Deskripsi
Mata kuliah pembelajaran anak berbakat merupakan mata kuliah yang mengkaji dan merancang pembelajaran melalui perpsektif taksonomi Bloom dan teori multiple intelligence Gardner. Memastikan penguasaan konsep dan hakikat anak berbakat akan meningkatkan kapabilitas di bidang akademik, kreativitas, musik, seni, budaya, dan kepemimpinan anak berbakat menjadi hal yang sangat penting. Mempelajari bagaimana strategi berdeferensiasi pembelajaran anak berbakat dapat ditingkatkan melalui praktik dan analisis jurnal ilmiah. Pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, strategi mengajar anak berbakat menggunakan model inquiry dan mnemonics, eksperimen secara virtual, strategi manipulative, pemecahan masalah, dan menggunakan assistive teknologi di kelas inklusif. Membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan kurikulum dan model pembelajaran bagi anak berbakat untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan melalui program bimbingan konseling di kelas inklusif.
Referensi
1. Ashmen, Andrian dan Elkins.John. 1994. Educating Children With Special Needs. New York: Prentice Hall
2. Clark, Barbara. 1983. Growing Up Gifted, Secon. Ed
3. Cullatta, Richard A et al. 2003. Fundamentals of Special Education, What Every teacher Need to Know. New Jersey : Pearson Education
4. Gargiulo, Richard M. 2012. Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality.United State of America: Sage Publications, Inc
5. Heward, W. L. 2009. Exceptional children: An introduction to special education (9th ed. )
6. Holwey, Aimee., Craig B., Pendarvis, Edwina D. 1986. Teaching Gifted Children: Principle and Strategies. Boston: Little, Brown an Company
7. Ichrom, M.Sholeh Y.A. 1996. Identifikasi dan Pendidikan Dini Anak Berbakat, Jakarta: Depdikbud.
8. Maker, C. J. 1993. Creativity, intelligence, and problem solving: A definition and design for cross-cultural research and measurement related to giftedness Gifted Education International, 9 (2), 68 – 77.
9. Munandar, Utami . 1995. Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Depdikbud.
10. Sisk, Dorothy. 1987. Kreative Teaching of the Gifted. USA: McGraw-Hill
11. Semiawan, Conny. 1996. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Depdikbud.
12. Slavin, R. E. 2009. Educational psychology: Theory and practice. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc
13. Stepanek, Jennifer. 1999. Meeting the needs of gifted students: differentiating mathematics and science instruction in the inclusive classroom. Northwest Regional Educational Laboratory
14. Vosburg, G.M & Fiedler, E.D. 2011. Challenging gifted students. Education Committee Michigan Association for Gifted Children
15. Kelly R, Bobke.1997.Multiple intellingences and gitfted education.University of Lethbridge Research Repository OPUS.https://opus.uleth.ca
Dosen Pengampu