Publikasi S1 Bimbingan Dan Konseling
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2020 | Pengembangan Modifikasi Permainan Truth or Dare Untuk Meningkatkan Konsep Diri di Kelas XII IPA MAN 2 Gresik | Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 2 Gresik dan hasil wawancara dengan guru BK bahwa masalah siswa yaitu memiliki konsep diri negatif khususnya siswa kelas XII IPA 1. Beberapa siswa sering mengeluh akan keadaan dirinya, tidak dapat menerima kondisi fisiknya, belum memahami tentang kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan yaitu modifikasi permainan truth or dare untuk meningkatkan konsep diri yang dapat digunakan oleh guru BK untuk membantu dalam pemberian suatu layanan bimbingan kelompok pada siswa untuk meningkatkan konsep diri. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang menyebutkan 10 tahapan pengembangan. Penelitian ini dibatasi hanya sampai 5 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal,(2) perencaan,(3) pengembangan produk awal,(4) uji coba awal,(5) revisi produk. |
Jurnal BK UNESA 10 (3), 2020 | |
2020 | Penerapan Konseling Kelompok Latihan Asertif pada Siswa Korban Bullying di SMPN 34 Surabaya | Bullying adalah suatu perilaku negative yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menyakiti orang lain dengan persaan senang dan dilakukan secara berulang–ulang sehingga korban merasa tertekan dan tidak berdaya. Seseorang yang cenderung menjadi korban bullying salah satunya adalah karena memiliki sikap asertif yang rendah. Fenomena yang terjadi di lapangan yang mengarah pada terjadinya kasus bullying pada siswa perlu adanya peran serta berbagai pihak terutama guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa yang menjadi korban bullying agar dapat berperilaku lebih asertif dengan menggunakan teknik latihan asertif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas konseling kelompok latihan asertif untuk meningkatkan asertivitas siswa korban bullying kelas VIII SMPN 34 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experiment dengan rancangan penelitian yaitu one group pre test–post test, metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis penelitian ini yaitu uji statistic non parametik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas VIII yang menjadi korban bullying dan memperoleh hasil pretest termasuk kategori yang memiliki sikap asertif rendah. Berdasarkan hasil analisis test statistic uji Wilcoxon di ketahui asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,043, karena nilai 0,043< 0, 05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya terdapat peningkatan asertif siswa korban bullying di SMPN 34 Surabaya setelah diberikan konseling kelompok Latihan Asertif. |
Jurnal BK Unesa, 2020 | |
2020 | Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Bullying | Terus berkembangnya jumlah masyarakat yang reaktif terhadap virus Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi pendidikan secara nasional. Kebijakan pendidikan jarak jauh menjadi alternatif pendidikan bagi masyarakat untuk mengurangi dampak virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari virus Covid-19 bagi siswa sekolah dengan kebijakan untuk menerapkan pendidikan jarak jauh. Penelitian dilakukan dengan penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari berita, artikel, dan jurnal publikasi yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis isi atas literatur dan artikel yang menjadi sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran kegiatan pembelajaran siswa dari secara langsung di sekolah menjadi jarak jauh dari rumah yang berdampak bagi siswa. Siswa mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pergeseran proses pembelajaran yang berlangsung, kesulitan untuk menyediakan fasilitas pembelajaran jarak jauh, jenuh, tugas menumpuk, hingga peran orang tua yang lebih dominan. |
Jurnal BK, 610-619, 2020 | |
2020 | Penerapan Cognitive-Behavior Modification Teknik Self-Control Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 11 Surabaya | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik. Peserta didik yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi tampak merasa bersalah dan menyesal, menunda memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan. Sebaliknya, apabila perilaku prokrastinasi akademik peserta didik rendah, akan membuat peserta didik lebih mudah dan mampu dalam menyelesaikan kegiatan akademiknya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah cognitive-behavior modification teknik self-control dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan one group pretest post-test. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket untuk mengetahui tingkat perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Surabaya yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non parametric yaitu uji Paired Sample t Test dengan taraf siginifikansi 5% dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya setelah diberi perlakuan cognitivebehavior modification teknik self-control, peserta didik yang sebelumnya memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi menjadi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan cognitive-behavior modification teknik self-control dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peseta didik di … |
Jurnal BK UNESA 11 (3), 2020 | |
2020 | STUDI KASUS PERUNDUNGAN VERBAL SISWA PADA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENIS GENDER | Perundungan verba merupakan perilaku berupa ancaman menggunakan perkataan kasar yang mempunyai makna negatif dan bisa menimbulkan penghinaan. Perilaku tersebut bisa dilakukan oleh gender laki-laki maupun perempuan dengan bertindak sebagai pelaku atau korban. Pelaku mengerti tentang perilaku perundungan verbal namun pada kenyataannya masih melakukannya kepada korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perundungan verbal berdasarkan jenis gender, faktor penyebab perundungan verbal berdasarkan jenis gender, dampak dari perundungan verbal berdasarkan jenis gender, dan upaya penanganan yang dilakukan sekolah mengenai perundungan verbal berdasarkan jenis gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Benowo 1 Surabaya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjeknya siswa kelas V pelaku, korban, dan guru wali kelas. Hasil penelitian ini adalah bentuk perundungan verbal gender laki-laki yaitu memanggil sesuai dengan fisik, menghina tugas teman, dan membentak teman saat berkelompok. gender perempuan yaitu menjuluki nama hewan, memanggil dengan nama orangtua, dan membentak teman karena kesal tidak menurutinya. Faktor penyebab perundungan verbal berdasarkan gender laki-laki dan perempuan berasal dari faktor teman sebaya dan faktor internal (individu) yang mempengaruhi kondisi pelaku melakukan kepada korban. Dampak yang ditimbulkan dari perundungan verbal berdasarkan gender laki-laki dan perempuan yaitu dampak … |
