BK FIP UNESA Adakan Konferensi Internasional Bandingkan Model Konseling di 3 Negara

fip.unesa.ac.id., SURABAYA – Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya telah sukses menggelar International Conference on Guidance and Counseling 2nd 2024  (ICGC 2024) bertajuk “Counseling Resonances on Mental Health Emergencies and Awareness at 3 Continents”. Konferensi Internasional bergengsi ini berlangsung secara hybrid pada Sabtu, 27 April 2024, di gedung O5 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kemarin dan diikuti lebih dari 300 peserta dari 3 Benua (Afrika, Amerika dan Asia).

Konferensi internasional ini menghadirkan tiga tokoh hebat dalam bidangnya, yaitu Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd.,M.Pd dari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia sebagai pembicara Pertama. Carol Buchholz Holland, Ph.D. dari North Dakota State University, USA sebagai pembicara kedua, dan Prof. Olusegun Fatal Adebowale dari Obafemi Awolowo University, Nigeria sebagai pembicara ketiga.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan 2 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd. atas mandat dari Dekan FIP, Prof. Dr. Moch. Nursalim, M.Si., yang berhalangan hadir. Beliau menyampaikan dukungan penuh dari fakultas atas terselenggaranya konferensi internasional yang sangat luar biasa ini. Beliau berharap agar keberlanjutan konferensi Internasional ini dapat terjamin kelangsungannya, termasuk peningkatan dan pengembangan kualitas didalamnya.

Kepala Prodi Bimbingan Konseling Evi Winingsih S.Pd., M.Pd. menyampaikan harapan dalam perkembangan khazanah ilmu pengetahuan melalui konferensi ini dapat terus berlanjut sebagaimana keberlanjutan event tahunan ini. Atas kehadiran para pembicara yang luar biasa dari 3 benua ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas konselor dan kesehatan mental para peserta dan lingkungan sekitarnya.

Ketua Pelaksana, Muhammad Afifuddin Ghozali, S.Pd., M.Couns, Gr. menegaskan urgensi Resonansi Masa Depan Konseling tentang Keadaan Darurat dan Kesadaran Kesehatan Mental melalui sambutannya. Beberapa tahun terakhir ini telah menjadi angin puyuh perubahan perspektif tentang Kesehatan Mental dan salah satu penyembuhannya yaitu Konseling, dan bidang ini telah menyaksikan kemajuan yang luar biasa. Namun, dengan setiap terobosan, muncul tantangan baru dan seruan baru untuk kolaborasi dan kerja sama global. Sehingga, konferensi internasional adalah sebuah keniscayaan yang harus diwujudkan keberhasilannya untuk kemajuan dan kebermanfaatan bersama.

Konferensi internasional ini merupakan wujud komitmen Program Studi Bimbingan Konseling dalam mengambil langkah untuk mengembangkan Keilmuan dan Program Studi  menuju go internasional, sehingga tidak hanya pengembangan kualitas keilmuan, tetapi juga kuantitas relasi internasional yang bermuara pada peningkatan mutu para mahasiswa. Usai pemaparan materi dari 3 Narasumber hebat dalam sesi seminar, konferensi dilanjutkan dengan mendiseminasikan artikel yang sudah dibuat oleh para peserta konferensi. Presentasi dan Diskusi dilaksanakan dengan penuh antusias, baik dari peserta lokal hingga internasional. Lebih dari itu, nantinya akan dipilih peserta dengan kriteria pembicara terbaik dan Penulis terbaik.