Publikasi S2 Teknologi Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2015 | Pengem bangan Media Video Boneka Tangan dalam Pembelajaran Harga Diri Mata Pelajaran Pendidikan Kewar ganegaraan Siswa Kelas 3 SDN Sumberejo 2 Pakal Surabaya | Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang pedoman, pemahaman, pengertian, dan pengayoman nilai moral yang terkandung dalam materi ilmu pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai salah satu mata pelajaran penting dalam proses pendidikan. Pembelajaran materi Pendidikan Kewarganegaraan SD khususnya materi harga diri yang abstrak, maka untuk membantu siswa dalam proses belajar maka memerlukan bantuan media. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah media video boneka tangan untuk siswa kelas III SDN Sumberejo 2 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi harga diri. |
Jurnal Ilmiah, 1-7, 2015 | |
2014 | Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Mata Pelajaran Biologi Pada Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Jombang | Permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa di dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, adalah siswa kurang memiliki pengetahuan materi prasyarat sehingga siswa kurang dapat memahami konsep yang terkandung di dalam materi sistem ekskresi pada manusia dan hasil nilai ulangan menunjukkan bahwa 28% siswa mendapatkan nilai di bawah SKM. Selain itu, di dalam proses pembelajaran, masih terjadi kemacetan atau ketidaklancaran proses pelaksanaan diskusi, terjadi kegaduhan atau keramaian ketika guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, dan adanya siswa yang masih mendominasi proses diskusi kelompok. Jika pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak sesuai dengan konsep maka dapat berakibat tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Karena itu, evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil diterapkan. Evaluasi yang dilakukan merupakan evaluasi pada model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jombang. |
Jurnal Evaluasi 1 (1), 2014 | |
2014 | Exploring the collaborative learning possibilities in the use of Digital Storytelling in higher Education | Appraising digital storytelling across educational contexts, 173-188, 2014 | ||
2012 | Sistem Informasi Manajemen | Graha Ilmu: Yogyakarta, 2012 | ||
2012 | Hakikat pengembangan | Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012 | ||
2012 | Perbedaan penelitian dan Pengembangan | Elearning: Unesa, 2012 | ||
2012 | Penelitian Kausalitas Komparatif | Surabaya: elearning UNESA, 2012 | ||
2011 | Teori dan praktek pendidikan | Surabaya: Lembaga Pengkajian Dan Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP Unesa, 2011 | ||
2011 | Pengembangan Media Kartu Permainan Aksara Jawa Sebagai Variasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Siswa kelas 2 SDN Ngagel Rejo III Surabaya | Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa variasi pembelajaran di dalam kelas, dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa dengan materi Aksara Jawa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan media dari Arief Sadiman, yang tersusun secara sistematis untuk menentukan hasil akhir berupa produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument observasi. Teknik observasi digunakan untuk memantau peran guru dalam menggunakan variasi pembelajaran dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa. Selain itu teknik observasi juga digunakan untuk memantau kegiatan siswa didalam kelas selama guru mengadakan variasi pembelajaran, dengan memanfaatkan media kartu permainan Aksara Jawa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni … |
Skripsi. Surabaya: Teknologi Pendidikan, FIP, Unesa 1 (2), 2011 | |
2011 | Pengembangan multimedia interaktif mata kuliah produksi media video pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa | Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sulthon M.Pd Kata kunci Pengembangan Multimedia Interkatif Produksi Media Video. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Pemecahan masalah belajar tersebut amat penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan adanya proses pembelajaran yang berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu sumbangan nyata yang dapat ditunjukkan bidang Teknologi Pembelajaran adalah penyediaan sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Sementara itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran Matakuliah Pengembangan Media Video/TV pada Program Studi S1 Tenologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya belum tersedia bahan pembelajaran yang dirancang khusus (by design) untuk pembelajaran. Bahan pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada media cetak berupa buku teks serta program video umum (by utilization). Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mendesain dan mengembangkan bahan belajar salah satu diantaranya dalam bentuk multimedia interaktif pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan memuat komponen-komponen bahan belajar berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan harapan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan memfasilitasi mahasiswa dalam … |
Universitas Negeri Malang, 2011 |