Publikasi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Dampak Latihan Relaksasi Otogenik Terhadap Kecemasan Kognitif Atlet Mahasiswa Cabang Olahraga Menembak
Penelitian ini memiliki latar belakang pentingnya aspek mental sebagai pendukung pencapaian performa pada atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Salah satu aspek mental yang berpengaruh adalah kecemasan kognitif. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan untuk menurunkan kecemasan kognitif yaitu melalui latihan relaksasi otogenik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak latihan relaksasi otogenik terhadap penurunan kecemasan kognitif pada atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Pendekatan eksperimen melalui desain pretest-posttest control group diterapkan pada penelitian ini. Eksperimen dilakukan selama 6 kali. Sejumlah 12 orang (6 laki-laki, 6 perempuan) atlet mahasiswa cabang olahraga menembak terlibat dalam penelitian ini. Rentang usia 19–23 tahun. Data diperoleh melalui skala kecemasan kognitif saat sebelum dan sesudah perlakuan relaksasi otogenik. Uji t independent digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil riset menunjukkan bahwa nilai t sebesar-8,374 dengan p< 0,001. Ini menunjukkan bahwa latihan relaksasi otogenik berdampak pada penurunan kecemasan kognitif pada atlet mahaasiswa cabang olahraga menembak. Penurunan kecemasan kognitif terjadi antara lain disebabkan oleh adanya hasil fase edukasi akan pentingnya latihan mental bagi atlet mahasiswa cabang olahraga menembak. Selain itu, mekanisme relaksasi otogenik
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 13 (1), 94-105, 2022
2022 Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam dengan Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak TK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi pembelajaran berbasis alam dengan loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa pada anak di TK. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan penelitian kuantitatif metode eksperimen. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan tipe penelitian nonrandomized pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A tahun pelajaran 2021/2022 di TK di wilayah Desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri yang berjumlah keseluruhan 58. Sampel penelitian dalam penelitian ini sebanyak 40 anak, penelitian ini menggunakan dua kelas atau dua kelompok yaitu kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan instrument penelitian. Data penelitian dianalisis secara statistik parametrik uji t. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Keefektifan pembelajaran berbasis alam dengan loose parts dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan kognitif pada anak usia dini yakni kelompok eksperimen lebih besar pengaruhnya daripada kelompok kontrol; 2) Keefektifan pembelajaran berbasis alam dengan loose parts dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia dini secara signifikan di TK Kusuma Mulia Bakalan Kediri. Uji-t satu jalur membuktikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia dini …
Jurnal Basicedu 6 (5), 9213-9222, 2022
2022 Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan permainan engklek kucing dengan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian 30 anak kelompok B di TK Mathlaul Ulum. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa permainan engklek kucing yang layak dan efektif diterapkan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar dengan nilai presentase validasi materi sebesar 86, 36%, validasi media sebesar 88, 63% yang tergolong kategori sangat baik. Hasil penerapan permainan engklek kucing diperoleh hasil data kemampuan motorik kasar yang meliputi data pretest sebesar 5.97 dan posttest sebesar 7.90. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar yang terlihat dari data rata-rata pretest dan posttest yang berbeda. Analisis data menggunakan uji paired sampel t-test dengan perolehan nilai sig. 0.000 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan motorik kasar antara data pretest dan posttest. Penerapan permainan engklek kucing bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak.
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8 (2), 208-219, 2022
2022 Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun
Buku panduan yang menjelaskan mengenai pola masih belum tersedia secara merata. Padahal penggunaan buku panduan sangat penting bagi guru untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Kebanyakan guru masih menggunakan LKA sebagai acuan dalam mengajarkan pola. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku panduan yang dapat membantu guru dan anak anak dengan rentang usia 5-6 tahun untuk menstimulasi kemampuan berpikir logisnya melalui kegiatan mengenal pola. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE, yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementattion, dan Evaluation. Desain buku panduan pengenalan pola dicetak dengan ukuran buku A4 yang dilengkapi dengan beberapa kegiatan yang dapat membantu anak mengenal pola sesuai tahapannya. Hasil uji validasi ahli materi yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 85% sehingga dapat dikatakan bahwa media sangat layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil uji ahli media diperoleh hasil sebesar 90% yang menyatakan bahwa media sangat layak dan tidak perlu direvisi. Subjek yang digunakan pada uji coba yaitu 20 anak usia 5-6 tahun, hasil uji coba menujukan bahwa 1) anak mulai mengenal dan memahami berbagai macam pola yang disediakan, 2) anak dapat menjelaskan pola yang ada dihadapannya, 3) anak mampu mengembangkan berbagai macam pola yang disediakan, serta 4) anak mulai menciptakan pola mereka sendiri berdasarkan pola yang sudah ada. Hasil uji …
