MataKuliah TEORI PENDIDIKAN KRITIS


Deskripsi

Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memiliki pemahaman dan keterampilan melakukan analisis terhadap dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui kajian pendidikan dalam konteks realitas sosial.


Referensi

1. TB. Mangunwijaya, Pendidikan Pemerdekaan (Catatan separuh perjalanan SDK Eksperimen Mangunan). Yogjakarta: Dinamika Edukasi Dasar-Misereor/KZE. 2004.

2. Roem Topatimasang, dkk. Pendidikan Kritis: Membangun Kesadaran Kritis (Yogjakarta: Insist, 2005.

3. Paulo Freire, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar dan Read, 2004)

4. Paulo Freire, Pendidikan Masyarakat Kota, Yogjakarta: LKIS, 2003.

5. Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas , Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2008.

6. Utomo Dananjaya, Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, Jakarta: IER Univ. Paramadina, 2012.

7. Roem Topatimasang, Sekolah itu Candu, Yogjakarta: Insist, 2005


Dosen Pengampu
Dr Sjafiatul Mardliyah, S.Sos, M.A
NIP 197206101998022001
NIDN 0010067207
Rivo Nugroho, S.Pd, M.Pd
NIP 198104052008121001
NIDN 0005048107