Deskripsi
Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memiliki pemahaman dan keterampilan melakukan analisis terhadap dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui kajian pendidikan dalam konteks realitas sosial.
Referensi
1. TB. Mangunwijaya, Pendidikan Pemerdekaan (Catatan separuh perjalanan SDK Eksperimen Mangunan). Yogjakarta: Dinamika Edukasi Dasar-Misereor/KZE. 2004.
2. Roem Topatimasang, dkk. Pendidikan Kritis: Membangun Kesadaran Kritis (Yogjakarta: Insist, 2005.
3. Paulo Freire, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar dan Read, 2004)
4. Paulo Freire, Pendidikan Masyarakat Kota, Yogjakarta: LKIS, 2003.
5. Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas , Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2008.
6. Utomo Dananjaya, Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, Jakarta: IER Univ. Paramadina, 2012.
7. Roem Topatimasang, Sekolah itu Candu, Yogjakarta: Insist, 2005
Dosen Pengampu
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/819a8cb0-9637-4b2f-bf20-0cab84c1cdbb.jpg)
![](https://staticsiakadu.unesa.ac.id/photo/dosen/200/be752c23-b1b6-4a11-b5ef-468c5d7cab57.jpg)