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini …, 2022
2021 Rising Public Interest of Thai Domestic and International MOOC Providers: A Google Search Analysis.
Internet search trends can be used to evaluate public interest in massive open online courses (MOOCs). This study investigates relatively popular search terms relating to online learning and MOOC providers in Thailand and worldwide using data from Google search. The selected search terms are queried using Google Trends®, and the search location is limited to Thailand. Search volume indices in four quarters, from 117 weeks or 27 months, January 1, 2018 to March 31, 2020, are described and compared by trend analysis. Correlations between online learning and search terms relating to three domestic Thai MOOC and two international MOOC trademarks are evaluated. Preferred terms relating to online learning in Thailand are written in the Thai script, but terms relating to MOOCs are written in Thai and English scripts. The number of searches for
Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry 12 (9), 2021
2021 Cultivating the Value of Empathy in the Family Develops a Self-Compassion Attitude in Children
One of the problems of early childhood is that there are still children who have not developed a self-compassion attitude. This can be seen from the attitude of everyday children who easily blame themselves when faced with failure, do not want to correct mistakes, and are less able to manage their emotions. This study aims to describe the cultivation of the value of empathy in the family to develop self-compassion in children. This study involved as many as 226 parents of children aged 2-6 years. This study uses a quantitative approach using descriptive statistics. The main findings reveal that the effectiveness of inculcating the value of empathy on self-compassion is influenced by factors of gender, age, and personality of the child.
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021
2021 How Does Domino Card Help Children to Insight Numbering
This study explores the differences in the effectiveness of conventional educational domino media and contemporary digital educational domino media on the cognition of children aged 4-6 years. This research was conducted using R&D (research Research and Development) using the ASSURE model. 34 children aged 4-6 years and their parents were involved in the small socialization stage using a questionnaire conducted by Google Form. In this test, the researcher used SPSS 23 to test the feasibility of the media. The first test is the Validity Test of parents' perceptions and the results of children's cognitive abilities related to the ability to match number symbols with numbers for children aged 4-6 with a sig level of 0.05 with the results of r above (0.17) on each item being declared valid because r table> r count. The second test is the Validity Test of parental feedback on conventional educational domino media and contemporary digital education domino media with the results of r above (0.17) for each item being declared valid because r table> r count. The third test is the Cronbach's Alpha Reliability Test which results in the effectiveness of conventional domino media being 0.631, while the effectiveness of contemporary domino media is 0.516. The results of the cognitive abilities of children who use conventional media are 0.740, while the cognitive abilities of children who use contemporary media are 0.635. The fourth test is the Classical Assumption Test with the Normality Test, the sig value is above 0.05, the data is normally distributed, the homogeneity test is the sig value above 0.05, then the data is said to have the same variance …
SEA-CECCEP 2 (01), 57-70, 2021
2021 Internet Fancy of Children Has Escalated Parents’ Anxiety
During a pandemic, mobility constraints policies, limiting children’s physical activity, physical games, and educational activities to the digital space. They prefer to play using the gadget of the play together with a friend-a friend environment neighborhood. Children who spend their time with gadgets will become more angry, rebellious because they feel that they are being disturbed while playing games and are lazy to do their daily routines. This has resulted in the parents becoming anxious with the child they are. This study aimed to determine the level of parental anxiety on the use of gadgets by children in the new normal era. The research method uses descriptive quantitative, draft descriptive quantitative, aiming to obtain the respondent’s identity and identify how the relationship between anxiety and use of the internet through a gadget on children in the normal new era. The data obtained from filling the questionnaire through a google form, with participants from research is that of the parents who have children aged 5-12 years in East Java. This study indicates that many children use gadgets excessively and the impact it causes so that many parents show an anxious attitude when their children play with gadgets.
International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021
2021 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA BERBANTUAN MEDIA FINGER PUPPET PADA ANAK KELOMPOK B TK TIMU TAWA
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak TK kelompok B melalui bercerita berbantu media finger puppet di TK Timu Tawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Model penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B di TK Timu Tawa, sejumlah 16 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara (lisan), observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kemampuan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 16 jumlah anak telah mencapai indikator kemampuan berbicara pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Kegiatan bercerita berbantu media finger puppet dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Timu Tawa. Hal ini ditunjukkan dari presentase kemampuan berbicara pada …
Global Edu 4 (1), 43-49, 2021
2021 Development of Water Tube Media on the Theme of the Universe to Improve Fine Motor and Language Development in Early Children
Early childhood education is an education that provides the basis for a child's education later in life. Early childhood education is an effective time to develop various aspects of child development that include the development of physical-motor skills, cognitive, language, social-emotional, art, morals, and religious values (Suryana, 2018). In early childhood, efforts to develop all children's potential must begin to be implemented so that the growth and development of children is achieved optimally (Huliyah, 2017). Early childhood is children in the age range of 0-8 years, covered by educational programs in child care parks, family child care home, early childhood education both private and public (Anhusadar, 2013). The group of early childhood becomes 3 groups, namely children at the age of infants up to 2 years, children aged 3-5 years, and children aged 6-8 years (Susanto, 2017). The division of children based on …
Eduvest-Journal of Universal Studies 1 (9), 970-975, 2021