Deskripsi
Matakuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek konsleing dari salah satu teori konseling dari pendekatan humanistik (berpusat pribadi), yang meliputi: kajian konsep, formulasi teoretik tentang gangguan perilaku, metode konseling (tujuan, teknik, dan proses konseling), aplikabilitas, kritik, latihan/praktek menganalisis gangguan perilaku dari suatu kasus, merancang dan mempraktekkan program konseling berdasarkan teori konseling berpusat pribadi. Perkuliahan dilaksanakan dengan secara luring dan daring dengan merenerapkan metode pembelajaran aktif ( active learning ) seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran berbasis proyek. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan nilai keaktifan dalam mengikuti seluruh proses perkuliahan, penyelesaian tugas terstruktur, dan ujian.
Referensi
Corey, G. 2017. Theory and practice of counseling and psychotherapy 10th ed . Boston: Cengage learning (e-book).Fall, K.A, Holden, J.M., Marquis, A. 2017. Theoretical models of counseling and psychotherapy . Taylor & Francis (e-book).
Sommers-Flanagan, J., Sommers-Flanagan, R. 2015. Counseling and psychotherapy theories in context and practice; skills, strategies, and techniques . John Wiley & Sons .
Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases , 5th Edition. Belmont, CA Brooks/Cole, Cengage Learning.
Dosen Pengampu