Publikasi S1 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Urgensi Manajemen Dakwah dalam Pelaksanaan Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta
Farhat Abdullah, Urgensi Manajemen Dakwah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama lndonesia (MUI) DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Urgensi Manajemen Dakwah yang diterapkan oleh Majelis Ulama lndonesia (MUI) DKI Jakarta dalam menyiapkan kader ulama yang mumpuni dan berkualitas. Obyek penelitiannya adalah Urgensi Manajemen Dakwah. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Majelis Ulama lndonesia (MUI) DKI Jakarta telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dakwah berjalan efektif melalui program Pendidikan Kader Ulama (PKU). Selain itu MUI DKI Jakarta menjadi satu-satunya MUI Tingkat Provinsi di lndoonesia yang telah menerapkan manajemen mutu ISO 9001: 2015 dalam memberikan pelayanan terhadap umat dan mendapatkan penghargaan dari Kader Ulama Majelis Ulama lndonesia.
Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 5 (1), 52-64, 2022
2021 Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
This study describes the factors of readiness of students to follow online learning during the covid-19 pandemic; and discover the factors that formed about the readiness of students to follow online learning during the covid-19 pandemic. The research method used is quantitative-explorative approach with EFA (Exploratory Factor Analysis) model and factor analysis assumption test. The respondents to the study were students of the Faculty of Education, State University of Surabaya as of the 2019/2020 school year a total of 4,244 respondents. Sampling using sampling techniques is simple random sampling, quota sampling and a total of 221 respondents. This study concluded that there are 20 (twenty) indicator items identified based on the results of previous research and found 6 (six) factors of student readiness to follow online learning during the covid-19 pandemic formed from indicators.Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan faktor kesiapan mahasiswa mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19; dan menemukan faktor yang terbentuk tentang kesiapan mahasiswa mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif-eksploratif dengan model EFA (Exploratory Factor Analysis) dan uji asumsi analisis faktor. Responden penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya per tahun ajaran 2019/2020 sejumlah 4.244 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yaitu simple random sampling, quota sampling dan sejumlah 221 responden. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 20 (dua puluh …
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 6 (1), 33-42, 2021
2021 Strategi Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5), 1236-1244, 2021
2021 MENGGALI MAKNA NAMA-NAMA MAKANAN SEKITAR KAMPUS DI PURWOKERTO/EXPLORING THE MEANING OF FOOD NAMES AROUND CAMPUS IN PURWOKERTO
Nama adalah kata-kata yang menjadi identitas bagi benda, peristiwa, dan makhluk di dunia. Manusia hidup dalam relasi yang rumit dan beragam, untuk memudahkan penyebutan kemudian diberikan penamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis makna, jenis penamaan, dan komponen makna nama-nama makanan di sekitar kampus di Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik. Data dalam penelitian ini adalah nama-nama makanan yang berjumlah 19 data. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembuat dan penjual makanan kaki lima di sekitar kampus di Purwokerto. Tahap penyedian data menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, antara lain (1) pengumpulan data,(2) reduksi data,(3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Hasil dan pembahasaan penelitian ini menunjukkan …
Aksara 32 (2), 275-286, 2021
2021 Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5), 1245-1256, 2021
2021 PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA HUMAS PONDOK PESANTREN AL-FALAH PLOSO MOJO KEDIRI
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter bangsa. Perlu adanya media sosial yang mampu menyebarkan informasi agar masyarakat mampu memahami kegiatan-kegiatan pesantren serta mampu mendakwahkan agama islam pada kalangan masyarakat. Agar pengelolaan media sosial dapat berjalan dengan baik, pengurus pesantren harus memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan media sosial. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup tahap persiapan, survei kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan diikuti oleh pengelola media sosial pesantren. Terdapat 2 materi pelatihan yang diberikan, yaitu Media Sosial sebagai Optimalisasi Media Dakwah Pesantren dan Pengelolaan Media Sosial sebagai Sarana Dakwah. Melalui kegiatan pelatihan ini, peserta memiliki tambahan pengetahuan dan kompetensi berkaitan dengan pengelolaan media sosial sebagai media dakwah. Peserta dapat mengoperasikan media sosial secara optimal dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di setiap media sosial.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 89-93, 2021
