Publikasi S3 Manajemen Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2014 | Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas | Sebagai ujung tombak pendidikan, seorang pendidik harus memiliki kemmapuan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dar kacamata tersebut, maka buku ini menyajikan konsep, prinsip, kaidah, dan teori belajar secara komprehensif dan sistematis dengan harapan memberikan wawasan dan landasan kepada para pendidik agar dapt mewujudkan proses pembelajaran yang kondusif. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup |
Prenada Media, 2014 | |
2014 | Pengembangan Sekolah Berbasis Multikultural | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan dan implementasi rencana pengembangan sekolah pada sekolah berbasis multikultural. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, bersifat eksplanatoris. Lokasinya di SMA SPI Kota Batu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki RPS multikultural, strategi yang dilakukan termuat dalam RPS multikultural, proses penyusunan RPS tampak pada alur penyusunan RAKS dan RJKM, implementasi RPS sudah baik, sekolah memfasilitasi siswa dalam pengembangan diri baik pada kemampuan akademik maupun non akademik. |
Jurnal Pendidikan Humaniora 2 (4), 383-390, 2014 | |
2013 | Model Scaffolding pembelajaran menulis dengan pendekatan proses bagi anak tunarungu | Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan dan kendala dan (2) menghasilkan draf model scaffolding dalam pembelajaran menulis dengan pendekatan proses yang dipadukan dengan metode maternal reflektif (MMR). Penelitian pengembangan ini menggunakan model R2D2 “Recursive Reflektif Design and |
Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya 41 (2), 2013 | |
2013 | Analisis proses penyusunan dan implementasi rencana pengembangan sekolah pada sekolah berbasis multikultural (studi kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu) | Hariyati N. 2013. Analisis Rencana Pengembangan Sekolah Berbasis Multikultural Studi kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu. Tesis Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd Kata kunci rencana pengembangan sekolah pendidikan multikultural Pendidikan multikultural menawarkan satu alternatif melalui penerapan strategi dan konsep pendidikan berbasis pemanfaatan keragaman yang ada di masyarakat. Oleh karena itu diperlukan rencana pengembangan sekolah yang mencakup seluruh substansi manajemen pendidikan yang diorientasikan pada basis multikultural dan keunggulan yang menjadi kekhasan atau karakteristik suatu sekolah. Penelitian di SMA SPI Kota Batu bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Gambaran konteks sekolah yang meliputi kekuatan (strengths) kelemahan (weaknesses) peluang (opportunities) dan tantangan (threats) sebagai dasar dalam proses penyusunan dan implementasi RPS berbasis multikultural (2) Proses penyusunan RPS Berbasis Multikultural (3) Strategi sekolah dalam memberdayakan kekuatan mengatasi kelemahan memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan sebagai dasar penyusunan RPS Berbasis Multikultural (4) Implementasi RPS Berbasis Multikultural yang mencakup (a) faktor-faktor yang menjadi kunci keberhasilan implementasi RPS (b) faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam implementasi RPS Berbasis Multikultural dan (5) Evaluasi kinerja pengembangan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan … |
Universitas Negeri Malang, 2013 | |
2012 | Penyakit dan terapi bekamnya: dasar-dasar ilmiah terapi bekam | Thibbia, 2012 | ||
2011 | Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan wajib pajak (studi pada pelayanan pajak pratama Purbalingga) | Kata Kunci Kualitas Layanan Kepuasan Wajib Pajak Kepuasan wajib pajak adalah harapan utama Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purbalingga yang saat ini sedang memperbaiki kinerja kantornya. Wajib pajak merupakan salah unsur terpenting dalam penilaian pada kantor pajak maka keberadaannya harus diperhatikan. Salah satu persoalan yang menjadi perhatian dalam perusahaan adalah bagaimana memahami kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dari setiap wajib pajak. Sehingga hal ini merupakan suatu bentuk tuntunan bagi pihak kantor dalam memahami karakteristik perilaku wajib pajaknya. Kepuasan wajib pajak bukanlah hal yang mudah dicapai karena setiap wajib pajak memiliki penilaian masing-masing tentang kepuasan. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kepuasan wajib pajak seperti dimensi kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kualitas layanan terhadap kepuasan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purbalingga. Populasinya adalah wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purbalingga pada bulan Oktober 2009 yaitu sebanyak 6382 sedangkan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan untuk penentuan jumlah sampel digunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 wajib pajak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bukti langsung (X1) keandalan (X2) daya tanggap (X3) jaminan (X4) dan empati (X5) sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan wajib pajak (Y). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows Release 13 0 dengan taraf signifikansi 5 … |
Universitas Negeri Malang, 2011 | |
2011 | Manajemen pembelajaran inovatif | Surabaya: Iranti Mitra Utama, 2011 | ||
2010 | Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Menulis Proses bagi Siswa Tunarungu | Menulis merupakan keterampilan akademik dan alat komunikasi yang signifikan bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, terutama dalam keterampilan menyusun kalimat, paragraf, dan dalam mendeskripsikan hal-hal yang konkrit secara spontan. Penelitian dilakukan melalui studi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas tinggi di SLB Karya Mulia Surabaya. Hasil evaluasi normalitas menunjukkan bahwa kondisi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol homogen dengan p= 0.200. Hasil uji t sampel bebas, menunjukkan bahwa antara kelompok perlakuan dan dengan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna, baik dalam kemampuan menyusun kalimat, menyusun paragaraf maupun dalam kemampuan menulis spontan deskripsi benda konkret. Hal … |
Jassi Anakku 10 (1), 1-13, 2010 | |
2010 | Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Problem Solving Terhadap Kemampuan Kognitif Mengelompokkan Benda Menurut Fungsi Kelompok B Di Tk Belia Kreatif Surabaya | Pembelajaran di sekolah yang masih menerapkan pembelajaran klasikal yang didominasi oleh guru membuat anak kesulitan menerima pemahaman suatu konsep pelajaran, seperti pada TK Belia Kreatif Surabaya ditemukan kesulitan anak dalam mengelompokkan benda menurut fungsi. Dari 22 anak sekitar 12 anak yang bisa mengelompokkan benda dengan benar. Tujuan diterapkan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah tipe problem solving terhadap kemampuan kognitif mengelompokkan benda menurut fungsi di TK Belia Kreatif Surabaya.Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi nonpartisipant dalam bentuk observasi terstruktur. Data yang dikelola peneliti adalah data pretest dan posttest. Analisis data dengan menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jumlah t tabel= 66, sedangkan jumlah t hitung terkecil=-1 sehingga 1< 66, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah tipe problem solving terhadap kemampuan kognitif mengelompokkan benda menurut fungsi di TK Belia Kreatif Surabaya. |
Jurnal Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri …, 2010 | |
2010 | Paradigma Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas | Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet 2, 2010 |