FIP UNESA Gelar Guest Lecture “Catering for Everyone Using Multiple Tools” dengan Prof. Susan Ledger, Ph.D.

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 18 April 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) kembali menggelar acara guest lecture bertema “Catering for Everyone Using Multiple Tools” pada tanggal 18 April 2024. Kali ini, acara tersebut menghadirkan Prof. Susan Ledger, Ph.D., seorang pakar pendidikan dari University of Newcastle, sebagai narasumber utama. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengeksplorasi berbagai alat dan strategi yang dapat digunakan untuk memberikan pendidikan yang inklusif kepada semua individu, memperhatikan kebutuhan serta keberagaman siswa.

Dalam sesi pembicaraan yang inspiratif, Prof. Susan Ledger membahas pentingnya memahami dan mengakomodasi kebutuhan beragam siswa dalam proses pembelajaran. Beliau menekankan bahwa pendidikan yang inklusif harus dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa memiliki akses terhadap kesempatan belajar yang sama, terlepas dari latar belakang, kebutuhan khusus, atau kemampuan mereka.

Selama acara, Prof. Susan Ledger memperkenalkan berbagai alat dan teknik yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Mulai dari teknologi bantu, modifikasi kurikulum, hingga strategi pengajaran yang beragam, semua ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap siswa merasa didengar, diakui, dan didukung dalam proses pembelajaran.

Wakil Dekan I FIP UNESA, Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd., menyambut baik kehadiran Prof. Susan Ledger dan mengungkapkan harapannya bahwa acara ini akan memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi semua peserta. “Pendidikan yang inklusif adalah fondasi dari keadilan pendidikan. Dengan menggunakan berbagai alat dan strategi yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyambut semua siswa,” kata Prof. Budi

Peserta guest lecture, terdiri dari dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan, sangat antusias dalam mengikuti pembicaraan dan berbagi pengalaman mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di berbagai konteks. Mereka meninggalkan acara dengan ide-ide baru dan semangat untuk menerapkan konsep-konsep yang mereka pelajari dalam praktik sehari-hari mereka sebagai pendidik.