2021 Critical Thinking Skills Reviewed from Logical-Mathematical and Musical Intelligence on Process Oriented Guided Inquiry Learning
This research aims to describe critical thinking skill reviewed from logical-mathematical and musical intelligence. This mix method research used sequential explanatory design. The subjects consisted of 35 X AKL3 students of Islamiyah VHS, Sapugarut, Pekalongan municipality, in academic year 2019/2020. They were selected based on categories, such as high logical-mathematical intelligence and low musical intelligence, low logical-mathematical intelligence and high musical intelligence, and high logical-mathematical and musical intelligences. The findings showed that the students’ mathematics critical students with high logical-mathematical and low musical intelligence met all indicators of interpreting problem, applying solution, evaluating solution, and concluding the results by using facts. The students’ mathematics critical thinking skill with low mathematical intelligence and high musical intelligence met all indicators of interpreting problems, applying solution, and evaluating the solution. The mathematics critical thinking skill of students with high logical-mathematical and musical intelligence could met all indicators of interpreting problems, applying solution, evaluating solution, and concluding the results by using facts.
Unnes Journal of Mathematics Education Research 10 (A), 175-183, 2021
2021 Regional Based KKN Management: Toward Freedom of Learning During the Covid-19 Pandemic
This research aims to reveal the management of KKN conducted by the KKN Center of State University of Surabaya during the covid-19 pandemic. This research was conducted using qualitative approach with the type of research used is a case study. Data retrieval is conducted through interviews, observations, and document studies. This research shows that KKN activities conducted are regional-based KKN activities with 1) student kkn and DPL regional placement planning tailored to the student's residential area when KKN is conducted, as well as KKN activities directed to help the community in preventing the spread of Covid-19 and solving problems that occurred during the Covid-19 Pandemic; 2) KKN activities are carried out with attention to health protocols, by implementing 5 forms of programs; and 3) evaluation of KKN activities is conducted through monitoring and evaluation with kkn center to determine the follow-up of KKN in the future. The entire management process of regional-based KKN is carried out by implementing health protocols.
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1), 95-105, 2021
2021 Strategi Membangun Budaya Akademik Mahasiswa
This study aims to describe strategies in developing the academic culture of FIP Students along with its supporting and inhibiting factors. The research method used is case study. The Research subjects include faculty and department leaders, lecturers, sub-academic staff, and students. Data collection is using interviews, observation, and documentation. Data were analyzed descriptively qualitative. The result of the research shows: 1) the strategy on improving the academic culture of the students is to budget funds for scientific activities, collaborating student activities with academic activities, provide motivation and empowerment to students, involve students in research activities and community service, conduct training on scientific writing programs and plagiarism prevention, engaging students in various scientific competition events, facilitating the formation of a student scientific community, developing academic networks with foreign universities through student exchange, intensifying academic awareness; 2) supporting factors on improving student academic culture is the amount of financial and non-financial support from the leadership and availability of supporting resources, while the inhibiting factors are the low motivation of students to follow scientific activities and too many non-scientific activities in the work of student organizations.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dalam meningkatkan budaya akademik Mahasiswa FIP beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian meliputi pimpinan fakultas dan jurusan, dosen, staf sub. bagian …
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 6 (1), 11-21, 2021
2021 Pengembangan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring pada mata kuliah Manajemen Peserta Didik di Angkatan 2019 (Kelas A dan B) melalui platform Google Classroom dan pengembangan bahan ajar mahasiswa untuk membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan Manajemen Peserta Didik. Hal ini sangat penting karena dengan menggunakan platform Google Classroom dan didukung dengan bahan ajar dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar dan diskusi meskipun tidak tatap muka secara langsung. Metode yang digunakan adalah ADD (Analysis, Design, Development) bahan ajar mahasiswa dan pemanfaatan platform Google Classroom untuk pembelajaran daring.
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (2), 130-138, 2021