Publikasi S2 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2013 Penerapan Konseling Islami untuk Menangani Kenakalan Remaja di Era Modern
Prosiding Kongres XII, Konverensi Nasional XVIII Asosiasi Bimbingan dan …, 2013
2013 Pengembangan Media Permainan Lingkaran Aksi Asertif pada Siswa SMP Negeri 1 Sidayu
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan lingkaran aksi asertif untuk menangani masalah perilaku asertif khususnya dalam pemahaman perilaku asertif pada siswa SMPN 1 Sidayu. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah permainan lingkaran aksi untuk meningkatkan pemahaman perilaku asertif pada siswa SMP, yang berupa seperangkat permainan yang terdiri dari (1) papan permainan,(2) buku petunjuk penggunaan,(3) kartu aksi,(4) lembar reward,(5) poin reward,(6) tempat penyimpanan kartu,(7) tempat penyimpanan poin reward,(8) tempat penyimpanan permainan lingkaran aksi,(9) modul materi pemahaman perilaku asertif. Hasil uji kevalidan permainan oleh ahli materi sebesar 89% dengan keterangan valid. Data hasil uji kevalidan permainan oleh ahli media sebesar 85% keterangan valid dan hasil uji kevalidan permainan oleh calon pengguna produk sebesar 90, 1% keterangan valid. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk, dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut masuk dalam kategori baik dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku asertif siswa SMP.
Jurnal BK UNESA 2 (1), 61-67, 2013
2013 Penerapan latihan regulasi diri untuk meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar siswa kelas XG SMA Negeri 3 Mojokerto
Siswa yang tidak mampu mengelola waktu belajar berawal dari ketidakmampuan dalam mengelola kegiatan sehari-hari yang menimbulkan siswa tidak fokus dan konsentrasi dalam mengikuti pelajaran di kelas, serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Beberapa dampak dari ketidakmampuan mengelola waktu belajar adalah banyaknya kegiatan tidak bertujuan yang dikerjakan, hingga pengelolaan waktu belajar mereka menjadi kacau. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan latihan regulasi diri untuk meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar pada siswa kelas XG SMA Negeri 3 Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola waktu belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas XG SMA Negeri 3 Mojokerto yang memiliki skor kemampuan mengelola waktu belajar rendah. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda, dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji tanda, dengan N= 7 dan X= 0 maka diperoleh= 0,008 dari tabel binomial. Jika dalam ketetapan sebesar 5% adalah 0, 05, maka harga 0,008< 0, 05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya setelah diberikan latihan regulasi diri, siswa yang sebelumnya mempunyai tingkat kemampuan mengelola waktu belajar rendah, kini tingkat kemampuan mengelola waktu belajarnya menjadi sedang. Jadi hipotesis penelitian “Penerapan Latihan Regulasi Diri untuk Meningkatkan …
Jurnal Unesa Vol. 4 No 1, 2013
2013 Bimbingan dan Konseling Komunitas
Jambi: Unesa University Press, 2013
2013 Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya
Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling 1, 2013
2013 Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan untuk Menangani Siswa Terisolasi di Kelas VIII A Smp Negeri 1 Kunjang Kediri
Siswa yang tidak mampu mengelola waktu belajar berawal dari ketidakmampuan dalam mengelola kegiatan sehari-hari yang menimbulkan siswa tidak fokus dan konsentrasi dalam mengikuti pelajaran di kelas, serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Beberapa dampak dari ketidakmampuan mengelola waktu belajar adalah banyaknya kegiatan tidak bertujuan yang dikerjakan, hingga pengelolaan waktu belajar mereka menjadi kacau. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan latihan regulasi diri untuk meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar pada siswa kelas XG SMA Negeri 3 Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola waktu belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas XG SMA Negeri 3 Mojokerto yang memiliki skor kemampuan mengelola waktu belajar rendah. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda, dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji tanda, dengan N= 7 dan X= 0 maka diperoleh= 0,008 dari tabel binomial. Jika dalam ketetapan sebesar 5% adalah 0, 05, maka harga 0,008< 0, 05. Dengan demikian H 0 ditolak dan H a diterima. Artinya setelah diberikan latihan regulasi diri, siswa yang sebelumnya mempunyai tingkat kemampuan mengelola waktu belajar rendah, kini tingkat kemampuan mengelola waktu belajarnya menjadi sedang. Jadi hipotesis penelitian “Penerapan Latihan Regulasi Diri untuk Meningkatkan …
Jurnal BK Unesa 4 (1), 99-108, 2013
2013 Konseling Komunitas. Mengatasi Tindak Kekerasan Terhadap Anak & Perempuan
Malang: Bayumedia, 2013
2013 Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media Bimbingan dan Konseling. Media Blog “BK Sahabat Kita” dipilih sebagai satu upaya perbaikan masalah diatas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan media blog dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling dan (2) meningkatkan minat siswa dalam memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Sebelum pada tahap produksi, dilakukan analisis kebutuhan materi layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa dan diperoleh presentase tertinggi yaitu materi Pengembangan Perilaku Sosial yang Bertanggung Jawab sebanyak 87, 4%. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji ahli dalam mendukung kelayakan media blog dalam layanan informasi bimbingan dan konseling 76, 8% menurut kriteria penilaian Mustaji (2005) termasuk kategori baik dan layak digunakan.
Jurnal BK Unesa 1 (1), 701-711, 2013
2013 Pemetaan Skripsi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Tahun Angkatan 2006 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan data-data secara rinci untuk mengetahui prosentase tentang jenis penelitian, bidang kajian, lokasi penelitian, sumber kajian pada skripsi, serta lama studi yang ditempuh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Tahun Angkatan 2006. Jenis penelitian ini adalah non-eksperimen dengan menggunakan jenis deskriptif. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya tahun angkatan 2006 yang berjumlah sebanyak 115 skripsi.
Jurnal BK 3, 90-102, 2013
2013 Hubungan Antara Persepsi Dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika
Latar belakang dari penelitian ini dimulai dari hasil angket studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa 100% dari 106 siswa kelas XI AK SMK Mahardhika Surabaya pernah mengalami konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika Surabaya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu korelasi product moment dari Pearson. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah 97 siswa. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan diketahui nilai N= 97, maka diperoleh rhitung 0,367 dengan rtabel pada taraf signifikan5%= 0,195 dan rtabel pada taraf signifikan1%= 0,256. Hal ini dapat disimpulkan bahwa harga 0,256> 0,367> 0,195 (rtabel1%> rhitung> rtabel 5%). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, hasil penelitian korelasi antara X dan variabel Y adalah signifikan, dan interpretasi korelasi termasuk pada kategori rendah. Pengaruh persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal sebesar 13, 47% dan sisanya 86, 53% ditentukan oleh variabel prinsip, pemahaman, kesiapan, pertahanan diri, dan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah konflik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika …
Jurnal BK UNESA 3 (1), 2013