Publikasi S1 Pendidikan Luar Sekolah
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Building Family Resilience through Phylantrophy and Populist Policies to Cope The Covid-19 Pandemic in Indonesia | Family resilience is an essential factor to cope with the Covid-19 pandemic. This study aims to identify various efforts, from the state to the family, as the smallest unit in society, to build their strength during the crisis. This research was carried out through two methods, survey, and discourse analysis. The results explain that building family resilience during the pandemic can be realized only when relationships as social capital are developed by the society and the state in the cultural and structural dimensions. The cultural dimension is characterized by the emergence of institutionalized social philantropyh. This perspective is reflected by religious and social philanthropy, as well as personal and communal philanthropy. Meanwhile, the structural dimension is reflected by populist policies were issued by local, provincial, and central government policies. |
Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2021 | |
2021 | Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini | Kondisi pandemi yang melanda hampir seluruh negara-negara yang ada di dunia, menyebabkan permasalahan pada dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah media yang dapat mensinkronkan seluruh aktivitas pembelajaran. Tujuan inti dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kehandalan desain LMS bagi PAUD pada website SIKUMBANG. Menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek yang digunakan dalam ujicoba ini yaitu 3 orang guru dan 26 siswa Taman Kanak-Kanak Lab School Unesa. Hasil LMS yang telah dikembangkan dapat diakses pada laman https://sikumbang. unesa. ac. id. Selain itu dilakukan validasi perangkat yang digunakan dalam LMS dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara daring dengan dinilai sangat layak untuk digunakan. Pada tahap implement (implementasi) dilakukan sebanyak tiga kali pada tema keluarga. Berdasarkan hasil uji terdapat peningkatan jumlah pengguna. Pengguna dapat menggunakan secara mandiri, adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan LMS, guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahap pembelajaran daring. |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1), 109-120, 2021 | |
2021 | Efektifitas Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Usia 12-15 Tahun Dalam Bdr Di Desa Randuagung Kecamatan Gresik | Di masa pandemi Covid 19 dibutuhkan peran orang tua untuk meningkatkan minat belajar anak ketika belajar dari rumah berlangsung. Minat adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan adanya minat, anak akan sangat mudah menerima hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peran orang tua selama anak belajar dari rumah terhadap minat belajar anak selama melakukan belajar dari rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji validitas menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alfa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak umur 12-15 tahun di desa Randuagung Gresik sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket skala likert. Hasil dari analisis efektifitas peran orang tua terhadap minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah) menunjukkan tingkat koefisien korelasi 0,781 dengan signifikansi sebesar 0, 05 (p< 0, 05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara efektifitas peran orang tua dan minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah). |
J+ Plus Unesa 10 (1), 227-232, 2021 | |
2021 | PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PIDATO UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BERBICARA DI MUKA UMUM, PONDOK PESANTREN AL-FALAH, DESA MOJO, KECAMATAN PLOSO KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR | Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengatasi beberapa permasalahan utama yang dialami oleh pondok pesantren, yakni meningkatkan self-efficacy berbicara di muka umum pada santri. Santri kurang bisa memanagemen latihan pidato yang sesuai dengan kondisi sekarang dan berkelanjutan. Sebagian besar santri merasa kurang percaya diri tampil berbicara di muka umum. Sedangkan harapan orang tua kepada anak-anaknya ialah menginginkan mereka menjadi pemimpin dan ahli dakwah ketika kembali ke daerah masing-masing. Permasalahan tersebut yang dialami oleh Pondok Pesantren mitra œAl-Falah, Kecamatan Ploso, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk mencapai tujuan program PKM ini perlu dilakukan managemen latihan pidato bagi santri yang dilakukan setiap minggu. Serta adanya buku ajar keterampilan berbicara di muka umum sebagai pedoman saat latihan pidato. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan antara bulan Juni hingga November 2019. Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test yang diberikan oleh Tim PKM kepada peserta pelatihan pidato kemampuan santri pondok pesantren Al-Falah Ploso Kediri ketika berbicara di depan umum mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan niali rata-rata saat pre-test sebesar 68, 55 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 73,075. Serta Dari hasil pelaksanaan PKM nampak santri antusias dalam mengikuti pelatihan pidato dan terdapat beberapa masukan terkait kegiatan selanjutnya. |
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (1), 44-49, 2021 | |
2021 | Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19 | Banyak orang tua beranggapan tanggung jawab pendidikan ada pada pendidik dimasa pandemi saat ini, sehingga orang tua tidak mau ikut bersinergi dengan pendidik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan sinergi orang tua dengan pendidik di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Harapan Kota Baru Driyorejo Gresik dalam mendampingi belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pendidik dan orang tua KB Kuncup Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstuktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sinergi orang tua dengan pendidik KB Kuncup Harapan dalam pendampingan belajar anak usia dini. KB Kuncup Harapan memiliki program parenting, sebab peran orang tua sebagai demonstraktor, modelling, mentoring, organizing yang berkaitan dengan peran pendidik sebagai motivator, mediator, fasilitator dan evaluator. Bentuk kegiatan parenting KB Kuncup Harapan selama pandemi Covid-19, yaitu keterlibatan belajar di rumah, komunikasi, volunteer, dan pengambilan keputusan pendidikan anak. |
