Publikasi S2 Bimbingan Dan Konseling

Year Title Description Publisher Author(s)
2016 Pengaruh Metode Pembiasaan terhadap Perilaku Moral Anak Kelompok B
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan terhadap perilaku moral pada anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Sampel penelitian berjumlah 24 anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung< Ttabel (0< 81) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) tidak ditolak dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung< Ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode pembiasaan terhadap perilaku moral pada anak kelompok B di TK Darrul Muttaqin Nganjuk. Kata Kunci: Metode pembiasaan, perilaku moral.
Jurnal PAUD Teratai 5 (3), 1-5, 2016
2016 Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Berbasis Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok a
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap berbasis media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik. Subjek penelitian berjumlah 20 anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung< Ttabel (0< 52) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung< Ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode bercakap-cakap berbasis media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Gresik.
Jurnal PAUD Teratai 5 (03), 68-72, 2016
2016 Pengembangan Software Pemilihan Karier dengan Tipologi Holland untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 4 Lamongan
Dari hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling dan siswa diperoleh informasi bahwa siswa masih bingung memilih SMA atau SMK dan jika memilih SMK jurusan apa yang akan dipilihnya. Mereka lebih cenderung memilih sekolah dimana temannya juga bersekolah. Hal ini menyebabkan kurang sesuainya pendidikan yang akan ditempuh dengan potensi yang dimiliki, hal tersebut akan menyebabkan siswa mengalami masalah pada saat mereka memasuki sekolah tersebut. Guru BK SMP Negeri 4 Lamongan selama ini menggunakan instrumen yang berupa angket. Dari penjelasan guru BK dari penyebaran angket tersbut hasil yang diperoleh kurang maksimal dikarenakan siswa tidak bersungguh-sungguh dalam pengerjaannya. Banyak siswa menilai mengisi angket itu membosankan dan membuat mereka malas. Oleh karena itu, dikembangkan alat ukur yang berbentuk software pemilihan karier dengan tipologi Holland untuk SMP beserta buku panduan penggunaannya yang memnuhi kriteria keberterimaan (kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan).
Jurnal BK Unesa 1, 2016
2016 Bimbingan dan Konseling Komunitas di Berbagai Setting
Surabaya: Unesa University Press, 2016
2016 Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Penelitian ini menguji keefektifan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa Sekolah Menengah Atas. Rancangan penelitian menggunakan randomized controlled trials: triple blinding. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa dengan konflik interpersonal berpola “menang-kalah” ataupun “kalah-kalah”. Mereka terbagi dalam 12 siswa pada kelompok eksperimen serta 12 siswa pada kelompok kontrol, melalui random allocation. Siswa kelompok eksperimen dikenai konseling resolusi konflik, sedangkan siswa kelompok kontrol dikenai konseling sebagaimana biasa. Berdasarkan uji statistik ancova, diketahui bahwa konseling resolusi konflik dapat meningkatkan (1) persepsi positif terhadap konflik,(2) sikap kolaboratif menghadapi konflik,(3) cara menyelesaikan konflik dengan konstruktif, serta (4) hasil penyelesaian konflik yang konstruktif. Kesimpulannya, konseling resolusi konflik efektif menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa SMA, dibandingkan dengan konseling sebagaimana biasa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, bahwa konselor sekolah dapat menggunakan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal siswa.
