Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2020 Hubungan antara dukungan sosial, kontrol diri dengan motivasi berprestasi dalam penyelesaian skripsi mahasiswa
Jurnal BK UNESA 11 (5), 675-687, 2020
2020 Konseling Online Untuk Membantu Kesejahteraan Psikologis Anak Saat Pandemi Covid-19
Ada beberapa masalah psikologis yang muncul selama belajar dari rumah, yakni anak mengalami kecemasan dan stres akademik terkait pembelajaran daring. Solusinya yang bisa dilakukan adalah melakukan konseling online. Penelitian ini menggunakan jenis/pendekatan penelitian studi pustaka. Sumber data yang akan digunakan sebagai bahan untuk penelitian ini adalah buku, jurnal dan situs internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil penelitian meliputi:(a) Layanan konseling online bisa memanfaatkan berbagai teknologi;(b) Fitur yang bisa dikembangkan dalam konseling online meliputi layanan interaktif dan non interaktif. Layanan interaktif meliputi synchronous dan asynchronous;(c) Pelaksanaan konseling online harus mengikuti kode etik dan langkah-langkah yang berlaku.
(Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 1 (1), 013-017, 2020
2020 Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini
Perkembangan empati dan kreativitas pada anak usia dini perlu mendapat perhatian. Hal ini memerlukan kerjasama antara sekolah, orangtua dan anak didik. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan bentuk dan upaya KB Salam mewujudkan interkonektivitas tiga elemen tersebut dan berdampak positif terhadap tumbuhnya kreativitas dan empati pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif etnografi untuk mengungkap fakta tentang pembelajaran di KB Salam dan berdampak pada perkembangan empati dan kreaitivitas anak usia dini. Subjek penelitian adalah pendiri, pengelola, fasilitator, dan orangtua di KB Salam. Tehnik pengumpulan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB Salam mengembangkan kurikulum pembelajaran berdimensi lokal berdasarkan filosofi dan konteks sosial budaya. Pembelajaran di KB Salam menciptakan habitus komunitas belajar dengan cara pendayagunaan metode pembelajaran yang bersinergi dengan interaksi sosial keseharian antara guru, anak didik dan orangtua. Keterlibatan orangtua dalam proses pembelajaran di sekolah untuk mengembangkan empati dan kreativitas pada anak usia dini dilahirkan oleh lingkungan sosial yang disebut sekolah keluarga.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 576-590, 2020
2020 Pelatihan Learning Theory of Career Counseling bagi Guru Bimbingan dan Konseling
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelayanan guru Bimbingan dan Konseling tingkat SMP di Kota Mojokerto. Peneliti bekerja sama dengan pihak MGBK SMP Kota Mojokerto. Kompetesi yang dilatihkan adalah softskills berupa pemahaman guru Bimbingan dan Konseling tentang Pelayanan di bidang karier yang berorientasi pada pendekatan LTCC. Target yang ingin dicapai setelah pelatihan ini adalah pemahaman yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pelayanan konseling di bidang karier. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah melakukan pelatihan kepada guru Bimbingan dan Konseling dalam waktu tertentu. Kompetensi guru Bimbingan dan Konseling akan diukur dengan menggunakan instrumen yang diberikan kepada guru Bimbingan dan Konseling sebelum dan setelah pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perubahan pemahaman …
Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3 (02), 2020
2020 Pengembangan Aplikasi Let’s End Body Shaming Untuk Meningkatkan Self Confidence
Body shaming merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di dunia, termasuk di Indonesia. Body Shaming merupakan bentuk dari bullying verbal maupun non-verbal. Seperti studi pendahuluan yang dilakukan pada SMA Muhammadiyah 10 Surabaya diperoleh informasi bahwa kurangnya media yang menarik untuk digunakan peserta didik dalam pencegahan body shaming. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dan bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa media aplikasi yaitu let’s end body shaming. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada Borg and Gall (1983). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ke lima, yaitu revisi produk utama, dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Pada hasil uji akseptabilitas ahli menggunakan metode content validity ratio (CVR) dan di rata-rata menjadi CVI. Sedangkan pada uji akseptabilitas calon pengguna (peserta didik) menggunakan metode presentase. Hasil CVI pada uji ahli materi dan calon pengguna (guru bimbingan dan konseling) sebesar 0, 63. Hasil CVI pada uji ahli media sebesar 0, 53. Hasil CVI pada buku panduan sebesar 0, 53. Dan hasil pada uji validasi calon pengguna (peserta didik) 86, 2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa produk media aplikasi let’s end body shaming telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Kata Kunci: Body Shaming, Penelitian pengembangan, Aplikasi
Jurnal BK UNESA 11, 356-363, 2020
2020 PENGEMBANGAN VIDEO CINEMATHERAPY BULLYING BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEDANGAN
