah mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Surabaya yang terdaftar pada tahun ajaran 2008-2009. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika pendidikan biologi pendidikan fisika dan pendidikan kimia reguler di semester lima dengan teknik total sampling sehingga dalam penelitian ini ditetapkan 154 orang. Hasil analisis deskriptif dan pengujian hipotesis memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil tabulasi silang (cross-tabulation) antara self …
Universitas Negeri Malang, 2009
2009 Konseling komprehensif mengatasi tindak kekerasan terhadap anak perempuan
Konseling komprehensif adalah pertemuan tatap muka antara konselor dan klien untuk membantu mengatasi kekerasan seksual. Konseling komprehensif merupakan layanan bantuan bagi individu oleh konselor profesional untuk membantu individu memecahkan masalah kekerasan yang dihadapi oleh perempuan. Konseling komprehensif menggunakan kerjasama antar pihak terkait antara konselor, orang tua korban, lembaga bantuan hukum, tokoh masyarakat, pengadilan, kepolisian dan rumah sakit. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Puan Amal Hayati Syaqo Al-Jailani Rangkang–Kraksaan Probolinggo pada tahun 2009-2010. Peneliti melakukan konseling individu dalam membantu korban yang mengalami tindak kekerasan seksual. Tujuan konseling komprehensif adalah membantu korban menemukan insight (pengertian) akan masalahnya dan membantu klien membuat …
Jurnal Bimbingan dan Konseling. Edisi. Universitas Negeri Surabaya, 2009
2009 Kerangka Proses Konflik dan Solusi Konflik pada Siswa SMA Di Surabaya Berdasar Dinamika Psikologis
Fokus peneltian ini adalah mengungkap faktor penyebab konflik pada siswa, bagaimana proses konflik, dan proses solusi konflik dalam kerangka dinamika psikologis individu. Desain yang digunakan adalah logika pengaitan antara data yang harus dikumpulkan dan kesimpulan-kesimpulan yang akan dihasilkan dengan pertanyaan awal penelitian. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal dan multi kasus dan dua teknik analisa, pattern-matching, dan explanation-building. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:(1) konflik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: perbedaan pendapat antar individu, kesalahpahaman, tindakan yang dianggap merugikan pihak lain, dan perasaan terlalu sensitif yang mengarah pada pemikiran negatif. Secara umum dibedakan atas dua penyebab perbedaan pandangan dan terhalangnya pencapaian tujuan;(2) persepsi individu terhadap konflik merupakan apa yang difikirkan …
Jurnal BK UNESA 2000, 1-14, 2009
2009 Pengembangan Paket Bimbingan Kecakapan Menyelesaikan Konflik Interpersonal Siswa
Tesis tidak di terbitkan. Malang: Unm, 2009