FIP UNESA Selenggarakan Guest Lecture “Changing the System: Multiple Factors and Stakeholders” Bersama Prof. Susan Ledger, Ph.D.

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 17 April 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menggelar acara guest lecture bertajuk “Changing the System: Multiple Factors and Stakeholders” dengan menghadirkan Prof. Susan Ledger, Ph.D. dari University of Newcastle sebagai pembicara utama. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang berbagai faktor yang mempengaruhi perubahan sistem pendidikan, serta peran berbagai pemangku kepentingan dalam proses tersebut.

Dalam acara yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan, Prof. Susan Ledger memberikan paparan yang informatif dan memikat tentang dinamika yang terlibat dalam merancang dan menerapkan perubahan dalam sistem pendidikan. Beliau menyoroti pentingnya mempertimbangkan berbagai faktor seperti kebijakan publik, budaya organisasi, perubahan teknologi, dan kebutuhan stakeholder dalam mengelola transformasi pendidikan.

Melalui contoh kasus dari pengalaman dunia nyata, Prof. Susan Ledger mengilustrasikan bagaimana interaksi antara berbagai faktor tersebut dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan dari upaya perubahan sistem pendidikan. Peserta guest lecture diajak untuk berpikir kritis dan memahami kompleksitas yang terlibat dalam menciptakan transformasi yang berkelanjutan dan berdampak positif dalam bidang pendidikan.

Wakil Dekan I FIP UNESA, Prof. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.., menyambut baik kehadiran Prof. Susan Ledger dan apresiasi terhadap kontribusinya dalam memperluas wawasan dan pemahaman peserta tentang isu-isu krusial dalam bidang pendidikan. “Acara ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk belajar dan berdiskusi tentang bagaimana kita dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam meningkatkan sistem pendidikan kita,” ujarnya.

Dengan penuh antusiasme, peserta guest lecture mengikuti paparan Prof. Susan Ledger dan berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab yang berlangsung setelahnya. Mereka meninggalkan acara dengan pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas perubahan sistem pendidikan, serta motivasi yang tinggi untuk berkontribusi dalam mewujudkan perubahan yang positif dalam pendidikan di Indonesia.