Fenomena bullying masih banyak terjadi di lingkungan sekolah. Perilaku bullying dalam bentuk verbal, nonverbal dan reasional merupakan perilaku yang banyak terjadi antar peserta didik pada mitra sebayanya. Layanan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah dapat membantu menyelesaikan permasalahan bullying. Pemberian layanan BK dapat diberikan secara langsung maupun secara tidak langsung, yakni melalui perantara media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan satu produk media bimbingan dan konseling guna mencegah dan menangani perilaku bullying di kalangan peserta didik, yakni video cinematherapy “STOP BULLYING” yang layak dan efektif untuk mencegah dan menghentikan perilaku bullying. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian pengembangan dari Borg and Gall (2008). Data penelitian dikumpulkan melalui angket askseptabilitas produk. Sumber data pada penelitian ini yakni validator media, validator materi, dan calon pengguna video cinematherapy. Analisis data dilakukan melalui teknik Content Validity Index (CVI) menurut Lawshe (1985). Hasil penelitian ini yakni terciptanya video cinematherapy yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, kepatutan dan ketepatan. Berdasarkan media yang dikembangkan, maka implikasi pada penelitian ini adalah video cinematherapy “STOP BULLYING” dapat membantu guru bimbingan dan konseling menahan dan menangani perilaku bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pengembangan Video Cinematherapy, Bullying, Peserta Didik
Jurnal BK UNESA 11 (3), 2020
2020 Students’ self-control in writing negative comments in social media
The behavior of writing negative comments is one of the behaviors caused by weak self-control in using social media. The purpose of this study is to know how the students write negative comments based on their self-control especially as indicated by the use of correct spelling and meaning of language. This research is a case study research with a qualitative descriptive approach. The subjects of this study were 6 junior high school students who were netted using negative comment scale instruments, interviews, and documentation. Research analysis using triangulation starts from data reduction, data presentation, concluding, to data verification. The results of the study in the form of the subject’s self-control in writing negative comments on social media are based on differences in supporting factors they have.
International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 231-236, 2020
2020 Effectiveness of the Traumatic Counseling Model for Reducing PTSD Symptoms in High School Students
The objective of this reseach is to evaluate the effectivity of the model to reduce PTSD Symstoms on high school students in Surabaya. An experiment research with pre—test and post—test to a control group is conducted. The subjects of this research are high school students who have traumatic experience. A random sampling method is used to determine the subjects. The chosen subjects are 40 students whose are devided into four groups of 10. They are (i) a group that is treated by a cognitive behavioural counselling (CB),(ii) a group that is treated by the EMDR counselling,(iii) a group that is treated by the egostate counselling, and (iv) a control group. The instrument used in the research is IES-R (The Impact of even Scale-Revised). The experiment is conducted by 10 counsellors for 6 meetings of 60 minutes. The treatment is following the protocol of counselling traumatic model. The observed data is then analysed by a descriptive statistics and analysis of variance (ANOVA). The results of the analysis show that the value of F inter group is 230.39; df= 3.36; sig= 0.00. The results of significance test prove that there is a signicant diference between average post—test marks of groups which are treated by CB, EMDR, egostat, and control. It can be concluded that the hypothesis of “there is a diference between average post—test marks of groups which are treated by CB, EMDR, egostat, and control can be accepted. The results of the analysis also show that the most effective method used in treating a traumatic students is the egostate counselling since the reduction of traumatic score is the most. Therefore, the developed traumatic counseling …
the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) 491 …, 2020
2020 Studi Kepustakaan Faktor-Faktor Penyebab “School Refusal” di Sekolah Dasar
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku school refusal pada anak di sekolah dasar. Seperti yang kita tahu, school refusal merupakan permasalahan yang seringkali menjadi keluhan orang tua dan menimbulkan kekhawatiran karena anak mereka enggan menghadiri sekolah. Roscommon CAMHS dkk menyebutkan bahwa kasus penolakan sekolah memang bukan hal yang baru karena kebanyakan anak pasti pernah mengalami permasalahan seperti ini. Penelitian terkait school refusal memang sudah banyak dilakukan oleh civitas-civitas akademik dan dimuat dalam jurnal bertaraf nasional maupun internasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab school refusal dengan mengacu pada komponen-komponen dari 23 artikel yaitu terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penolakan sekolah seperti kecemasan perpisahan, pola asuh orang tua, pengalaman buruk yang bersifat trauma, kesulitan akademik, dan kondisi ekonomi yang rendah.
Jurnal BK Unesa 11 (4), 565-582, 2020
2020 Kecanduan Game Online (Profil Pecandu, Faktor Penyebab, dan Penanganannya)
Jurnal BK UNES 11 (5), 766, 2020