Jurnal BK UNESA 11 (3), 2020 | |
2020 | Penerapan Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya | Penelitian ini berawal dari fenomena remaja yang kurang memiliki percaya diri. Kurangnya percaya diri dikalangan remaja pada umumnya ditunjukkan di kelas VII SMPN 32 Surabaya dengan sikap tidak berani berbicara didepan umum, tidak berani mengungkapkan pendapat, dan tidak yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Upaya yang dilakukan Guru BK di sekolah untuk menangani permasalahan siswa tersebut adalah dengan melakukan konseling individual, bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Upaya Guru BK dalam menangani permasalahan siswa sudah baik, namun masih sering ditemui siswa yang kurang memiliki percaya diri. Hal tersebut membuat pentingnya suatu teknik yang dapat diterapkan untuk menangani permasalahan siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan teknik bibliokonseling dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya. |
Tersedia di http://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id [Online]. Diunduh 26, 2020 | |
2020 | Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik SD Negeri Pelang Lor 1 tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal | Kesadaran tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari seorang individu. Sebagian besar hari individu dipenuhi dengan kesadaran saat melakukan aktivitas. Kesadaran adalah suatu keadaan mengerti yang dimiliki setiap individu terhadap hal yang terjadi di keseharian mereka masing-masing. Di sekolah dasar, peserta didik mengerti tentang adanya tindak perundungan verbal namun pada kenyataannya masih melakukan perundungan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran peserta didik mengenai adanya tindak perundungan verbal yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan subjek merupakan pelaku perundungan verbal. Penelitian bersumber dari data primer dan sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian dengan mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peserta didik menyadari adanya tindak perundungan verbal, faktor yang mempengaruhi kesadaran peserta didik menyadari tentang tindakan perundungan verbal lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, dalam hal ini adalah teman serta guru. Dampak yang disadari dari tindak perundungan verbal adalah terganggunya suasana belajar mengajar di dalam kelas serta upaya yang sering dilihat yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah adalah dengan menasehati. |
Jurnal BK UNESA 11 (3), 260-273, 2020 | |
2020 | Burnout akademik selama pandemi covid 19 | Burnout Akademik mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi, dan perasaan prestasi pribadi yang rendah. Corona Virus Disease atau biasa disingkat dengan COVID-19 ber dampak juga pada mahasiswa serta perguruan tinggi. Dampak yang terjadi akibat pandemi ini selain dituntut untuk tetap dirumah saja berdasarkan anjuran pemerintah, perkuliahan yang biasa terjadi secara tatap muka pun berubah menjadi kuliah jarak jauh atau Daring. Tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang faktor-faktor burnout akademik selama pandemi covid 19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab burnout akademik selama pandemi covid 19. |
Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 8-15, 2020 | |
2020 | Hubungan antara Pelibatan Orang Tua dan Perang Teman Sebaya dengan Perencanaan Studi Lanjut Peserta Didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo Surabaya | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lajut peserta didik di SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo,(2) hubungan antara peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokro Surabaya, dan (3) hubungan antara pelibatan orang tua dan peran teman sebaya dengan perencanaan studi lanjut peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pelibatan orang tua, skala peran teman sebaya dan skala perencanaan studi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 289 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda regresi linier dengan menggunakan variabel pelibatan orang tua (X1), variabel peran teman sebaya (X2) sebagai variabel terikat dan variabel perencanaan studi lanjut (Y) sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai koefisien korelasi antara X1 dengan Y sebesar 0,311 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelibatan orang tua dan perencanaan studi lanjut.(2) nilai koefisien korelasi antara X2 dengan Y sebesar 0,143 yang berada pada tingkat koefisien hubungan antar variabel yang sangat rendah yang artinya tidak terdapat hubungan yang … |
Jurnal BK Unesa 11 (1), 2020 | |
2020 | Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi implementasi/penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa dalam penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang meliputi empat hal, yaitu (1) Konteks: penilaian yang dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian PAUD Permendikbud RI No 146 Tahun 2014,(2) Input: Masukan dalam penelitian ini, adalah latar belakang pendidik, sarana prasarana yang tersedia cukup menunjang, dan peran guru pada penilaian portofolio mendukung,(3) Proses pelaksanaan penilaian berbasis portofolio sesuai dilakukan berdasarkan langkah-langkah penilaian portofolio menurut Supranata dan Hatta,(4) Produk atau hasil penilaian berbasis portofolio yang dilakukan yaitu berupa dokumen semua perkembangan anak yang sudah dikumpulkan selama satu semester yaitu satu bendel map dengan menuliskan nama dari masing-masing anak serta raport anak. Kesimpulan dari keseluruhan evaluasi implementasi penilaian berbasis portofolio sudah cukup baik namun masih diperlukan pembenahan dalam penggunaan pedoman penilaian yang ada. |
Jurnal Pelita PAUD 4 (2), 187-196, 2020 |