Perluas Wawasan Pendidikan Non Formal, Prodi Pendidikan Luar Sekolah Gelar Guest Lecture Dengan Trento University, Italy

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 28 Februari 2023 – Bertempat di ruangan O1.03.05 pada Rabu, 28 Februari 2024, Prodi Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan Guest Lecture dengan mendatangkan speaker Vladimir Danchuk dari Trento University, Italy.  Dengan mengambil konsep perbandingan implementasi Pendidikan Non Formal antara Indonesia dan Italy, mahasiswa antusias mengikuti perkuliahan mulai awal hingga akhir.

 Dalam perkuliahan tersebut, mahasiswa menjelajahi pengetahuan pendidikan non formal di Italy yang tidak jauh berbeda secara konsep dengan di Indonesia. Secara Internasional, Pendidikan Non Formal diakui keberadaannya oleh International Standard Classification of Education yang mampu mewadahi beragam aktifitas yang lebih luas dari sistem persekolahan, sehingga pengembangan diri akan mendapatkan tempat yang sesuai dan lebih maksimal. Ia menjelaskan bahwa pendidikan perlu dibarengi dengan nilai-nilai spiritual yang baik, nilai humanity serta respect terhadap sesama makhluk agar semua yang direncanakan dalam sebuah pembelajaran dapat berjalan dengan harmoni dan inline dengan tujuan yang hendak dicapai.

Harapan dilaksanakannya Guest Lecture ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal, terkait dengan perluasan wawasan tentang pendidikan non formal atau pendidikan luar sekolah secara global, terdapat ragam manfaat dari sharing session dengan perspektif pendidikan dari Italy dan berbagai negara lain, serta adanya peningkatan kapasitas berkomunikasi dengan para praktisi dari luar negeri. Selain itu, guest lecture diharapkan mampu meningkatkan motivasi civitas akademik PLS, baik dosen maupun mahasiswa untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas pengembangan diri karena terbukanya pengalaman yang beragam.