Publikasi S2 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Strategi kepala sekolah dalam implementasi program sekolah ramah anak
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (2), 384-360, 2021
2021 Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media Penunjang Pembelajaran
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (02), 377-388, 2021
2021 Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19
Pandemi covid 19 saat ini berdampak besar dalam segala bidang salah satunya pada bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan kebijakan yang telah dilakukan adalah penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring. Dengan adanya kondisi tersebut perlu adanya strategi baru yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu menciptakan citra atau membangun kepercayaan orang tua agar anaknya tetap bisa memperoleh pendidikan yang bagus dan berkualitas meskipun adanya pembelajaran secara daring dan penerapan sosial distancing. Penerapan sosial distancing merupakan mengurangi pembatasan kontak fisik antara sesama manusia namun tidak mengurangi kegiatan bersosial tanpa bertatap muka. Dalam hal tersebut peran humas dibutuhkan untuk menjalin komunikasi baik antara sekolah dengan masyarakat tanpa menggunakan kontak fisik. Artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan jenis kajian pustaka yang menggunakan sumber 11 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Dari hasil telaah jurnal dan buku di temukan bahwa strategi humas yang dibutuhkan dengan pemanfaatan media sosial yang sangat dibutuhkan untuk mempromosikan atau meningkatkan citra sekolah dan kepercayaan masyarakat dalam era pendemi covid 19.
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (02), 2021
2021 Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Masa Pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (2), 327-335, 2021
2021 PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA
This research is based on the government’s policy that learning must be carried out online due to the Covid-19 pandemic. The purpose of this research is to find out what applications have been used by teachers in Bubutan, Surabaya City during the Covid-19 pandemic to support online learning in early childhood education. The research method used is descriptive qualitative. Data collection was obtained from the results of a survey conducted by google form and interviews by WhatsApp. The results showed that there were many kinds of online learning support applications during the Covid-19 pandemic such as WhatsApp, zoom, google meet, google classroom, and pear deck. Whatsapp is the most widely used application and Peardeck is an application that is still unfamiliar to be used in the Bubutan, Surabaya City.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11 (2), 244-249, 2021
2021 Optimalisasi Hasil Empon-Empon Guna Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat
Pandemi Covid-19 merupakan bencana kesehatan dan juga sektor ekonomi. Seiring dengan adanya masa pandemic yang memberikan dampak positif dan negative pada sector pengrajin empon-empon. Di awal Covid-19 pengelolaan dan penjualan empon-empon yang merosot, maka sangat penting untuk memberikan pandangan yang cerah pada para pengrajinnya agar dapat mengoptimalisasikan pendapat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu pengrajin empon-empon di Bantul Yogyakarta mampu mengelola hasil panen atau pasca panen dengan baik dan benar dan mampu melakukan penjualan secara online. Kegiatan ini dilakukan mulai bulan September 2021. Sasaran adalah para pengrajin empon-empon di wilayah Dlingo Bantul Yogyakarta sejumlah 37 orang. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah edukasi dan pelatihan pengelolaan hasil panen serta penjualan online. Hasil kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan baik, semua peserta undangan kegiatan hadir dan antusias mengikuti pelatihan yang dilakukan. Pengrajin empon-empon telah paham dan dapat melakukan pengelolaan empon-empon dengan teknik yang lebih baik yaitu bersih dan tahan lama. Dalam pelatihan penjualan secara online telah dilakukan pengenalan dan pelatihan penjualan online di media social. Maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertema optimalisasi hasil empon-empon guna meningkatkan nilai ekonomi masyarakat berjalan dengan cukup baik. Pengrajin empon-empon telah merasakan manfaat kegiatan dengan cara mengurangi pembusukan pasca panen dan meningkatkan penjualan serta …
Jurnal Peduli Masyarakat 3 (3), 331-338, 2021
2021 Effektifitas Media Audio terhadap Media Visual untuk Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Tentang HIV/AIDS di Ambon
Penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan suatu syndrome/kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh Retrovirus yang menyerang sistem kekebalan atau pertahanan tubuh. Dengan rusaknya sistem kekebalan tubuh, maka orang yang terinfeksi mudah diserang penyakit-penyakit lain yang berakibat fatal, yang dikenal dengan infeksi oportunistik. AIDS pada anak pertama kali dilaporkan oleh Oleske, Rubinstein dan Amman pada tahun 1983 di Amerika Serikat. Untuk meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS pada mahasiswa peneliti menggunakan media audio visual. Media audio visual gerak adalah media intruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi) karena meliputi penglihatan, pendengaran dan gerakan, serta menampilkan unsur gambar yang bergerak. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode Penalitian Qusi eksperimen. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode Penalitian Quasi eksperimen. Pada penelitian ini dilibatkan tiga kelas yang dibandingkan, yaitu kelas B (Audio) dan kelas C (Visual). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku yang berjumlah 352 orang. Dan sampelnya dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I semester I Jurusan Keperawatan Kemankes Maluku. Yang berjumlah 80. Karena pada kelas–kelas tersebut belum pernah memperoleh materi tentang HIV/AIDS. Media Audio dan Visual mempunyai pengaruh yang besar untuk meningkatkan pengatahuan mahasiswa dengan hasil uji t diperoleh thitung= 13 …
Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6 (2), 1395-1407, 2021
2021 Buku saku kader pencegahan dan pengendalian potensi stroke
Masyarakat harus mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang pencegahan dan pengendalian potensi stroke. Buku saku ini dibuat bertujuan untuk memberikan panduan kepada anggota masyarakat yang telah dilatih untuk menjadi kader dan diharapkan dapat mengatasi masalah yang diakibatkan oleh hipertensi dan bahkan tidak terjadi hipertensi pada anggota masyarakat. Semoga buku saku ini berguna bagi kader penyakit tidak menular terutama kader hipertensi dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini.
Gracias Logis Kreatif, 2021
2021 Peran Perpustakaan Terhadap Peningkatan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Keperawatan Pekalongan Poltekkes Kemenkes Semarang Di Masa Pandemi Covid-19
Latar Belakang dan Tujuan Penelitian-Di Indonesia literasi informasi hadir bersamaan dengan fenomena buta aksara dan rendahnya minat baca. Perpustakaan sebagai suatu lembaga bersifat edukasi berperan penting dalam meningkatkan literasi informasi di dunia pendidikan. Begitu pula perpustakaan di Perguruan Tinggi sangatlah penting dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Perpustakaan Prodi Keperawatan Pekalongan terhadap peningkatan literasi informasi, serta untuk mengetahui manfaat literasi informasi bagi mahasiswa selama pandemi covid-19. Metodologi-Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sebanyak 70 responden direkrut dengan cara accidental sampling untuk mengukur peran perpustakaan. Kuesioner dibuat mengacu pada standar perpustakaan dan dikembangakan berdasar pada skala likert. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya secara deskriptif data dikategorikan ke dalam skala interval, yaitu: 1) sangat baik (3, 28-4, 03), 2) baik (2, 52-3, 27), 3) kurang baik (1, 76-2, 51), 4) tidak baik (1, 00-1, 75).Hasil Penelitian-Hasil penelitian yang telah dicapai terhadap responden yaitu Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang tingkat 2 dan tingkat 3 Prodi Keperawatan Pekalongan yang telah dilakukan sejak bulan Juni 2020, didapatkan hasil bahwa peran perpustakaan terhadap literasi informasi mahasiswa dimasa pandemi covid-19 di Prodi Keperawatan Pekalongan Poltekkes Kemenkes Semarang degan hasil “cukup” sebanyak 61 responden (87, 1%). Kesimpulan dan Saran-Karakteristik …
Jurnal Lintas Keperawatan 2 (1), 2021
2021 Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran
Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak dan citra sekolah. Sekolah sebagai indikator utama untuk mengarahkan pada proses output pendidikan yang berorientasi pada terciptanya kualitas proses pembelajaran yang baik maka secara ringkas penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran oleh kondisi iklim dan budaya sekolah yang berpengaruh pada kualitas proses pembelajaran dan peneliti ini mencoba mengkaji kondisi tersebut dengan melakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan uji prayarat dan uji anova yang menunjukan hasil hitung dari uji anova sebesar 0,000. Hasil pada penelitian ini diketahui bahwa signifikansi 0,000> 0, 05 maka dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kualitas proses pembelajaran.
PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 10 (2), 2021