The Extraordinary (International Conference on Education Innovation) ICEI 2017

Surabaya,  hari ini Sabtu (14/10/2017) berlangsung acara International Conference on Education Innovation (ICEI) 2017 yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Sebanyak kurang lebih 325 peserta memadati ballroom Hotell Whyndam Surabaya. Acara ini mengusung tema “Empowering Educational for Human Quality”. Terdapat 4 (empat) keynote speaker yang masing-masing handal dalam bidangnya, yakni: Prof. Peter Charles Taylor, P.hD., M.Ed Bsc DipEd (Murdoch University, America), Prof. Dr. Muclas Samani (Unesa, Indonesia), Dr. Carlo Magno (Mapua University, Philippines) dan Dr. Bambang Sumintono (Universitas Malaya, Malaysia).

ICEI 2017 ini merupakan kali pertama Unesa mengadakan khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Unesa yang ke-53. Latar belakang adanya ICEI 2017 yakni guna mendongkrak indeksing artikel yang dibuat oleh dosen Unesa, selain itu sebagai ajang sharing tentang keilmuan dan praktis-praktis pendidikan.

Persiapan seminar yang seperti ini berbeda dengan seminar internasional sebelumnya. Seminar dengan indeksing butuh waktu lebih dari 1 tahun, persiapannya sudah dari 8 bulan yang lalu. Diawali dengan membangun web untuk mengumpulkan peserta, kemudian mencari editor yang memiliki indeks terbaik. “Pekerjaan terberat yakni setelah seminar usai, karena panitia harus mengantarkan artikel-artikel bisa terbit di proseding internasional terindeks”papar Pak Budi Purwoko selaku Ketua Pelaksana ICEI 2017.

Ketika salah satu keynote speaker kami interview mengenai tanggapan beliau tentang ICEI 2017 menunjukkan rasa antusiasnya, “I think this event is extraordinary and very-very exciting conference with excellent keynote speakers. Mostly college, university, lecture, teacher coming together to learn about for new ideas the future education and very important”ungkap Mr.Peter Charles Taylor.

Acara perdana yang akan mendongkrak popularitas FIP ini tak akan berjalan lancar tanpa dukungan dari semua pihak. Kerja tim yang terbaik sangat dibutuhkan dalam setiap proses pelaksanaan acara ini. Semoga tahun depan ada ICEI yang kedua, ketiga dst, sehingga ada jaminan peserta lebih banyak. (SHF_PIF)