fip.unesa.ac.id., SURABAYA – Kelas internasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan kegiatan kuliah bersama dengan King Mongkut’s University of Technology North Bangkok (KMUTNB), Thailand pada 17 Mei 2024 di Ruang Kelas Internasional Gedung O6 FIP UNESA.
Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Pengembangan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini yang difokuskan pada topik “Listening untuk Anak Usia Dini”. Kuliah ini diampu oleh Melia Widayanti, M.Pd., seorang dosen yang ahli dalam bidang pendidikan anak usia dini dan pengembangan bahasa Inggris.
Kegiatan kuliah Bersama ini berlangsung secara luring yang dihadiri oleh mahasiswa dari kedua universitas. Melia Widayanti, M.Pd., membuka sesi pemaparan mengenai pentingnya pengembangan listening pada anak usia dini. beliau menyampaikan bahwa pendengaran penting untuk dikembangkan dalam kemampuan anak dalam berbahasa. Dengan pendengaran pula anak akan membangun kemampuan berbicara dan mendengar lebih baik.
Selama kuliah berlangsung mahasiswa diajak untuk memahami berbagai macam metode dan Teknik yang dapat digunakan untuk mengembangkan pendengaran Bahasa inggris pada anak, seperti teknik pengembangan melalui bercerita dengan buku gambar atau boneka tangan, games menarik, penggunaan lagu-lagu dan banyak sekali hal lainnya yang dapat menarik perhatian dan minat anak. Mahasiswa KMUTB juga turut berbagi pengalaman dan praktik terbaik dari negara mereka yang menambah wawasan bagi mahasiswa UNESA.
Sesi diskusi yang interaktif antara mahasiswa UNESA dan KMUTB menjadi sorotan utama dalam kegiatan ini. Mahasiswa dari kedua universitas aktif bertukar ide dan pengalaman, serta berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan keterampilan listening kepada anak usia dini di masing-masing negara. Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademis, tetapi juga membangun jaringan internasional yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.
Melia Widayanti, M.Pd. menutup kuliah dengan menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa mendatang. “Kolaborasi internasional seperti ini sangat penting untuk memperkaya wawasan dan pengalaman mahasiswa. Saya berharap kita bisa terus belajar dan berbagi pengetahuan dengan mitra-mitra internasional,” ujarnya.
Kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata UNESA dalam mengembangkan pendidikan berbasis global dan mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, khususnya dalam pengembangan keterampilan bahasa Inggris untuk anak usia dini.
Penulis: Rifdah (PG PAUD)
Dokumentasi: Kelas Internasional PG PAUD