Deskripsi
Mata Kuliah ini mengkaji tentang (1) konsep, prinsip, dan karakteristik teori pembelajaran, (2) teori belajar behavioristik , kognitivistik, konstruktivistik, dan konektivistik, (3) karakteristik proses pembelajaran yang mencakup interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik, (4) model-model pembelajaran seperti diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pembelajaran, dan (5) pengembangan model pembelajaran baru berdasarkan teori pembelajaan baru berbasis maasalah-masalah belajar
Referensi
Dirk Ifenthaler, Pablo Pirnay-Dummer, J. Michael Spector. 2008. Understanding Models for Learning and Instruction. New York: Springer Science Business Media
Arends, R.I. 2009. Learning to teach. New York: McGraw-Hill
Bruce Joyce, Marsha Well . Models of Teaching. New Jersey : Prentice-Hall
John K. Gilbert, Rosária Just. 2011. Modelling-based Teaching in Science Education. Virginia: NSTA Press
Joke Meheus, Thomas Nickles. 2009. Models of Discovery and Creativity.New York: Springer
Dosen Pengampu