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2), 1054-1069, 2021 | |
2021 | Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 | Pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan dengan adanya pandemi Covid-19. Penurunan daya beli konsumen dari sektor pemasaran tradisional dengan penutupan sektor pariwisata merupakan tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usaha. Peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi adalah dengan memaksimalkan penjualan di pasar Online. Pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online perlu dilakukan atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM pada produk yang paling dibutuhkan di masa pandemi seperti, masker dan hand sanitizer. Tujuan penelitian untuk mendapatkan model pemberdayaan yang paling dibutuhkan pelaku UMKM di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. 18 Sampel pelaku UMKM berasal dari kabupaten Kediri dengan stratified random sampling. Tahap analisis data dimulai dari koleksi, reduksi, display, verifikasi, dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, member check, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa beberapa kendala yang dialami pelaku UMKM kabupaten Kediri terletak pada proses pemasaran produk, sehingga strategi pemberdayaan yang paling dibutuhkan para pelaku UMKM adalah pemberdayaan pemasaran produk secara online melalui platform market digital dan dapat melalui strategi pemberdayaan inovasi produk UMKM untuk beralih pada produk yang paling dibutuhkan (masker, hand sanitizer). |
Jurnal Pendidikan Nonformal 16 (1), 12-20, 2021 | |
2021 | Virtual Learning in English Course at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri | This study aims at describing virtual learning in English courses at LKP Mahesa Institute Kampung English Pare Kediri. This study employs a quantitative research design. The population and sample included 100 people with the ones taking courses at LKP Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Kediri as the research subjects. The sampling technique used in this research is total sampling. The data were analysed using descriptive statistics in the form of percentages. The overall research results show that virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is categorized good with a percentage of 78.42%. These results are supported by the suitability of the results in each of the sub-variables, namely teaching quality, teaching level, incentive, and time. In this case, virtual learning with the approach of creating and sharing interactive content in English courses is quite effective. Therefore, this learning system is expected to be one of the new approaches that can be applied in English courses, especially during the Covid-19 pandemic which applies distance learning. |
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 8 (2), 2021 | |
2021 | Buku Ajar Peran Komunitas Kelompok belajar Giri Mulya Untuk Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Munggugebang | (2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500. 000.000, 00 (lima ratus juta rupiah).(3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1. 000.000. 000, 00 (satu miliar rupiah). |
Bayfa Cendekia Indonesia, 2021 | |
2021 | Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik | Sebagai bentuk usaha dan upaya untuk menciptakan semangat maupun motivasi belajar dari peserta didik, diperlukan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran agar peserta didik nantinya dapat mempunyai motivasi belajar yang maksimal. Oleh karenanya, dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Inovasi tersebut adalah digunakannya metode pembelajaran berbasis online atau daring. Adanya penelitian ini adalah sebagai tujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sampel pada penelitian sebanyak 30 peserta didik dari paket B UPT SKB Cerme Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sedangkan uji validitas dipilih dengan menggunakan korelasi product moment, hal ini disebabkan penelitian hanya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Bersumber pada nilai r hitung menampilkan angka sebesar 0,569 lebih besar dibanding nilai dari r tabel yang sebesar 0,361. Dengan demikian dapat dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan ataupun korelasi yang berkategorikan sedang. |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 24-37, 2021 | |
2021 | Penerapan Komunikasi Dialogis Pendamping Masyarakat Program PKH di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk | Kurangnya pendampingan pada program PKH membuat masyarakat bergantung kepada bantuan pemerintah. Begitu juga setelah bantuan diberikan, masyarakat kurang bisa mengelola keuangan dan melakukan hal menyimpang dari tujuan program PKH yang nantinya menjadi boomerang bagi pemerintah karena capaian yang diperoleh melenceng jauh dari tujuan awal yang telah ditetapkan. Adanya penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan komunikasi dialogis dan seberapa besar pengaruhnya di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dengan jenis penelitian kuantitatif dan responden sebanyak 30 orang yang merupakan peserta PKH. Mengingat penelitian dilakukan ditengah pandemi maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi dialogis pendampingan masyarakat program PKH terbukti berjalan cukup baik sesuai dengan prosedur yang ada. Komunikasi dialogis memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap proses pendampingan masyarakat pada program PKH dengan persentase sebesar 60, 4% dan nilai sig. 0,000< 0, 05. Apabila komunikasi dialogis dilakukan dengan baik maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan berjalan dengan baik, sebaliknya bila komunikasi dialogis dilaksanakan dengan buruk maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan terhambat. Hasil dari penelitian merekomendasikan untuk memperkuat komunikasi dan keterbukaan antara peserta dan tim pendamping karena itu adalah … |
JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5 (1), 38-47, 2021 |