Jurnal Pendidikan Humaniora 4 (1), 2016
2015 Erik’s Oppression in Gaston Leroux’s The Phantom of the Opera
Erik’s oppression is the main focus of this study in Gaston Leroux’s novel entitled The Phantom of the Opera. This study applies descriptive analysis method. The main data is taken from the novel written by Gaston Leroux entitled The Phantom of the Opera. This thesis is purposed to analyze how the depiction of Erik’s oppression, also give the analysis of the factors and also the impacts of Erik’s oppression, that is already stated in the statement of the problem. Oppression is arbitrary thing that someone do to the minorities who does not have power to against it. The concept of oppression, refers to the unjust use of power. This study applies the concept of oppression and the theory of power and oppression by several expert, such Peg O’Connor and Elizabeth D. Hutchison. The theories and concept are well applied to reveal the statement of the problem. The analysis points out that Erik has pictured the image of oppression which dominate in this novel. Erik with his power dominate and oppress the others by giving some rules in Paris Opera, such the manager have to pay some money to him. It is because Erik with his great expertise feels has a higher power than others. This oppression made people surround him depressed and made them submissive by his power. However oppression can definitely lead to something that is not fair. Supervision and control themselves may be also avoid that action. Key Words: oppression, power Abstrak Penindasan Erik adalah fokus utama dari studi ini dalam novel Gaston Leroux berjudul The Phantom of the Opera. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Data utama diambil dari novel yang …
LITERA KULTURA: Journal of Literary and Cultural Studies 3 (2), 2015
2015 Pengembangan media permainan monopoli percaya diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodayu
Percaya diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan siswa sebagai salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada diri setiap siswa agar kelak mereka dapat menjadi manusia yang mampu mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya, dengan kemampuan tersebut siswa akan lebih jernih dalam mengatur tujuan dan sasaran pribadi yang jelas. Siswa yang memiliki rasa kurang percaya diri akan menghambat tumbuh kembang anak tersebut dalam beraktifitas dilingkungan sekitar yang dia tempati, baik disekolah, keluarga maupun masyarakat. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan percaya diri adalah permainan monopoli sebagai salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Permainan monopoli merupakan media yang mudah digunakan dan menarik minat siswa dalam mengikuti proses bimbingan dan konseling.
Universitas Negeri Surabaya, 2015
2015 KONSELING RESOLUSI KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI POSITIF TERHADAP KONFLIK DAN SIKAP KOLABORATIF PADA SISWA
This research examined the effectiveness of conflict resolution counseling to solve student’s interpersonal conflict in senior high school. The experimental study used randomized controlled trials design with triple blinding include: clien as participants, counselors, and pretest-postest administrator. Participants were 24 students with destructive interpersonal, devided into 12 students in the experimental group and 12 students in the control group. Participants in the experimental group received conflict resolution counseling and participants in the control group received counseling as usual. Based on anacova statistical test indicated implementing of conflict resolution counseling has improved:(1) positive perceptions of the conflict,(2) collaborative attitude in the face of conflict. It can be concluded that, conflict resolution counseling can help the students of senior high school to solve their interpersonal conflicts. Conflict resolution counseling can be adopted as alternative counseling for interpersonal conflict resolving.
Elementary Islamic Teacher Journal 3 (2), 312-323, 2015
2015 Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Mengatasi Konflik Interpersonal pada Siswa SMA
DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2015
2014 Hubungan antara tingkat religiusitas dengan tingkat aktivitas seksual pada remaja akhir
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya hubungan antara tingkat religiusitas dengan tingkat aktivitas seksual pada remaja akhir. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah 30 remaja akhir di kota Surabaya wilayah Selatan yang di pilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini merupakan remaja berusia 18-21 tahun, pernah/sedang menjalin hubungan dengan orang lain, berdomisili di Surabaya Selatan, bersedia mengikuti penelitian dengan menandatangani lembar persetujuan sebagai subjek penelitian dengan status SMTA dan Perguruan Tinggi. Data penelitian di kumpulkan melalui angket yaitu angket tingkat reliigusitas dengan tingkat aktivitas seksual yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik statistik koefisien kontingensi korelasi Phi (ø) dengan hasil analisis data sebesar 0, 79 dan untuk mengetahui taraf signifikan, peneliti melakukan konversi kenilaian Chi-Squre (X2) teoritik sebesar 18, 7 dengan taraf 5% yang menunjukkan 3, 84 (5%). Dari data di Chi-Squre (X2) crosstab bahwa tingkat religiusitas memiliki korelasi negatif dengan tingkat aktivitas seksual
Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 1 (2), 179-185, 2014